Mudahnya Budidaya Lobster Air Tawar


Reporter : Fella Sumendap, Asep Syaifullah
Juru Kamera : Damar Galih
Penyunting gambar : Wahyu Indra Rukmana
Lokasi : Langen Sari, Banjar, Jawa Barat

Tayang : 17 Juli 2008 Pukul 12.30 wib

Budidaya lobster air tawar merupakan salah satu usaha yang dapat ditekuni. Harganya di pasaran cukup tinggi, sekitar 100 ribu rupiah per kilogram, membuat budidaya lobster air tawar menjanjikan keuntungan bila dilakukan dengan teknik yang benar.

Salah satu lokasi budidaya lobster air tawar terdapat di Desa Bojong Kantong, Kecamatan Langen Sari, Banjar, Jawa Barat. Proses pembesaran dilakukan di kolam sawah, sehingga lobster dapat tumbuh lebih cepat.

Lokasi budidaya lobster air tawar di Banjar, Jawa Barat, dari Jakarta dapat dicapai melalui jalan tol Cipularang. Keluar di pintu tol Cileunyi, perjalanan kemudian dilanjutkan ke arah Priangan Timur, tepatnya di Desa Bojong Kantong, kecamatan Langen Sari.

Disinilah budidaya lobster air tawar di lakukan, di areal seluas 1.400 meter persegi milik Endang Hardi. Dia telah menekuni usaha ini sejak 8 tahun lalu, dengan bantuan teknis dari Universitas Galuh Ciamis.

Lobster yang dibudidayakan disini jenis red clow atau penjapit merah, yang bibitnya didatangkan dari Australia. Jenis ini paling banyak diminati pasar, terutama untuk restoran sea food, dan hotel berbintang.

Budidaya lobster air tawar disini mulai dari pemijahan. Proses pemijahan dilakukan di bak semen. Induk lobster disatukan di dalam bak hingga terjadi perkawinan dan membuahkan telur.

Proses pembesaran lobster dilakukan di kolam tanah di tengah sawah. Lobster tumbuh optimal di kolam air tawar dengan ph antara 7 hingga 9, dan suhu antara 23 hingga 30 derajat celsius.

Pemeliharan lobster air tawar relatif tidak sulit. Untuk kolam tanah, makanannya tersedia secara alami berupa plankton. Sebagai makanan tambahan diberikan campuran parutan singkong, buah pepaya dan pelet. Pakan tambahan ini ditebarkan ke kolam sekali sehari.

Lobster dipanen setelah dipelihara selama enam bulan. Pada usia tiga bulan seperti ini, lobster sudah dapat dikonsumsi, namun dari sisi ukuran belum layak, karena belum memenuhi kriteria permintaan pasar.

Lobster jenis penjapit merah dipasarkan di kota-kota di Pulau Jawa. Harganya sekitar 100 ribu rupiah per kilogram. Harga jual lobster di pasaran yang cukup menggiurkan, membuat usaha budidaya ini layak untuk ditekuni karena menjanjikan keuntungan.

Permintaan lobster air tawar jenis penjapit merah cukup tinggi dan belum seluruhnya dapat dipenuhi. Setiap minggunya sentra budidaya lobster air tawar ini menerima permintaan sekitar 5 kwintal lobster, namun baru dapat dipenuhi sekitar 1 kwintal saja.

Kini saatnya untuk mencicipi kelezatan rasa lobster air tawar. Kebetulan Pak Endang dan keluarganya telah menyiapkan lobster untuk kami nikmati bersama-sama. Hmmm, ternyata, rasa lobster air tawar ini memang lezat. Tidak salah bila banyak digemari dan harganya mahal.(Helmi Azahari/Ijs)

dari : indosiar.com

134 thoughts on “Mudahnya Budidaya Lobster Air Tawar

  1. Selamat siang pak,saya membaca artikel bapak tentang budi daya udang lobster air tawar,saya sangat berminat,adik saya mempunyai 1 ha tanah kosong di Cisarua dengan adanya sumber air yang berlimpah,masalahnya airnya sangat dingin,kira2 udang lobster dapat berkembang tidak diair yang suhunya dingin tersebut,kami sama sekali belum berpengalaman tentang budi daya perikanan dikolam air dingin.
    Apabila memang bisa,apakah kami boleh mengunjungi lokasi bapak di bulan Januari 2009? kami sangat membutuhkan bimbingan bapak dan berdiskusi dengan bapak.terima kasih.
    Hormat saya
    Hendratno

    • dimana pak sya bsa berlatih budidaya lobster,kira2 biayanya berapa ? melihat artikel anda saya jdi pingin budidaya…….
      tlg balas di email saya….

