29/08/05 – Lain-lain: Artikel-dkp.go.id

Berbicara tentang ikan kerapu di Hongkong berarti kita berbicara tentang ikan hidup. Mengapa? Karena sebagian besar ikan kerapu yang dijual di pasar Hongkong adalah dalam kondisi hidup.

Dari sudut pandang ilmiah, ikan hidup memiliki kandungan gizi yang paling tinggi jika dibandingkan dengan ikan-ikan dalam kondisi segar, beku ataupun olahan. Kandungan gizi yang terdapat pada ikan hidup tidak akan rusak oleh aktivitas enzimatis seperti yang terjadi pada ikan yang telah mati. Oleh karena itu, jika dimasak, maka ikan yang berasal dari ikan hidup akan memiliki tekstur daging dan cita rasa yang prima.

Secara geografis, pasar ikan hidup yang paling utama di dunia adalah pasar Asia Timur khususnya negara Hongkong. Setiap tahunnya, Hongkong mengimpor ikan kerapu hidup dalam jumlah yang besar dari manca negara, seperti Australia, Malaysia, Filipina dan Indonesia. Dari 53.000 ton ikan hidup yang diimpor di Hongkong selama dua dekade terakhir, 30.000 tonnya adalah ikan kerapu (Famili Serranidae).

Hongkong memiliki karakteristik yang unik yang berkaitan dengan perdagangan ikan kerapu hidup. Masyarakat Hongkong sangat percaya bahwa warna merah ikan kerapu akan membawa keberuntungan tertentu. Selain itu, masyarakat Hongkong juga percaya bahwa mengkonsumsi ikan kerapu hidup akan memberi manfaat kesehatan luar biasa. Umumnya ikan kerapu hasil tangkapan alam lebih disukai daripada karapu hasil budidaya. Sedangkan harga ikan kerapu hidup di Hongkong sangat dipengaruhi oleh ketersediaan stok di pasar.

Ukuran kerapu yang paling banyak diminati di pasar Hongkong adalah ukuran 500-1.200 gram per ekor (Dish size). Permintaan ikan kerapu Hongkong juga berkaitan dengan siklus ekonomi dan budaya masyarakat Hongkong.Permintaan ikan kerapu tertinggi umumnya menjelang tahun baru imlek (tahun baru china) yang jatuh antara bulan Desember – Februari. Permintaan terendah akan terjadi pada saat hari raya Ching Bing (mengunjungi makam para leluhur) sebab saat itu masyarakat Hongkong sangat dipantangkan memakan ikan selama 4 hari berturut-turut.

Jenis ikan kerapu, nama Hongkong dan keterangan tingkat harganya dapat dilihat pada tabel dibawah ini :

Nama Indonesia
Nama Hongkong
Kelas

Ikan kerapu sangat dipengaruhi oleh asal ikan da spesies ikan kerapu. Ikan yang berasal dari hasil tangkapan alam akan memiliki harga jual yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan ikan hasil budidaya. Sedangkan spesies Kerapu Tikus memiliki harga yang mahal karena tekstur dagingnya sangat lembut dan jumlahnya lebih sedikit jika dibandingkan dengan ikan kerapu lainnya. (Sumber : Warta Pasar Ikan, Juni 2005).

About these ads