11 RESEP RAMUAN KHUSUS UNTUK LOMBA MANCING IKAN MAS


Beberapa ramuan umpan ikan berikut ini digunakan untuk satu hari pemancingan. Jika dianggap terlalu banyak maka takaran menu dapat anda ubah sendiri sesuai dengan perbandingannya.

RAMUAN UMPAN (1)

3 kg ikan mas atau belut

cara membuat :

Bila memakai ikan mas, buang isi perut dan insangnya, kukus hingga masak. Untuk belut, masukan saja ke dalam kantong plastik bening dapat juga ditambahkan daun pandan dan sedikit daun sereh, kukus hingga matang.
Cara pakai cukup diambil dagingnya saja, kaitkan pada kail.

RAMUAN UMPAN (2)

30 Tongkol jagung muda
1,5 ons singkong
0,5 butir kelapa muda
1 blok keju Kraft

Roombutter Weijmans secukupnya
5 butir kuning telur bebek ( boleh tidak dipakai )
3 kg kroto (kroto beras)

Cara membuat :

Jagung, singkong, kelapa muda dan keju diparut lalu dicampurkan dengan sisa bahan dan diaduk rata. Adonan dibungkus rapat dengan alumunium foil. Dikukus selama 2 jam dengan api kecil, air sudah harus mendidih saat adonan dimasukkan. Kroto dicampurkan saat umpan akan dipakai.
RAMUAN UMPAN (3)5 kg ubi jalar
2kg daging belut
Ocoy (pengeras umpan) secukupnya
2 kg kroto

Cara membuat :

Ubi jalar dikupas. Ubi jalar, daging belut, dan ocoy dicampurkan kemudian dihaluskan dengan blender. Ocoy fungsinya sebagai pengeras. Bila tidak ada, bisa diganti dengan tepung mie atau susu bubuk. Saat akan dipakai, adonan dicampur lagi denagan kroto.

RAMUAN UMPAN (4)

1 kg ubi kuning
20 tongkol jagung manis
1 pak keju Kraft (250 g)
250 gram mentega
3 kaleng ikan tuna
250 gram Bubur bayi Cerelac rasa pisang
10 ekor belut
8 butir telur (bagian kuningnya saja)
Susu murni secukupnya
1 kg kroto

Cara membuat :

Ubi, belut dan parutan jagung manis dikukus terpisah. Untuk jagung kukus setengah matang saja.Parut ubi dan keju, haluskan daging ikan tuna dan daging belut. Campurkan semua bahan di atas tadi aduk hingga rata. Untuk kroto dicampurkan saat umpan akan dipakai.


RAMUAN UMPAN (5)

2 bungkus Indomie kari ayam
4 butir telur ayam kampung
2 sendok makan penuh bubur bayi Nutrisia beras
1 sendok makan susu bubuk Infamil
2 sendok makan roombutter Weijmans
1 sendok teh keju Kraft
1 sendok teh bubur bayi Cerelac beras

Cara membuat :

Indomie diblender sampai halus lalu diaduk dengan kuning telur yang sudah dikocok. Roombutter dipanaskan sampai mencair. Ke dalamnya lalu dimasukkan keju parut dan diaduk. Pemanasan diteruskan dengan api kecil. Bahan-bahan lain kemudian dicampurkan. Selama pengadukan, api harus tetap kecil supaya adonan tidak hangus. Setelah warnanya agak kuning, bubur bayi Cerelac beras dimasukkan dan diaduk lagi. Adonan didinginkan sebelum dimasukkan kedalam kaleng untuk disimpan. Cerelac berfungsi untuk pengeras umpan. Apabila saat dipakai umpan terlalu lembek ( mudah hancur ), tepung Cerelac dapat ditambahkan lagi. Sebelum dipakai umpan harus dicampur rata dengan telur semut merah atau kroto secukupnya.

top

RAMUAN UMPAN (6)

1,5 bungkus mie instan
3 sendok makan pelet
2 ons kelapa parut
2 ons ubi jalar putih atau kuning
2 ons ikan tongkol segar atau olahan
1,5 ons susu bubuk full cream
4 butir telur bebek ( mentah atau asin )
1,5 ons keju
2 ons kroto
3 tetes esen nangka

Cara membuat :

Mie instan dan pelet dibuat menjadi tepung, kelapa parut dibuat santan dan digodok sampai keluar minyaknya. Ubi jalar dikupas dan dicuci bersih lalu dikukus sampai matang. Ikan tongkol dicuci bersih dan dikukus sampai matang. Kulit dan duri ikan dibuang kemudian ikan digoreng dengan minyak hasil rebusan santan kelapa.Telur bebek mentah digodok sampai matang dan diambil bagian kuningnya. Keju diparut. Semua campuran bahan diaduk atau ditumbuk bersama susu dan esen sampai benar – benar halus dan tercampur dengan baik. Kroto diseduh dengan air mendidih. kotoran dan semut yang masih ada dibuang lalu ditiriskan dengan sedikit diperas. Kroto dicampurkan dengan umpan pada saat mulai mancing.

top

RAMUAN UMPAN (7)

2 tongkol jagung manis (sweetcorn ) muda
1,5 ons ubi jalar manis
1 ons singkong
0,5 ons keju Kraft
2 kuning telur ayam kampung
0,5 sendok teh gula pasir
0,5 sendok garam
1 ons kacang tanah
2 ons kacang mete
mentega secukupnya

Cara membuat :

Kacang mete dan kacang tanah digoreng dengan mentega, setelah matang keduanya kemudian diblender sampai benar-benar halus. Jagung muda, ubi jalar, dan singkong dikupas lalu diparut sampai halus demikian juga keju kraft dihaluskan, diaduk jadi satu dengan bahan-bahan yang lain, kemudian dibungkus, dikukus dengan api besar sampai matang. Pada saat digunakan, umpan umpan jagung ini harus dicampur dulu dengan kroto atau daging belut.

top

RAMUAN UMPAN (8)

3 buah ubi jalar manis
1 kaleng Tuna (Tuna in oil)
2 bungkus Chiki Snack keju
2 bungkus pelet merah
1 tutup botol minyak ikan (Scott’s Emultion White)

Cara membuat :

Kukus ubi jalar, parut dan haluskan. Remas Chiki Snack hingga hancur, campurkan dengan adonan aduk lagi sampai rata. Tuna kaleng dibuka tuangkan minyaknya saja tambahkan sedikit air tuang lagi ke adonan (daging ikan dapat dipakai ke umpan lain). Masukkan pelet dan minyak ikan Scott’s, aduk hingga merata. Campurkan kroto atau daging belut saat akan dipakai.

top

RAMUAN UMPAN (9)

20 tongkol jagung manis
1/3 kelapa ukuran sedang.
1 kg ubi kuning
1 blok keju Kraft
3/4 sendok makan mentega Weijmans
8 butitr telur bebek
1 liter susu sapi murni.