  2. Sore pak, saya memang tertarik untuk berbudi daya ikan hias karena memang hobi sejak kuliah dulu dan saya lebih tertarik lagi setelah membaca beberapa artikel dan beberapa acara tentang Lobster Air Tawar, kebetulan orang tua saya memiliki lahan sawah yang cukup luas di area Lampung, saya berencana untuk memulai budidaya LAT, yang saya ingin tanyakan :
    1. Berapa modal awal yang dibutuhkan untuk memulai budidaya LAT ini,
    2. Untuk pakan, apakah bisa diolah dari dedak (hasil giling padi) mengingat ditempat saya banyak sekali dedak tersebut,
    3. Apabila dibagian atas kolam digunakan untuk beternak ayam misalnya, apa efek sampingnya?
    4. di tempat saya aliran air mengalir sepanjang tahun, apa cocok untuk budidaya LAT.
    5. boleh tidak minta alamat budidaya LAT bapak dan hari apa saja lokasi bapak bisa dikunjungi.
    demikian beberapa pertanyaan saya, atas tanggapannya diucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya.

  3. Saya tertarik dengan budidaya lobster air tawar ini.. Awal tahun 2009 ini, saya ingin berkunjung ke tempat bapak. Kebetulan tempat tingal saya dekat dengan bapak, yaitu di Tasikmalaya.

  4. Mau dapat e-book Red Claw Recipe vol1 GRATIS??????? Buku ini memuat 13 menu masakan lobster air tawar, yang kami bagikan gratis selama bulan Desember 2008 ini.

    Kami dari LOBSTERKU CRAYFISH FARM menjual lobster air tawar konsumsi dengan harga terjangkau, dimana kami menjamin kondisi lobster air tawar masih segar saat tiba ditempat.

    Segera kunjungi situs kami: http://www.bisnislobster.co.cc atau hubungi marketing kami:

    * Rudy HP: 0819-32065970
    * Sugianto HP: 0813-80333300 Flexi : 021-70093105

    Lobsterku Crayfish Farm

    • selamat siang pak, saya boleh bertanya tentang cara bisnis lobter ,jenis lobter dari pangsa pasar lokal sampai luar negeri? boleh minta tips cara memilih bibit lobters yg sehat dan bagus?mohon bantuannya saya harap nanti kita bisa kerjasama,terima kasih

  5. sore pak.. saya mau tanya nih pak..
    pak kalau membudidayakan lobster bagusnya di air yang tiap harinya diganti apa yang tergenang.sebelum sesudahnya saya ucapkan terima kasih atas kesempatan bapak membaca email saya.

  6. malam pak…saya mau tanya ni pak…gi mana membedakan jantan betina dari LAT.saya tinggal di minahasa di pinggiran DAS tondano,sekarang kami banyak menangkap LAT ini.sebelum sesudanya saya ucapkan trima kasih atas kesempatan bapak membaca email saya.

  7. selamat malam pak..
    saya kebetulan tertarik dengan usaha LAT ini, dan Insya Allah sebentar lagi saya ingin membuat kolomnya… masalah bibit saya sudah mendapatkan chanelnya, yang jadi pertanyaan saya adalah.. ukuran berapa lobster yang bisa dijual dan berapa harga2nya? seberapa besar pengaruh (Ph) air dalam perkembangan lobster sendiri? serta bagaimana cara agar lobster biar cepat besar? adakah pengaruhnya dengan kolamnya sendiri??
    terima kasih

  8. Up Date 1 Maret 2009

    Manfaatkan Pekarangan Rumah Anda Budidaya Lobster Air Tawar.

    IslamiC Lobster Center Farm

    ProduCt ILC Farm:
    1. Benih LAT berkualitas Ukuran (2inUP) Siap tebar
    1500/100 ekor.
    2. Indukan LAT Berkualitas Super, Bebas Virus&penyakit (Bersertifikat ILC)
    1 set 1 sertifikat ( 5betina + 4jantan ) Garansi Apabila tidak bertelur

    4”/set =280.000,- + (benih 1 set)
    4.5”/set =330.000,- + (benih 1 set)
    5”/set =400.000,- + (benih 1 set)
    5.5/set =500.000,- + (benih 1 set)
    3. Lobster Konsumsi Untuk Kebutuhan Resto Anda Per Kg (10 – 15 ekor)

    ILC Farm:
    Komp Islamic Village, JL Korma Raya No: 4
    Karawaci Tangrang – BANTEN
    Fahdiansyah Rambe, ST
    081380997117

    • ass pak , saya sangat tertarik dengan harga tawaran dari bapak.dan saya ingin tahu? apakah LAT bisa dijadikan ikan aquarium dan berapa harga perekor dalam ukuran 3-5 cm(1-2”)