Bahan campuran lain :
4 ekor bandeng hitam basah
2 Kg kroto putih segar

Cara membuat :

Jagung dan kelapa digiling halus. Ubi kuning dikukus lalu diparut. Keju diparut. Susu sapi dimasak diatas api kecil sambil terus diaduk hingga tinggal 6 sendok makan. Telur bebek ( 5 butir campur dan 3 kuningnya saja ) diaduk dengan mixer pada kecepatan tinggi. Jagung, kelapa, ubi, keju, susu sapi, dan mentega dicampurkan ke adonan telur sambil terus diaduk pada kecepatan tinggi. Umpan siap dipakai. Catatan : Jika akan dipakai mancing pada pagi hari, umpan harus dibuat malam hari dan harus sudah jadi tepat menjelang pagi.
Cara memakai : Kroto puith sebanyak 1/2 dikukus lalu dicampur pelet. Gunakan sebagai bom. Kroto dikukus dengan maksud agar bisa tenggelam. Seperti biasa, sebelum dipasang umpan harus dicampur lagi dengan kroto di bagian luarnya. Jika ikan mas di kolam ternyata menyukai umpan amis, selain kroto, adonan boleh dicampur lagi dengan daging bandeng yang sebelumnya telah dikukus dan dihaluskan. Daging bandeng bisa dicampur langsung ke adonan atau hanya dibagian luar.

top

RAMUAN UMPAN (10)

2 kg kroto beras
2 butir telur ayam
500 gram tepung ketan
Daun pandan

Cara membuat :

Rendam kroto dengan air panas, bersihkan hingga tersisa yang putihnya saja. Kocok telur, tambahkan tepung ketan, aduk dan ratakan tambahkan sedikit air agar adonan tidak liat (agak encer). Masukkan kroto sedikit demi sedikit, aduk secara perlahan agar kroto tidak terlalu hancur. Gunakan daun pisang untuk membungkus adonan tambahkan daun pandan agar menjadi wangi, jadikan beberapa bungkus kecil. Lalu dikukus dengan api kecil. Saat akan dipakai beri kroto segar, tak perlu diaduk, pulungan umpan cukup diguling-gulingkan saja pada kroto. Jika umpan terlalu lembek dapat ditambahkan pengeras.

top

RAMUAN UMPAN (11)

150 gram ubi jalar
100 gram singkong
2 tongkol jagung manis
50 gram keju
2 kuning telur ayam kampung
1,5 sendok makan gula
1,5 sendok garam halus
50 gram kacang tanah goreng
50 gram kacang mete goreng

Cara membuat :

Kukus ubi jalar, singkong, dan jagung manis sampai setengah matang. Parut keju kemudian aduk rata bersama kuning telur. Giling kacang tanah dan mete dengan blender, goreng sampai halus. Tambahkan ubi jalar, singkong, jagung yang telah dikukus, keju dicampur kuning telur, garam, dan gula. Blender sekali lagi hingga halus dan tercampur merata. Kukus adonan yang telah diblender diatas cetakan kue beralas daun pisang kurang lebih 30 menit. Campurkan kroto sewaktu akan digunakan.

dari : geocities.com/mancingikan

About these ads

440 thoughts on “11 RESEP RAMUAN KHUSUS UNTUK LOMBA MANCING IKAN MAS

  1. toooloooonnggg,,,doonk kasih aku resep untuk ikan lele,,!!! aku sering ikut lomba mancing ikan lele di kolam pancing,,,tapi umapan nya gk ada yang galak,,,tank,s

    • Buat Andy
      umpan lele pake udang sungai. caranya :
      udang dikupas terus dipotong jadi 2. diusahakan jangan dicuci biar baunya tetap amis.
      waktu dipasang di kail, sebelum dilemparkan udang dipencet agar keluar airnya.
      saya pernah coba cara itu untuk galatama lele selama 3 ronde ga ada matinya.

    • slama saya mancing lele umpan jitu lele yang saya pakai belut bakar tapi melakukan pembakarannya jangan terlalu lama daging belut nya bisa hancur,. ada lagi cicak di bakar prosesnya sama seperti belut. umpan cicak lebih mantab ketimbang belut kalau pake resep ini umpan lain lewat.

      • tlg lebih specific donk gimana cara bakar belut or cicak nya ? di bakar dulu baru dikuliti ato dikuliti dulu baru dibakar ato bahkan tanpa dikuliti ? tlg balas ke email ku ya tq

      • pke cicak dibakar bgus nya tuk mancing lele super…
        pke 2 mt pancing beri umapn yg satu cacing yg satu cicak bkr..
        cicak mrangsang bau nya………..
        sy uda sering kli kut lomba saya prnah mengakat ikan lele sebesar 5kg………
        umapn jitu………….

      • yup bnar mas mncing lele cukup pke cacing tpi sbelumnya swktu dlm toples atau botol cacing dberi mkan / cmpur dg irisan bawang merah smalaman disimpan esoknya bru dgunakan bwt umpan

    • 1. telur busuk
      2. tai ayam kering
      3. setengah gelas air hangat
      4. cacing daging segar

      Cara Membuatnya……….

      Pertama Campurkan Tai ayam kering dengan Setengah gelas air hangat….
      kedua……
      Campurkan adonan dengan telur busuk tersebut…….
      setelah jadi semua……..
      rendam cacing dengan adonan tersebut…..
      selesai……
      umpan siap untuk disajikan kepada Lele………
      Pasti jitu Loch

    • kalo mau tau peke belut bakar…!!!
      jgn terlalu geseng…!!!klo ga peke udang…!!!
      dah itu ajah pokonya ampuh… uat ikan lele..!

    • ni umpan yg ampuh buat lele

      5kg beras kirim ke fakir miskin
      satu keluarga mendapat 5kg
      setiap bulan
      lihat saja kamu akan rugi besar

    • untuk ikan lele,setau saya,umpan yg paling ampuh yaitu Jangkrik ukuran Tanggung,tapi kail nya hrs yg agak kecil,kira2 Nomer 8-9.Silahkan coba.

    • aq, dah mancing, galatama lele lumayan lama dah 5th, saranku kako mau dapet ikan rame dan terkadang ikan babon pakai unpan ulat hongkong dan ulat jerman,beli di toko burung, resepnya, :
      untuk sekali main 2 jam :
      3 ons ulat hongkong,
      1/2 ons ulat jerman
      10 butir minyak ikan
      4 butir telor bebek
      1,5 sendok pur burung

      campur semuanya, aduk hingga rata diamkan selama setengah jam.
      ulat jerman buat umpannya (potong ujung kepala dan ekor)
      ulat hongkong buat boom nya jangan pindah dari booman, dan yang penting sabar karna biasanya setengah jam baru ikan pada kumpul, main gantung aja, 10-15 cm dari dasar kolam, kalo total2 aja sih aku selalu masuk lah,,,,,,,,,,,,,selamat mencoba.
      atau mau coba pakai kebab, nanti deh aku kasih taunya cobadulu yang ini,,,,,,,,,,,,,,,

    • OK, KALAU MAU MENANG LOMBA MANCING LELE RESEPNYA GAMPANG:
      LELE TUH BIASANYA KALAU BARU DI LEPASIN DIA BIASANYA DIATAS AIR, KALU BISA STOPER ENTE AGAK TINGGI JANGAN SAMPE PUMBUL TERLALU DALEM, DIAMBANGIN BIAR PUMBULNYA JALAN, KECUALI LELE YANG LAMA KALAU BISA SAMPE KE DASAR.
      UMPANNYA CUMA KODOK CINA, DAGINGNYA AJA.
      APALAGI PAKE BELUT DI KUKUS.
      SLAMAT MENCOBA SEMOGA SUKSES

    • kain lap kanebo dipotong kecil2(0.5x3cm) 3bj aja..ditancepin ke mata kail. masukin ke kuning telor bebek…gampang khan…’met mencoba…!

  2. dear andi,

    kalo mo langsung disambar tiap lempar kail saat mancing lele, harus pake umpan alami yaitu gangsir atau gaang (bhs Sunda).

    Makhluk mirip jangkrik (cuma suaranya rada tennor) penghuni tanah becek ini biasanya banyak di musim penghujan. Coba cari di tanah kebun atau pinggiran sawah saat habis hujan sore hari ikuti tanah bekas gangirannya, bila gak ketemu cari lubangnya kasih tembakau lalu siram air, pasti keluar.

    Yang lain tapi kurang tokcer, bisa pakai jangkrik biasa atau potongan daging bekicot. Selamat mencoba …

    • kalean moa kurang akurat.,..,..,.
      ikan lele tu bnatang yg sangat rakus,.,.,. mkanan pa ja mreka doyan.
      kesmpulanx kalean bsa streak slama ne cma bruntung.,., ha,.,…ha.,..,.,.ha
      bsa jg dbodoin orng xg mengadakn lomba tu,..,. coz ikan xg mao dbwt lomba tu iknx uda streassssssssss,,. jd dlm jangka wktu trtntu,.,.. ikn tu g mao mkan,,.

  3. Kawan-kawan mania pancing…. yang mau ikut mancing
    ke laut ayo hubungi aku 081804873029 yang penting gak takut ombak
    gak ..khan diteluk pengandaran ok …. atau mau dipinggir Nusakambangan
    sok pasti asyik. entar kita kumpulin temen-temen di cilacap.

    Tapi yang di cilacap jalannya minta ampun. naik gunung 3 km turun gunung 2 km ya…olahraga dulu. mancing no. 2 kadang dapat kadang tidak .

    salam semuanya

  4. dear andy

    Menurut pengalaman gue untuk umpan ikan lele gak terlalu rumit cukup dengan cacing merah aja, tapi sebelumnya, 1 hari sebelumnya atau malam hari besoknya mancing, cacing merah campur dengan kuning telor bebek ama ampas parutan kelapa, baru besoknya dipake umpan, Selamat Mencoba.

    Good luck

    • Umpan buat Ikan mas Cirata :

      1. Paikin Merah : 1 buah
      2. Telur Bebek : 5 Butir ambil Putih nya saja
      3. Ikan Cuek kembung : 2- 4 Ekor
      4. Susu daincow : 2 saset
      5. Promina pisang : 1 saset
      6. keroto : 1 – 2 Ons

      Cara pembuatan nya :

      Paikin ,telur, susu daincow , keroto dan ikan aduk rata sampai halus , terlebih dahulu ikan di bersihkan dari tulang dan pala nya di buang setelah di aduk rata sampai halus masukan kedalam plastik kilaoan tambahkan daun pandan agar wangi, kukus selama 15 menit. setelah di kukus campurkan promina aduk rata . tambahkan pengeras ( kinoy cristal ) bila terlalu lembek. Umpan siap di gunakan. selamat mencoba

    • bahan-bahannya:
      1. 1 sanset susu dencow bubuk
      2. santen kara
      3. 4 butir telor ayam/bebek (diambil putihnya)
      5. 1 ons kroto
      6. ikan pindang 2 ekor / ikan tuna kalengan deho
      7. daun pandan secukupnya
      caranya:
      1 sanset susu dencow, santen kara secukupnya, 4 butir telor diambil putihnya, kroto dan daun pandan 2 lembar bahan dijadikan satu dicampur lalu dikukus selama 15 menit. selanjutnya biarkan bahan tersebut dingin lalu campurkan ikan pindangnya/deho ikin tuna kalengan.
      selamat mencoba…goodluck

    • saya jg biasa mancing ikan mas subang/cirata, umpannya gampang2 aza, ada 2 macam umpan. 1. Pelet Cap Jempol dicampur Air Kemasan secukupnya,jgn terlalu encer. 2. Umpan yg umum: 1 bks Pelet Ikin+1 bks Pelet Jasun+Kuning telur bebek+Pewangi Katulampa+Kinoy+Deho+Kroto.
      Cara mencampur : 2 kuning telur bebek diaduk sampe rata dgn 0,5 kaleng Deho,lalu masukan Pelet Ikin dan Jasun,aduk sampe rata benar,lalu campurkan Pewangi Katulampa+Kinoy secukupnya,jgn terlalu encer.Kroto 0,5 ons diseduh air panas,lalu masukan ke campuran tadi sampe rata,setelah itu adonan tsb dikukus selama 10 menit lalu Dinginkan,Siap pakai!

      Catatan: Untuk Ikan Mas Besar hrs Wangi.
      Untuk Ikan Mas tanggung/kcl hrs bau amis.

      pada saat angin kencang,Posisi Kail hrs didasar,dan cari tau dimana posisi ikan berdiam,biasanya dipinggiran.Pd saat angin kecil,boleh Kail 1/2 dasar krn ikan berkeliling,tdk diam dipinggir.
      Selamat mencoba.

      • saya biasa mancing ikan subang, cuma maen nya,, dri jam 1, smpe jam 4… klo resep nya sgtu mah ter lalu k’bnyakan…. pleace donk

  5. kawan-kawan. bapak-bapak dan rekan-rekan semua…….. yang dikawasan jakarta klo mau mancing ajak saya yyyyyyyyyyy

    apalagi bila butuh temen mancing bs menghubungi saya.

  6. Hai friend, siapa yg punya resep umpan ikan mas yg yahut bagi2 dong. Ramuannya sederhana tapi murah modalnya. Hasilnya jgn sampai mengecewakan dong.