  9. malam pak,saya hadi umur saya 21,asal jember.setelah saya membaca artikel bpk.saya tertarik dengan budidaya llobster air tawar,saya ini masih muda tapi kepingin mempunyai usaha .trus dengan begini ada yang ingin saya tanyakan tentang budidaya lobster air tawar:
    1.bagaimana mendapatkan bibitnya,
    2.kira-kira brapa modal awal untuk usaha ini.
    3.di kota jember mungkin masih belum ada,terus apakah bisa hidup normal dikota kami..
    terimakasih atas informasinya dan mohon dengan sangat untuk menjawab pertanyaan saya..

    • Saya dapat membantu keluhan tentang pasokan benih namun saya berada di area surabya,pulau jawa timur….Tergantung dari saudara mau pesan berapa benihnya,saya mampu memproduksi 100-300 ekor tiap 2 bulannya…Bisa kirim mail ke yulianoeko@rocketmail.com .Lobster air tawar dapat dipelihara di akuarium dengan teknik khusus,soalnya klo salah teknik di ukuran 1 meter akuarium hanya bisa tahan 3 ekor..padahal ukuran 1 meter isa dapat 10-25 ekor…Bisa transfer mengenai pmbayaran dengan modal percaya bisa dicoba dengan 100 ekor benih dulu..Pengiriman bisa ditanggung sapapun.Makasih (Harga murah)

    • malam pak,saya hadi umur saya 21,asal jember.setelah saya membaca artikel bpk.saya tertarik dengan budidaya llobster air tawar,saya ini masih muda tapi kepingin mempunyai usaha .trus dengan begini ada yang ingin saya tanyakan tentang budidaya lobster air tawar:
      1.bagaimana mendapatkan bibitnya,
      2.kira-kira brapa modal awal untuk usaha ini.
      3.di kota jember mungkin masih belum ada,terus apakah bisa hidup normal dikota kami..
      terimakasih atas informasinya dan mohon dengan sangat untuk menjawab pertanyaan saya..

      Balas

  10. selamat siang pak…

    kalo saya mau pesen lobster di tempat bpk bisa atau tidak untuk indukan…
    kira-kira harganya brp…

  11. siang semua.,,,sy sudah hampir setahun ini membudidaya LAT untuk ukuran rumahan,,jenis Red Claw, dari awalnya iseng saat ini saya mempunyai ratusan bibit LAT. dan yang Dewasa. mungkin ada yg berminat bisa menghubungi saya di email yoedha_dc@yahoo.com

  12. Dijual udang lobster Air tawar jenis Redclaw / walkamin:

    Redclaw:
    2in rp1250/ekor cadangan 5%
    4in rp90rb/set ( 5 ekor betina + 3ekor jantan)
    5in rp125rb/set

    lobster Walkamin :
    2in rp1250/ekor
    4in rp100rb/set
    5in rp150rb/set
    5,5in rp 300rbv/set

    Konsumsi : Rp125rb/kg

    Harga belum termasuk ongKos kirim. melayani permintaan seluruh indonesia dan bisa kontinyu.
    Jika berkenan hub. Bisri 0318298549/ 08882617317
    Alamat : Jl. Jambangan baru 5 no.3-B atau Jl. Karangrejo 4/35 Surabaya.

  13. perkenalkan, saya fairuz 25 tahun. saya berminat untuk mencoba budidaya lobster air tawar. tetapi saya belum mengerti bagaimana caranya dan nantinya bisa saya jual kemana? apa ada semacam pengepul seperti pada budidaya jamur tiram? terima kasih. mohon jawabannya.

  14. kok ga lengkap sih,yang aku pengen yang lengkap mulai dari jenis lobster,tatacara budidaya,kolam yang memadai,juga teknik budidaya yang baik.klo bisa langsung kirimin aja ke email q….. nuhun sateacanna

  15. mohon info, saya ingin usaha LAT ini namun ada yang ingin saya tanyakan, sebagai berikut :
    1. Apakah cocok untuk di kalimantan timur khususnya kota samarinda.
    2. berapakah modal awalnya untuk usaha LAT tersebut
    3. Berapa lama masa pembesarannya untuk siap dipasarkan
    4. Apakah pangsa pasarnya besar untuk kota samarinda.
    demikian yang ingin saya tanyakan. terimakasih