    • Ada neh, Tpi agak sulit bikinya,,, 1.1bks Pa ikin warna biru, 2.2’ons kroto, 3.2Btir tlur bebek merahnya sja, 4.Telur tawon secukupnya, ini yg sulit di dapat hehehe aduk sja smua kukus 15-20 mnit,,,,, di jamin striek dlm wktu 5dtik…

  7. Untuk umpan mancing ikan mas cirata,cukup dgn pelet di campur dgn kinoy(ada di toko) dan sarden ikan tuna.Selamat mencoba

  8. Kayaknya umpan mancing yang ada di internet masih yang itu2 juga dan takarannya terlalu banyak untuk main sendiri… kalo itu takarannya sepertinya buat se erte… heheheheh
    kalo teman2 punya resep yg biasa di pakai dan memang jitu bisa kirim ke aku yach.

    timx

    • kalo buat sendiri apalagi galatama biasanya caddy gue cuma pake pak ikin, susu bubuk, keju dan kuning telur 3 btr, campur kroto. kukus, lumayan buat 2 session.

    • saya punya resep buat ikan mas :
      – stngah bungkus coan + ND / ikin /atang/ satu bungkus + 2 sendok teh deho + 2 buah telur puyuh ( kuningnya) = diaduk lalu pas mau main campur kroto 1 ons

    • pake 1.ubi madu
      2.keju scukupny
      3.1ons kroto
      4.2telor be2k kuningny saja
      5.pengeras kinoy susu
      smuany dicampur jadi satu lalu dikukus kecuali kinoy susuny wat pengeras
      slamat mencoba smoga sukses……

  9. mau tanya donk pada sobat2 pemanacing mania apa umpan yang bagus buat ikan gurami….????????…..makasih yaaa buat pemancing mania.

  10. Yang kami pernah alami kalo macing gurami di sungai (liar) paling cepat diburu pakai kecoa.

    Tapi kalo di kolam peliharaan tergantung kebiasaan dikasih pakan apa. Yang umum sih cacing atau ulat bambo (cangcilung).

    Cuma rahasianya mancing gurami perlu extra konsentrasi, nyangutnya hampir tak terasa. Senar agar selalu kencang di ujung jari agar setiap getaran langsung terasa, mak..josss

    selamat mengajar gurami !!!

  11. WTA yah bolehkan,boleh dong…hehehe,umpan ikan mas yg umum yg bisa di pake utk semua kolam dan lomba dan murah.mohon pencerahannya …terima kasih…

  12. gue demen banget nich mancing di muara/air payau, ikan favorit gue ikan belanak, sudah 3 tahun gue mancing tapi gak pernah tahu komposisi bahan umpannya, kalau tanya kepada pemancing lokal gak pernah dijawab jujur( hak paten kali . .he..he) adakah yang berbaik hati ama gue, kasih tau apa resep atau bahan yang dipakai? trim’s berat buat yang ngerespons tulisan ini.

    • kalo d tempatku umpan blanaknya yang guampang2 aja mas yaitu gandum merk cakra di campur ama minyak sawit asli(CPO) di jamin top cer. selamat mencoba

      • kalo mancing ikan belanak cukup pake udang empang/laut, kalo mancingnya cuma kira2 lima jam aja cukup deh beliin 50 rb dah cukup ko’. tapi harus pada saat bulan gelap dan air lg pasang. kalo masih gak dapat jga pake nih umpan paling jitu ” ikatkan geranat pake tali trus ceburkan di spot ikan” kmudian…..Boooooommmm…….pasti ikannya pada keluar Ha…Ha….Ha

  13. lam kenal buat pemancing mania..mau tanya donk umpan ikan mas dan gurame yang umum & bisa dipake buat smua kolam…mohon masukannya kirim ke email aku…thank berat…..

    • klo gurame yg liar sih kita biasa nya kangkung yg masih banyak daunnya d ikat, terus d apung kan d sasaran, klo dah bergerak2 kangkung nya baru taro pelan2 mata kail dengan umpan belalang yg kecil, tp jgn belalang yg lancip ijo itu, jg jgn yg item.

  14. Dijual umpan ikan mas siap pakai ;
    Bahan dasar : pelet,
    Bahan campuran : 1 butir telor asin ( merah ), kroto 1/2 ons.

    umpan super arusagita
    Hub : 08164666315 / (0265) 338112

  15. mancing di lampung yuk………………
    hai teman2 mancing mania, jika ingin coba mancing diluar kota di lampung ada 3 (tiga) lokasi mancing galatama
    1. telaga mas
    2. tabek indah,
    3. telaga nila kandi
    jaraknya dekat dengan ibukota bandar lampung hanya sekitar 5 km kalau ditempuh hanya memakan waktu 15 menit. ayo mancing di lampung…..
    jika perlu panduan bisa hub saya di 0811796010

  16. temen2 pemancing mania…..bagi donk resep umpan mancing ikanmas yang memakai paikin alias umpan putih yang jitu…
    thank’s

    • untuk mancing ikan mas kita kenal umpan putih resepnya rebus ikan mas sebreat 1/2 kiloan setelah matang pisahkan tulang dan kulitnya , ambil dagingnya campurkan kinoy buatan cianjur aduk rata dengan sendok. jadi deh menjadi umpan. salam dari kota bumi lampung utara tempatnya buah duren. kopi dan lada. ha ha ha ….main-main dong kesana.

    • gampang kok, 1 bks Ikin+1 bks Atang/Jasun campur rata dgn 2 kuning telur bebek mentah+1/2 kaleng Deho/Pacific+Katulampa+Kinoy seckpnya+Kroto 1/2 ons, aduk sampe rata lalu direbus 10 menit,lalu dinginkan,siap pakai.

      Catatan: Tergantung Cuaca/Angin, Air Empang yg bau/bersih,Kedalaman empang,Jenis Ikan Masnya,besar/Tanggung/Kcl.dll

      • Jgn lupa Krotonya diseduh dulu dgn air mendidih agar tdk bau asem setelah beberapa jam memancing.

  17. Hi…Gw btuh info neh…Klo ikan mas daerah cirata paling suka umpan jenis apa ya??
    Yg amis apa yg wangi??Cz tgl 7 des gw mw lomba…Tolong info’y ya,,,klo ada yg tau sms 085694883387

    • paikin yg biru 1bh tlr bebek 7bh susu denko 1saset kara 1saset keju kraf 1/4 kroto 3on ikan tuna deho 1kaleng semuanya di belender haya kroto yang di sedu dgn air panas setelah halus bru dicampur kroto lalu di kukus selama 30menit penggerasnya jempol pandan buktikan sendiri umpan ini

    • 2 sndok tepung ketan
      1 sndok tepung segi tiga biru
      2 telor bebek
      7 tetes essent coya
      5 tetes essen tenggiri
      1 bks kinoy susu
      2 onns kroto
      smuanyad di kukus 30 mnit…

      pasti top cer dwah……..