  16. mlm pak…. saya tertarik untuk memiliki tambak udang…tapi masalah nya saya tidak tau banyak soal udang, dan kl saya ingin membudi dayakan udang,
    1. dimanakah saya bisa mendapatkan bibitnya
    2. apakah bisa bila saya ingin membudi dayakan udang,sedangkan saya tinggal di sumatra selatan tepatnya MUBA yang iklimnya sangat panas….
    3. adakah panduan yang bisa saya jadikan acuan untuk membudidayakan udang ini
    4. apakah pembudidayaannya harus di alam langsung,atau bisa di dalam bak mandi gitu…..
    mohon penjelasannya…

    trimakasi

  17. asalamuallaikum WR WB. saya bekerja honorer di dinas pemerintahan sekitar 2 tahun, tapi tidak dapat memenuhi kebutuhan sehari2 dikarenakan beban hidup sekarang yang sangat tinggi. apakah saya bisa mengikuti jejak bapa, dengan modal dan fasilitas yang kecil. saya sangat berharap bapa dapat memberikan ilmu dalam pengembangan budidaya lobster. mohon peteunjuknya.

  18. saya terkesan sekali dengan budi daya lobster air tawar ini, hanya saja saya belum yakin apa bisa di lakukan di tempat saya oleh saya. dengan itu apa ada bibit yang bisa saya beli utuk saya coba terlebih dahulu dalam jumlah kecil dan agar dapat saya coba di kolam aquarium. Semoga dapat berhasil..
    bila ternya bisa kemungkinan saya akan melanjutkan keseriusan ini utk dlm jumlah yang dapat bersaing dengan pasar..tolong barangkali ada yang bisa bantu saya..
    terima kasih..

    T.N.Haru
    08123853771
    03617925711
    haru_shinrestbali@yahoo.co.jp

    • Saya dapat membantu keluhan tentang pasokan benih namun saya berada di area surabya,pulau jawa timur….Tergantung dari saudara mau pesan berapa benihnya,saya mampu memproduksi 100-300 ekor tiap 2 bulannya…Bisa kirim mail ke yulianoeko@rocketmail.com .Lobster air tawar dapat dipelihara di akuarium dengan teknik khusus,soalnya klo salah teknik di ukuran 1 meter akuarium hanya bisa tahan 3 ekor..padahal ukuran 1 meter isa dapat 10-25 ekor…Bisa transfer mengenai pmbayaran dengan modal percaya bisa dicoba dengan 100 ekor benih dulu..Pengiriman bisa ditanggung sapapun.Makasih

  19. Saya dapat membantu keluhan tentang pasokan benih namun saya berada di area surabya,pulau jawa timur….Tergantung dari saudara mau pesan berapa benihnya,saya mampu memproduksi 100-300 ekor tiap 2 bulannya…Bisa kirim mail ke yulianoeko@rocketmail.com .Lobster air tawar dapat dipelihara di akuarium dengan teknik khusus,soalnya klo salah teknik di ukuran 1 meter akuarium hanya bisa tahan 3 ekor..padahal ukuran 1 meter isa dapat 10-25 ekor…Bisa transfer mengenai pmbayaran dengan modal percaya bisa dicoba dengan 100 ekor benih dulu..Pengiriman bisa ditanggung sapapun.Makasih

  20. malam pak
    saya tertarik sekali setelah membaca artikel di atas.
    saya ingin sekali ternak lobster,tetapi lahan yang dimiliki sangatlah terbatas.
    bagaimana solusinya untuk saya yang baru pemula dan ingin mencoba menjadi peternak lobster seperti bapak?
    semoga bisa memberi saya saran untuk mengembangkan niat saya ini.
    terima kasih

    fikri adam
    ad4m_f1kri@yahoo.com
    02197733943

  21. saya sedang belajar tentang budidaya lobster dirumah. tapi saya tidak tau menjualnya, saya pemgen minta informasi. dimana lokasi tempat petani lobster yang ada di lampung

  22. assalam.,
    saya seorang mahasiswa., apakah saya bisa mengikuti jejak bapak untuk berbudi daya lobster dengan segala keterbatasan saya,.
    langkah awal apakah yang harus saya siapkan.,
    mohon bimbingan dan petunjuknya.. trim’s

  23. Met sore pak saya mau tanya. kalo budidaya lopter air tawar tapi mengunakan media akuarium bisa ngak trus bagaimana tehnik dan caranya

  24. selamat pagi pak…… mau tanya, pakan yang terbaik buat lobster apa ya???? karena anakan udang saya,pertumbuhannya sangat lambat…. sehingga banyak waktu terbuang….. apa bapak juga mau membeli bibit saya??? hehehehhhe

  25. met malam pak, sy tertarik dengan artikel bapak dan sy ingin mencoba budidya lobster, tapi saya masih awam sekali, maksud saya apakah bapak dapat memberi sy tata cara budidaya lobster, di akuarium, trims

  26. saya butuh informasi tetang cara membudidayakan udanglobster air tawar dan cara mendapat kan indukannya didaerah saya(jakarta selatan) ini alamat email saya =ad.rian21@yahoo.co.id

  27. saya butuh informasi peternak lat di Sumut khusus daerah medan sekitarnya.Restoran mana aja yg menyediakan menu lat, soalnya saya gak pernah cicipin rasa lat.thanx!