  18. upzzzz tmn2 tolong ksh bocoran dong, resep umpan mancing ikamn mas yang bagus apa ya! n g terlalu ribet.
    dan gampang d dapet bahannya. tolong banget ya buat temen2 sesama hobicoz ane sering pusing masalah umpan!!!!!!!!!!!!!
    tolong bantuannya kirim ke imel ane(wsholihin@yahoo.com)

    • lihat aja komentar2 saya ttg umpan ikan Mas yg Umum dan Murah,Biaya bikin umpan total sktr 20.000-25.000,-
      Pemakaian Jenis Plampung/kumbul tergantung besar/kclnya empang.
      Ukuran Kail umumnya antara Nomer 8 atau 9.
      Umpan jgn terlalu encer atau terlalu kental,sedang2 aja.
      Untuk Ikan Mas Besar(0,7 kg keatas) hrs wangi,Katulampanya dibanyakin.
      Untuk ikan Mas Tanggung/Kecil( <0.7 kg) hrs bau amis,Dehonya dibanyakin.
      Ulkuran Kenur/Senar sebaiknya 0,25 – 0,27 tapi yg jenis tipis,diseduh sebelum dipakai agar bisa nyelam ke air,tdk diatas air.
      Silahkan dicoba.

    • pake putaso aja wan, pasti tokcer, cukup itu aja jangan dicampur kinoy itupun kalo ke lembekan. dijamin tokcer , slamat mencoba

  19. Saya minta umpan ramuan ikan mas.katanya harus tau asal usul ikan itu dari mana,saya mita ramuan umpan ikan mas asal dari jati luhur.mohon untuk pejelasanya makasi.

    • gampang aja untuk mancing ikan gurame terutama ikannya diatas 2s/d5kilo pakai pisang raja saja yang mateng . salam dari kota bumi lampung utara. kotannya duren dan kopi ha ha ha.

  20. lamkenal pemancing mania,aku minta tolong resep umpan buat mancing ikan patin apa ya?soalnya org yg dpt gak pernah bg resep ramuannya ,thank,salam mancing mania(yohanes_njoto@yahoo.com)

    • resep untuk ikan patin, susu dencow 2 bungkus dan telur 2butir di kocok jadi satu, trs dikukus… dijamin langsung narik. umpan langsung pakai. karena dia langusng padet.

    • pake pisang rawa ( tuh pisang yg didalamnya ada biji biasanya ) biasa gak dijual hanya untk pakan burung, dikupas kulitnya potong pendek2 dirangkai di senar dekat kail kira2 sepanjang 25s/d 30 cm, buat spt sate tusuk, ( masukan umpan diloloskan lewat kailnya bikin penahan umpan dibawah kira2 dekat kail ) jadi kail posisinya paling bawah, ulurkan/hanyutkan umpan pake sponds bekas ganjal brg2 elektronik diiris dikit buat nyelipin senar..trus kalo kita anggap pas di spot yg diinginkan tarik senar dikit pasti terlepas dari sponds td trus dia tenggelam ke dasar. Pake pemberat yg besar biar gak hanyut, pasti tokcer ditempat gue bisa dapat patin sampe beratnya 35 kg ( Pake umpan diatas ) “” BORNEO FISHERMAN””

  21. saya pemancing ikan lele galatama,saya ingin ramuan umpan yang sangat handal sekali untuk berbagai macam asal usulnya. Karena saya kerap kalah dan di ejek teman-teman saya. Terima kasih

    • Belanak???
      Yang penting harus pas belanaknya pada dateng aja pa.. pas musim nya.. pae umpan apa aja sii bagus biasanya…
      [buat ikan mas aja sama]
      Pecuma kalou ikannya lagi ggug musim..

      hati hati aja pas nariknya.. Sifat mulut blanak kan rawan sobek.. jadi gampang laepas dari kail..
      buat siasatinnya..
      bisa pake kail kecil.. tapi direntein 5 – 8 buah…
      cara ngumpaninny gede gede aja..
      satu umpan buat semua rentetan kail tadi
      (sebesar bola goLf..)
      coba deh…

      + esen nagka.. Beuuuh Cucok pak///

    • sebelum saya berbagi resep mancing belanak,ada beberapa hal yang akan saya tanyakan;
      1 ,Loksi mancing anda utk mancing belanak di mana (laut,selat,atau muara)
      2. Bagaimana kondisi arus dan kedalaman air tempat anda mancing belanak
      3 berapa ukuran kenur yg biasa anda gunakan,juga model kail yang anda pakai

      karena ikan belanak adalah ikan rewel dan sulit di pancing ,maka segalanya,harus pas, yang jelas kalau mancing belanak,sy ngak pakai umpan macem2.tapi hasilnya lumayan ,rekor terbaik 50ekor/2 jam

    • buat mancing belanak ato patin gampang kok cari aja spotnya d muara ato dkt pemecah ombak..

      bhannya mudah

      tepung terigu, pop ice rasa coklat, telur secukupnya dicampur semuanya bis itu d kukus dah siap buat mancing belanak tuhh…d jamin tokcer dahhh
      gw pernah dpt belanak 20cm n patin 10cm….

  22. mpan juaro
    cofee moca 1 sm
    pasta santan 1 sm
    pasta nangka 1 sm
    essence strowbery1 cc
    tenggiri 4 cc
    choya 4 cc
    udang diva 1 cc
    almond 2 cc
    madu 1 sdk teh
    sagu 2 sm
    air secukupnya
    umpan d rebus 1/4 jam

    biasanya ikan yang makan rata2 d atas 3 kg
    umpan cocok d siang dan malam hari cocok d cibubur, TMII, dan pik
    selamat mencoba bung

    • mancyng blanak itu umpan nya pakai lumut di tambah pasta pandan .saya telah membuktikan dengan hasil yang memuaskan 1 jam dapat 3o ekor ini di lakukan pada sore hari , tapi harus di muara cari airnya yang tenang selamat mencoba dari kang hana orang menes yang punya toko famili pancing cimanying mns pdg

  23. Assalamualaikum…salam knal kawan.2..mancing mania yg ada di penjuru indonesia…saya bayu..saya juga hoby yg nm nya mancing…kalau lg libur kerja saya sempetin untuk memancing…

  24. takeran umpan di atas banyak amat.
    umpan takeran segitu si bwt mancing 10 org.

    ni gw ada sedikit ramuan bwt lomba mancing ikan mas untuk satu org pemancing :

    Umpan “Murmer I”
    1. telor ayam/bebek 4 butir ambil putihnya aja
    2. DEHO setengah aja sisanya buat campuran saat mau mancing
    3. MOMOGI rasa jagung bakar ( cemilan anak2 )
    4. Kroto 2 Ons
    5. Indomie Rasa SOTO 1-2 Bungkus
    6. Daun pandan 2 lembar