  28. saya punya lahan 3 hektar ukuran lebar 100 mtr panjang 300 meter. Bagian tengah lahan saya buat seperti sungai lebar 10 meter dengan panjangnya 250 meter dengan sumber air dari air terjun dari gunung. Saya mau mencoba budidaya lobster tapi ragu mau coba yg mana. bagus beli indukan pelihara diaqarium utk dapatkan bibit sendiri lalu anakannya dilepas di lahan sungai lebar 10 kali 280 panjang yg saya buat atau beli anakan lobster langsung utk dilepas? kalau ada yg jual set indukan atau anakan boleh email saya dengan sedikit petunjuknya. terima kasih

    • bagusan ditebar saja pak ke kolam….
      tp memang agak susah panennya… paling dengan cara menjebak lobster seperti di waduk…..

  29. Saya ada di Payakumbuh Sumatra Barat. Saya mau nyari indukan lobster redclaw walkamin. Bagi ada yg bisa antar ke payakumbuh atau kirim lewat udara asal dijamin tapi saya lebih suka diantar langsung biar mahal dikit gpp. kalau bisa email saya di ryan_piliang@msn.com
    atau sms 8126701110

  30. pak saya sdh mencoba mengembangkan budidaya Lobster dengan cara pemelijaraan dengan aquarium yang idukan 3 induk betina da 1 induk jantan dan masing-masing indukan betina betelur dan menghasilkan anak 50 /d 100 ekor, tapi pertumbuhan anak lobster didalam bak semen tersebut sdh 3 bln berpariasi ada yang besar dan kecil……..mengapa bisa demikian…?

    dan ada idukan setiap kali bertelur selalu gagal dan telur hilang atau gugur sedikit demi sedikit hal ini sering terjadi pada induk tersebut……apa penyebabnya . mohon petunjuk atau info. atau memang demikian semua lobster memakan telurnya sendiri…..

  31. DREYSSA LOBSTER
    Perum Puri Cendana Blok F13 / 3 – Sumber Jaya
    Tambun Selatan – Bekasi 17510
    Telp. 021 – 883 73948 Hp. 0812 9442660
    email : dreyssalobster@gmail.com or dreyssalobster@yahoo.co.id

    yang mau pelatihan/ ingin tahu/ ingin belajar /butuh bibit segala ukuran indukan / konsumsi, kami siapkan bagi Anda……….

    Bimbingan lengkap….email / SMS / jarak jauh, belajar sampai bisa dan faham

  32. untuk pembiakan atau pemijahan apakah benar info yang saya dengar bahwa udang air tawar pada saat memijah membutuhkan air apyau?

  33. saya butuh informasi tetang cara membudidayakan lobster air tawar dan cara mendapat kan indukannya.
    saya ingin sekali ternak lobster,tetapi lahan yang dimiliki sangatlah terbatas.
    bagaimana solusinya untuk saya yang baru pemula dan ingin mencoba menjadi peternak lobster..
    semoga bisa memberi saya saran untuk mengembangkan niat saya ini..
    klu bisa jwban by email aja….thanx’z

  34. Saya ada di kota jember! Dimana saya bisa mendapatkan (memesan) bibit Lobsternya? kalo ada yg lebih dekat dengan kota saya, agar lebih mudah belajar memasarkannya! karna saya sangat berminat untuk membudidayakannya! thanks

  35. saya pak tri.saya berada d daerah bogor tepatnya di cileungsi.
    saya ingin mengetahui bagaimana cara memebudidayakian lobster air tawar.
    tapi saya ingin membudidayakannya menggunakan akuarium khusus pembudidayaan udang lobster air tawar.
    mohon informasinya,dan tolong hubungi no ini 087870170460.
    terima kasih sebelumnya.

  36. stelah saya membaca artikel cara berternak lobster ini.saya sangat tertarik? trus bagaimana cara pengembangannya dgn media aquarium saja.apakah bisa pak dgn sperti itu dan bibit yg berkualitas yang laku sperti di pasaran sperti apa Pak.apabila Bapak punya bibit yg bagus saya tlg di beri tahu Alamat Bapak.dan skalian saya di beritahui cara dengan bisnis ini.sebelumnya terima kasih banyak.