    Cara membuat :
    Telor putih dicampur DEHO sekalian dengan minyak nya setengah kaleng, daun pandan dan MOMOGI di blender hingga halus kemudian masukkan kroto semua dimasukkan ke dalam plastik kiloan kemudian di kukus.
    Indomie diblender digunakan untuk pengeras atau katulampa.
    NB : menang induk terberat di pemancingan cinangka, depok

    Umpan “Murmer II”
    1. kuningan telor ayam/bebek
    2. sisa DEHO setengahnya tadi
    3. daun pandan
    4. kroto 1 ons
    5. indomie di blender digunakan sebagai pengeras atau katulampa

    Cara membuat :
    semua bahan di blender sedangkan kroto dimasukan ke bahan tadi kemudian tuang ke dalam plastik kiloan setelah itu di kukus.
    NB : induk terberat d pemancingan kunciran indah, ciledug

    Umpan “Murmer III”
    1. ubi rebus sebesar kepalan tangan,
    2. DEHO 1 kaleng
    3. kroto 1 ons
    4. katulampa 1 bungkus

    Cara membuat :
    1. Deho di ambil dagingnya aja trus dialusin pakai sendok nasi besar/diblender
    2. Kemudian ubi yg telah direbus diparut lalu diaduk hingga rata ke deho yg sdh halus
    3. Setelah itu tambahkan katulampa buat pengeras, jika terlalu keras tambahkan minyak dari deho sedikit demi sedikit sampai tingkat kekerasan yg diinginkan
    4. Saat akan dipakai adonan diatas diaduk kembali dengan kroto (-/+ 1/2 ons) sisa kroto buat cocolan tambahan pd umpan
    NB : menang iduk treberat di pemancingan Darto pasar baru, tangerng

      • cara ngeramu umpan ikin;1butir telor asin’3butir telor puyuh’1iris ikan tongkol’sepotong kecil bawang goreng sumenep.

    • hd pisan eumpanna kang tadina rek eureun ngusep jadi kalah beuq maceh kanu ngusep teh gara2 eumpan Murmer 2 .
      eta eumpan ku abdi di angge di CIRATA, Dugi kenging induk lauk emas anu
      bobotna 5,2 kg.lauk nila 15kg,lauk emas 8,5kg….Hatur nuhun pisan khususna k kang GHEBE,oge k sadaya penggemar mancing.Lam kenal ti Rian urang BANDUENG.

    • kaloooooooooooooo aernya bertahun-tahun ga pernah dikuras gimana tuh ngakalin ikan masnya??????????????
      oy cara bikin essennnnnnnn yang bagussss gimana?????????????

    • bos klu ngakalin ikan mas aernya gak pernah di kuras gimana????????
      ane dah coba semua umpan tapi hasilnya paling banyak cuma 9 ekor,kurang puas sayaaaaaaaaaaaaaa
      trus cara bikin essen buat galatama gimana????????????????????

  25. Untuk pemancing mania gua ada resep jitu and seederhana yaitu pakan lele butiran dibender halus lalu di gongso atau di goreng tanpa minyak dengan sapai kecil dan tercium bau kas . ubi yang telah halus dicampur dengan pelet lele tadi dicampur dengan kroto .kemudian jadikan umpan dan siiiiip mau coba

  26. nih saya kasih resep umpan yang gampang. Kroto yang agak besar di cantol pada mata kail kira2 3 atau 4 ekor, nah baru tambah kan pelet ikan biasa

  27. mau ikut mancing tapi gak tau umpannya tapi disini saya jadi tau umpan ikan yang harus di pancing tanks lo… klo daerah jakarta timur mancing enaknya dimana yah untuk amatiran kaya saya neh …

  28. buat para mancing mania, ksh tw donk line yang paling bagus biar saat gentak gk putus..?? sdh byk merk line yang dibilang bagus tp putus terus, pdhl cuma ikan mas beratnya 1/2 – 1 kg. dan apakah ukuran line 0,20 – 0,25 sdh cukup standar untuk berat ikan sgtu??

  29. Aduh akang-akang para jawara galatama abi bade nyuhunkeun resep kanggo galatama lauk mas kumargi atos 6 kali maen abi di KO (di bagong) terus. Cing abi bde nyuhunkeun resepna.

    • kang pami hoyong kenging anggo umpan abdi. 1.1/2 bngkus pelet silem. 2.1/2 pelet apung. 3.deho. 4.5 buah minyak ikan. susu dancaw 2 sndok. 5.telor bebek 3 butir kuningnya aja. 6.air 2 sendok kalo bisa air impusan

  30. kalo buat lele mah ga usah kren2,cacing aja dah cukup…tergantung hokinya lapak,,,lapak yg oaling bagus di pojokan empang,swalnya gw dah sering coba paling sdikit dapet 15ekor

  31. Rekan-rekan “Ikanmania”
    saya punya ikan arwana super red, ukuran panjang 15 cm, 20-50 ekor/ bulan, harga Rp 2,5 jt/ekor. bagi rekan-rekan Ikanmania yang tertarik dapat mengubungi saya (haerudin) di 081382076929

  32. for haerudin, arwananya boleh beli minim berapa ?
    pengalaman mencing gurame besar (ukuran >2 kg )di perairan /sungai barito efektif menggunakan umpan pisang goreng yang dipotong sebesar dadu, 5-7 potong per mata kail dengan kedalaman umpan 1-1,5 m dibawah air.

  33. Hai…Lam kenal semua… aku Pandi, mo minta tolong sama rekan-rekan yg jawara mancing ikan mas, untuk kasih tahu umpan yg bahan-bahannya tidak
    ribet dan tanpa kroto tapi canggih apa yach… sebab aku gak mau ketergantungan sama kroto. tolong yach… please…

    best regard
    Pandi Azzahra

    • lam kenal juga tuk pandi… gw mo coba ksh resep tanpa kroto sapa tau bisa bantu…

      1. (Umpan amis) coba pake umpan merk super pelet trus kasih air panas, merah telor bebek 5 butir, 2 belut kukus, sarden botan kaleng ambil ikannya aja. aduk rata. kalo lembek tambain campuran kiki riri yang amis sama essen tenggiri 2 cc.

      2. ( Umpan wangi) Jagung muda 6 tongkol ditiriskan, essen jagung merk maguro 1 sendok teh, keju 1/2 korek api gas, telor bebek 3 butir, susu dancow full cream 1 sachet, ikan tuna 1/2 kaleng. semua bahan diblender trus dibagi 4 dlm plastik es 1/2 kg n ksh daun pandan secukupnya trus dikukus sampe matang. untuk campurannya bisa pake kalulampa or umpan tombro yg kuning ama biskuit tango vanila 1 bks …

      Selamat mencoba ya sapa tau beruntung…

    • umpan atang 1 bks deho 2 sdm kuning telurpuyuh 6 biji kinoy 1 sdt keju wiesmaan 1sdt kue klik 1 lbr, serbuk salmon jeos 1 bks

  34. aq mo nanya neh,,,,apa umpan bwt memancing ikan nila di waduk..???cz tiap memancing psti dpt ikannya 1-2kg_an…ya pgnnya dpt 5-10kg…..Ksh tips umpannya ya….

    • apa ada ikan Nila seberat 5-10 Kg? Setahu saya,cukup pake Lumut campur garam untuk Nila besar,untuk Nila Kcl cukup pake cacing.

    • Resef Mah Sama Aja Bos,Yang Penting Dilapak Kita Ada Ikannya Apa ngak.Dan Hari Itu ente Ada Rezekinya Ngak…………

  35. buat yabg hobi mancing ikan belanak coba pakei ramuan gandum diaduk pake pasta duren. pasto mak nyos , untuk ukuran 1 kilo 4-5 ekor pake pancing no 3-5. ok

  36. Para pemancing ikan mas… apabila mau mancing baca surat Quraise kemudian pakai umpan sagu sebgai berikut :
    1. Dawegan/kelapa muda 1 Butir
    2, Kara 2 Sendok
    3, Susu Denkow 2 Sendok
    4. tongkol 1 Ons
    5, Koroto 1,5 ons
    6, Sagu Obi 1 Ons

    caranya ;
    1 s/d 4 diblender sampai halus, kemudian setelah tercampur masukan koroto terus masukan ke plastik dan kukus selama 25 menit setelah itu dinginkan di kulkas tapi jangan di prizernya setelah dingin bawa ke pemancingan masukan sagu sampai bisa diumpankan kalau bisa tambahkan koroto segar cukup ditotolkan dan jangan lupa sebelum lemparan pertama berdoa dulu…….. Surat Qurais, ihlas 3 x……. selamat mencoba… klo berhasil tolong informsinya

  37. cobalah mancing / lomba di pemancingan CHIQO Teluknaga kp melayu Tangerang tiap kamis dan minggu suasana dan fasilitas ok bgt. aku tunggu

    • ap jnis ikan dsini bandeng y boz…? spti daerah Tanjung burung , Tangerang
      aQ suka dg tarikan bandeng aplgi klo bandengnya brat 2 kiloan atau 1 kilo kaetas dech…. asyiiiiik mancing mania…… YESSSSSZ

  38. Haloo… mancing mania dalam rangka ulang tahun pemancingan CHIQO kami dari CFC ( CHIQO FISHING CLUB ) Mengadakan turnamen mancing dgn uang pendaftaran sebesar Rp. 300.000 dgn hadiah utama satu unit motor mio dan banyak hadiah lainnya sampai 5 katagori. pendaftaran di tutup tgl 15 – 04 – 2009 turnamen dilaksanakan mulai tgl 19 -04-2009 info lanjut hub 081310848588 ( dedi)

  39. umpan lele yg pernah dpt juara: 1. lele kecil/ anakan lele 5 s/d 10 cm . 2.udang kali dikupas, ambil dagingnya + cacing sawah, kalo bs kepyur pake pelet biar ikan kumpul di depan lapak

  40. Temen2 aku ska mancing tp ngga tahu resep umpan yang jitu untuk ikan mas kalo temen2 ngga keberatan bagi saya resepnya ( umpan putih , umpan kuning ) thanks

  41. nih ane kasih resep umpan jitu dan sudah teruji di lomba lomba besar bahan2nya :
    1. tombro putih 1 dus
    2. telor bebek 6 btr
    3. susu dancow 2 sct
    4. kroto 2 ons ( krotonya jangan bau usahkan yang bagus )
    5. umpan pak ikin 1 bh

    caranya :
    semua bahan diblender setelah rata baru baru masukan kroto, lalu dikukus selama 1 jam ( jangan lebih jangan kurang dari 1 jam ) pasti buat lomba tidak ada tandingannya silahkan dicoba tidak akan menyesal ok. kalau mau bertukar pengalaman silakan email saya di wihokhok@yahoo.co.id saya tunggu buat para pemancing mania.

  42. mo,nanya pd rekan2 pemancing. di daerah bgr…skiranya ada yg mo menjual joran pancing dan rillnya yg scound..ato uda bosen pake lg tp kondisi msh 80 persen ok..mrk menengah ke atas..maguro extrem 165,180 ato yg merk lain…rillnya new libra 3000 ato simano 3500……untuk galatama boss

  43. Umpan untuk mancing ikan mas.
    pada umumnya para pemancing menggunakan umpan kuning, nah ketika ikan mas sedang tidak berminat menyantap umpan kuning tsb. boleh dicoba umpan pelet sbb:
    1 glas teh pelet apung yang kecil yang sedikit berwarna kehitaman.
    1 kaleng kecil botan saus tomat.

    cara mengolah :
    – pelet diseduh dengan air mendidih secukupnya.
    – botan buang kuahnya dan ikannya diseduh dengan air panas
    – buang tulang tengahnya
    – campurkan botan dan pelet yang sudah diseduh dan aduk hingga merata dan pulen

    umpan siap dipakai dan cukup untuk 1 hari (murah banget) dan sudah dicoba di berbagai type kolam

    selamat mencoba.

  44. umpan ikan mas sederhana….
    1. telor bebek 4 butir
    2. aci ( tepung singkong ) 1 sendok makan
    3. susu bubuk 1 sachet
    4. kroto 1/2 ons
    5. kinoy (bentuknya bubuk seperti tepung warna putih banyak di toko pancing) 4 buah
    cara membuatnya :
    aci + susu campur air secukupnya(kental) + telor ambil kuningnya + aduk kemudian kroto masukan aduk hingga rata lalu di “seupan” kurang lebih 30 menit.
    cara memakainya :
    racikan yang sudah mateng campur dengan kinoy di oplos di kolam
    Catatan : saya memakai umpan tersebut sudah 5 tahunan dan tak pernah kalah
    selamat mencoba_____ edi.gepeng@yahoo.co.id

    • smua coment gw akuin bagus.
      cumen pada kaga jelas se jelas na.
      kaya kinoy kan ada 2 macam.
      nah yg di pakai yg kinoy susu ato kinoy crystal.

  45. Untuk ikan patin dan ikan bawal cukup pake 5 bgks roti rasa keju harga rp 1.000 trus diseduh air panas secukupnya. Aduk hingga pulen. 
Sabtu kmrn gw strike 4 ikan patin dan 8 ikan bawal. 
Selamat mencoba, thanks.