    TTD

    ANDRIYANTO

  37. Untuk mendapatkan bibit LAT di daerah kalBar dimana ya?
    Saya sangat tertarik dengan budi daya LAT tolong infonYA yang lengkap dong,,,

  38. ass pak saya,setelah baca artikel bapak saya mau tanya pa bisa loobster air tawar proses pembesaranya dilakukan d kolam bak? apa ada pengaruhnya….
    dan saya mau tanya kira kira bisa ga membeli bibit loobster beberapa pasang sajah,berapa harganya….

    trimakasih

  39. Selamat siang pak,

    Ini sekedar nanya saja pak, boleh ga kami datang ke tempat bapak untuk belajar untuk pengembang biakan lobster…????

    Salam,

    Oktavianus Gea

  40. sy sgt tertarik utk mencoba. Smua hal yg diperlukan bs sy siapkan,tp bgmana dg pemasarannya?, apa ada yg siap menampung/menjemput hasil budidaya sy nantinya?,mohon pencerahan

    • Bapak bisa jual hasil lobster bapak ke Bp.cuncun setiawan yg posisinya di Bintaro,Jakarta…mengenai bibit bisa pesan ke saya minim 100ekor..tetapi untuk pertemuan awal lewat face to face dulu…sementara bibit bulan mei sudah habis di indent bnyk orang..maav sblmnya

  41. saya tertarik dengan budidaya lobster air tawar.apa ada cara supaya dapat di budidaya di tempat lain selain persawahan kalau ada tolong di beritahu.bila ada yang bisa memberikan pelajaran untuk budidaya tolong email ke saya

    ravenmo@hotmail.com

  42. Assalamualaikum warrohmatullahi wabbarokatuh, saya sudah memelihara lobster sekitar 4 tahun , namun sampai saat ini belum menghasilakan, sebagai tambahan pendapatan, saya mau mengembangkan nya namun kendala di pemasaran, untuk komsumsi maupun bibit sangat mudah, namun kira-kira yang bisa nampung untuk komsumsi siapa dan di mana, demikian kami sampaikan mudah mudahan bisa kerja sama

  43. sy bingung kmn mnjual hzil budidaya lobster,,
    sy brtempat d pwk dan blm mmpunyai konsumen,,
    sy mmpunyai sgl jniz ukuran dr lobster dan jmlh’a lmyan bnyk,,
    bg anda yg tlh mmbc dan brminat tlng deal k numb,,
    087879896169,,
    thx..

  44. saya tertarik utk mencb menekuni bisnis ini….Kira2 modal awl yang perlu di keluarkan pe brp??trs untuk mendapatkan bibit LAT dmn …… tlg infonya yang lengkap… maturnuwun.

  45. pak endang sy juga dari bojongkatong RT 04 RW 06… pak RTne pak giman..wah sy skrng di bandung…sy juga minat buat budidaya lobster..cuma kalo sy menggunakan bak..dan aquarium buat pembesarannya tidak di sawah bisa ga ya..?? dan tar kalo sy pulang kampung mau dong induk yg berkualitas buat saya kembangkan di bandung..trimakasih

  46. DUNIA LOBSTER
    Jl. Harapan indah raya no. 8 – Bekasi 17132
    Telp. 021 – 944 80 314

    Menyediakan bibit, indukan, konsumsi rumahan & rumah makan ( Rp 110rb/kg )

    Juga Menyediakan:
    Redclaw:
    2in rp1200/ekor cadangan 5%
    4in rp85rb/set ( 5 ekor betina + 3ekor jantan)
    5in rp120rb/set
    Walkamin :
    2in rp1200/ekor
    4in rp90rb/set
    5in rp130rb/set
    5,5in rp 280rb/set

    • apa bisa pengembangbiakan lobster di aquarium? dengan aquarium 100x50x35cm berapa benih yang dapat ditampung? mhn jawabannya saya berminat mengembang biakan LAT

  47. pa sukoco, kalau saya ada di bogor apa bapak bisa kirim dalam keadaan hidup? ongkos kirim bisa saya ganti kalau bisa.

  48. saya anom tertarik untuk budidaya lobster,,, saya tinggal di cilegon banten,apa ada tempat pembelian bibit lobster yang dekat lokasi rumah saya,,,terima kasih

  49. Malam, kemaren saya cari di daerah bojong kantong tetapi ga ketemu. Tolong minta alamat jelas n’ nomer yg bisa dihubungi. Yudistira (wanareja)

  50. saya punya lahan seluas 2000m di ciomas bogor dengan sungai kecil langsung dari gunung, dan saya berminat sekali untuk merambah bisnis LAT ini… mohon bimbingannya pak… boleh tidak saya mampir kerumah untuk sekedar berdiskusi…..?

  51. Ass..
    Saya tertarik dengan usaha ini,walaupun saya belum tahu persis mengenai iklim bisnis lobster,tlng di informasikan dong mengenai penjualan dan iklim perubahan mengenai harga jualnya
    Terimakasih…

  52. selamat malam pak… saya tertarik dgn budidaya udang lofster air tawar capit merah, dimana saya bisa cari bibitnya, saya tinggal dibali.. dan berapa harganya per seribu……

  53. para bapak yang terhormat saya sudah lulus sma dan saya ingin sekali memiliki usaha lobster untuk dapat membantu saya untuk berkuliah syukur syukur bisa sukses,..
    kebetulan saya terlahir dalam keluarga yang biasa biasa saja atau tingkat menengah ke bawah.
    mohon bantuannya saya butuh pelatihan gratis dan juga pengetahuan tentang lobster agar saya dapat berusaha di bidang lobster ini.
    mohon bantuannya saya ingin sukses dan juga ingin membahagiakan orang tua saya. mohon kedermawanannya dan juga ketulusannya untuk membantu saya.thx wassalam

  54. salam knl,,,,, saya aryo asal tanjungpinang,, saya ingin tw bnyak ne tntang lobster air tawar,, rencana nya saya mau coba untuk budidaya lobster air tawar,,, dmn saya harus belajar,,,, trus brp modal yg harus saya kluarkan,,, karna saya masih pemula,,,
    tolong informasi nya ya,, kirim ke e-mail saya aryo_likepeace@yahoo.com

  55. pak saya mau tanya untuk mendapatkan bibit udang di daerah bandung di mana ya ? terus kalo anak udang yang baru menetas makanan yang bagus di kasih apa ya ? trima kasih di tunggu balasannya

  56. salam knl saya aryo dr kota tanjungpinang.
    mau tanya nie gmn cara nya budidaya lobster air tawar.??? trus dmn saya bisa dapatkan bibit udang nya..???
    mohon info selengkapnya.. kirim ke alamat e-mail saya,,, aryo_likepeace@yahoo.com
    atas info lengkap nya saya ucapkan terimakasih

  57. saya telah memelihara beberapa lobster di aquarium. beberapa diantaranya telah bertelur dan menggendong anak. kini saya kewalahan dengan tempat yang tersedia karena tidak memiliki lahan untuk membuat kolam. jika saya ingin meneruskan hobi saya ini, bisakah bapak memberi saran untuk ukuran aquarium minimal dan kepadatan populasi untuk tiap aquarium? terimakasih atas saran dan bantuannya

  58. dimana pak sya bsa berlatih budidaya lobster,kira2 biayanya berapa ? melihat artikel anda saya jdi pingin budidaya…….
    tlg balas di email saya….

  59. salam hangat pak…
    saya dari lahat sumatra selatan mau minta bantuan bapak..di pekarangan saya ada kolam tapi dasarnya batuan pak..cocok ngak untuk budidaya LAT dan untuk beli bibit yang langsung tebar.. dan indukkan .di antar ketempat saya berapa ya.. terimakasih atas bantuanya

  60. selamat mlam pak, saya fajri dari kota bengkulu. pak, saya sngat berminat dengan budidaya LAT. sebelumnya saya lihat teman budidaya LAT tapi hanya untuk hobi saja sehingga tidak di urus. saya mau bertanya lebih detail tapi bingung dg sapa???rencana saya mau bubidaya memakai bak saja karena lahan saya tidak ada lahan rawa,selain itu saya juga mau buat rumah makan dan salah satu menunya adalah lobster. mohon bantuannya…
    thx

  61. sy sangat tretarik dengan budidaya lobster air tawar.ttp tempat tggl saya di Medan,apakah bpk mau mengirimkan cara budidaya lobster ke email saya? dan dimana saya bisa mendapatkan bibit lobster? serta berapa harga bibit lobster jika saya ambil melalui bapak?

  62. bubuhan pian yg ada di KAL-SEL,KAL-TENG,KAL-TIM,dan KAL-BAR..kenapa jd harus jauh2 cari Lobster di Luar pulau.di tanah kita Kalimantan gin ada yg ternak..pian handak Belajar Budidaya Hub.087815197432

    siap kirim ke seluruh pelosok Kalimantan dan kirim luar pulau.

  63. mustikalobsterfarm menyediakan bibit,indukan dan lobster air tawar utk konsumsi jg melayani kemitraan utk pembenihan dan pembesaran lobster air tawar. alamat kami di perum.griya mustikasari blok B6 no.9 rt.005 rw.009 mustikasari – mustikajaya, bekasi timur no.hp.081317020980.

  64. artikel nya bagus sekali menambah wawasan ilmu dan inspirasi wira usaha
    ijinkan saya bertanya,
    bisakah membesar kan lobster di sawah bercampur dengan padi,
    dengan harapan
    panen padi dan lobster sekaligus
    terima kasih

  65. slam kenal pak, saya Hero dari kalimantan barat. saya tertarik sekali dengan artikel bapak,,saya mohon kiranay bpak berkenan untuk bisa mengirimkan info lebih lanjut tentang budidaya lobster ini ke Email saya..saya penting sekali informasi dari bpk mengenai budidaya Lobster ini, sebelumnya saya ucapkan banyak terimakasih

  66. bagaimana saya bisa dapatkan bibit lobster air tawar, untuk membudidaya pada kolam percobaan dengan ukuran 3 x 3 saya pakai didin beton
    Mohon informasinya

    Terima kasih
    Iskandar

  67. budinya lopser tapi modal ya terrlalu besar kali yayayaya sih yayaya harsu ya sih jagan besar kali yayaya sih ayayya lah kalu mulai usaha harus ya ada dukunagn dari ke 2 mereka yayaya sih ayaya a

  68. salam kenal smua nya…
    saya buchoy dr bellitung ingin cari informasi tetang cara membudidayakan lobster air tawar dan cara mendapat kan indukannya…
    terimakasih…

  69. Aslm. Selamat pagi Pak, bagaimana caranya agar lobster air tawar cepat tumbuh dan berkembang karena saya lagi memeliharanya di dalam 2 Aquarium. terima kasih.

  70. Bagi para pembenih ikan di Jawa Tengah dan sekitarnya yang membutuhkan produk-produk pembenihan ikan seperti ovaprim, artemia dan spirulina bisa menghubungi saya di No HP 08122841280. Yanto di Pemalang, Jawa Tengah.
    Tersedia juga pakan-pakan untuk pembenihan udang al : Spirulina, Artemia, BP, flake. Pakan berbentuk powder/serbuk al : Japonicus, Seagrass Powder, Top Minigrain. Artemia, Vitamin C, EDTA dll. Peralatan hatchery al. Selang aerasi, kran aerasi dan batu aerasi.
    Terima kasih

  71. TERIMA KASIH SAYA SUDAH MEMBACA ARTIKEL BAPAK SAYA INGIN INFORMASI DARI BAPAK MENYANGKUT BUDI DAYA LOBSTER AIR TAWAR,SAYA DI KUPANG NUSA TENGGARA TIMUR.
    YANG INGIN SAYA TANYAKAN;
    1. AWALNYA SAYA INGIN BUDIDAYA +1000 EKOR, KIRA-KIRA BERAPA MODAL AWAL DAN LAHAN TAMBAK,
    2. DARI MANA BENIH BISA SAYA DAPAT,
    3. APAKAH SAYA BISA MENGIKUTI TRENING DI TEMPAT TAMBAK BAPAK?
    MOHON DI BALAS VIA EMAIL SAYA

  72. Hai sob, bisa bantu aku ga, aku lagi butuh cangkang udang lobster air tawar kering, dimana yach bisa aku dapatin? mohon bantuan dan informasinya yaw… (maklum lagi progress Ta nich, he he…) thx….

  73. saya berminat memelihara LAT, dimana saya dapat benih LAT terdekat, posisi saya diparung Bogor. berapa perekornya?

  74. Bagi saya susahnya budidaya lobster air tawar. karna pertama saya beli 100 ekor usia dua bulan habis, tinggal 18 ekor aja. tapi aku tidak patah arang. beli lagi 100 ekor usia dua bulan yang sekarang cuman tinggal beberapa ekor aja. dan indukan saya yang 5 inchi dari jumlah 9 ekor kini cuma tinggal 4 ekor aja selama 2 bulan lamanya. dan sampai sekarang juga belum ada tanda-tanda bertelur. mungkin masih mau tambah lagi indukannya.

    • Menanggapi comment bpk didik, saya cm saran lebih baik bpk konsultasi cara pemeliharaannya di penjualnya…klo minat saya bisa bantu smp sukses…bnyk yg beli di tempat saya, saya follow up agar mereka tdk merasa dirugikan…info lbh lanjut hub.saya di no.08885073339 diluar jam kantor makasih

  75. bibit lobstr 5-7cm Rp 1250/ekor
    indukan 1paket(3jantan 5betina) Rp 250.000
    dijamin murah soalnya hasil ternak sendiri hargga bissa nego
    alamat
    Kertasari,ciamis,jabar
    tlp, 081222824919

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s