  46. sobat tolong saya minta resep ikan mas majalaya yang bagus mengingat umpan yang saya pake selalu nihil

    • resep ikan mas majalaya sebenarnya gak begitu beda jauh sama ikan mas pada umumnya

      ikan salm ambil dagingnya aja + kelapa parut 1/4 ukuran sedang + susu dancow 3 sdk makan + putih telur 6 btr semua di blender jadi satu setelah halus tabur kroto beras aduk dengan sendok sampai rata + kukus tapi jangan sampai masuk air,
      untuk pengeras bisa pakai indomie yang di blender
      selamat mencoba

  47. Saya tertarik untuk membudidayakan ikan gurame, nilem dan ikan mas. Saya juga mengelola kolam pancing berukuran 10 x 15 m yang sudah berjalan 2 thn. dengan omzet sekitar 800 kg – 1000 kg perbulan, yang tertarik dan mau kerja sama ditunggu

  48. Hi,lam knl
    Aq mo minta resep umpan ikan mas,tipe kolam air tenang ga ad blower,air warna hijau pekat.Thanks

    • ok man neh gue dedi raja pancing tanggerang ni ramuan ny 1.umpan amis toples merk omay 2. sarden empres bulet tuna 1 kaleng 3.telur bebek 3 butir ambl kuning ny aj 4.kroto secukup nya lu rasain thu racikan kalo puas untk racikan lain add gue 021 94488400 or 02198944400 ok man?

  49. Saya adalah pemancing pemula, dan selama ini saya hanya menggunakan umpan resep dari kawan saya yaitu umpan kuning memang sih selama saya menggunakan umapn tersebut pulang tidak pernah kosong dalam membawa hasil namun saya belum pernah mendapatkan Super, saat ini saya mau mencoba dengan umpan putih, cari tau dong caranya tapi yang harganya terjankau karena yang saya baca di atas harganya bukan main dan itu kayanya bukan untuk sendiri…terimakasih sebelumnya

  50. Salam kenal buat para mancing mania dimana saja berada, saat ini saya lagi suka mancing ikan pelak (kakap putih) di muara / tambak2 bandeng, biasanya mancingnya pada malam hari dengan umpan udang hidup pokok lebih asyik deh : tidak kepanasan, dan udara pantai/muara sangat segar sepoi-sepoi basah gitu dech, Rekan2 nanti kita bisa sharr lebih banyak ya, terima kasih.

  51. hi,slm kenal
    aq mo nanya apakah ubi jalar manis sama nasi bisa di campur
    dgn bhn lain utk mancing ikan mas?
    soalx kita di papua khususx di wamena biasax mancing ikan
    mas pake ubi jalar ma nasi di tumbuk mpe halus

    • Beberapa resep dari 11 resep di atas pernah ane coba. Hasilnya ? Ga signifikan (kalo ga mau dibilang sama aja, sorry ya buat para pencipta resep dimaksud). Trus kalo menurut ane, pelet-pelet plastikan yang ada di pasaran juga udah cukup lengkap kandungannya. ‘N pada prinsipnya, kalo ikan udah ketemu umpan, asal tu umpan ga jelek-2 amat, tu ikan pasti makan. Terlepas dari itu, ane punya Tips Mancing Ikan Mas yang moga-2 bermanfaat : 1) Kalo tebaran ikan sedikit, pake 1 kail, ini gunanya untuk menghindari kejenuhan air yg bisa mengurangi kadar oksigen di lapak kita. 2) Lempar umpan fokus ke 1 titik dgn radius maks 20 cm (usahakan ke tempat yang kira-2 ada ikannya, liat perepesan atw gelombang air), tunggu sebentar, lalu goyang umpan 2-3 ketrik, atw tarik umpan kira-kira 1-3 cm, kalo dalam 5-7 menit ga ada yg makan, ganti umpan n lempar lagi umpan baru ke tempat yg sama, lakukan berulang (jangan terpengaruh sama tetangga yg udah narik ikan), ini gunanya buat menciptakan aroma hingga menarik ikan ke lapak kita. Kalo dalam 30 menit ikan ga ada yg makan, coba cari tempat lain, lakukan hal yang sama, kalo ga dapat juga, balik lagi ke tempat pertama, kalo ga ada juga, berarti ente harus belajar dulu tentang ciri-2 tempat ikan. 3) Siang hari bentEt ikan cenderung ga makan ?! Betul, itu karena kita cenderung melempar umpan ke tempat yg lebih dalam. Sebetulnya kalo siang hari, ikan justru nyari tempat yg agak cetek buat ngedapetin oksigen, maka turunkan stopper pelampung n lempar umpan ke tempat yg agak cetek atw minggir, apalagi kalo ngincer ikan super, ane bbrp kali narik ikan super ga pernah ada yg ane dapet dr tengah, semuanya agak minggir, itu karena kebutuhan oksigen ikan super memang lebih banyak. 4) Kalo mau mendekati pelampung orang lain yang terus-2an narik ikan, pastikan umpan kita aromanya sama dgn umpan orang tsb atau paling tidak sama bagus. Kalo nggak, umpan kita ga bakal dilirik ikan. 5) Mancing selagi hujan, ganti pelampung yg lebih ngapung supaya umpan bisa agak digantung, ini karena saat hujan rata-rata ikan senang main setengah air. Tapi kalo hujannya disertai angin, mendingan jangan krn pelampung kita bisa mampir ke tempat tetangga, kecuali kita bisa nyempetin ngerubah posisi timah berada di bawah umpan. Saat hujan berhenti, ganti pelampung dgn pelampung biasa. 6) Jangan tinggalkan shalat, kan paling-2 cuma 15 menit dzuhur ‘n 15 menit ashar, biar sekalian rehat mata supaya lebih fresh setelah kena air wudhlu. Kalo soal umpan, ane pake Pelet Jitu yg buatan Cisaat 3 bungkus (@ Rp 1.500) + 2 kuning telor bebek tawar/asin (@ Rp 2.000,-) + 1 kaleng tuna Deho (Rp 12.000,-). Sederhana ‘n murah kan ?! Kuning telur digerus ‘n diseduh air panas secukupnya, dikocok rata. Deho juga digerus sampe lumat. Masukkan Pelet Jitu ke adukan kuning telur sambil digerus. Masukkan Deho yg udah lumat trus aduk sampe rata. Campuran air harus pas, kira-kira setengah gelas, karena umpan Pelet Jitu ini cenderung ambrol kalo campuran airnya ga pas. Kroto ane pake kalo terpaksa, misal kalo ikannya kecil-2 (1 kilo 3-4 ekor, ini mutlak harus pake kroto), karena ane biasanya mancing ikan buat dipiara di empang sebelah rumah, kalo pake kroto, biasanya ikan pada ga tahan lama. Pelet Jitu Cisaat bisa diganti Umpan Siap Pakai formula jagung+ubi, untuk kondisi empang berlumut. By the way, setiap orang punya cara dan pengalaman masing-masing dalam hal memancing, apalagi, dapat sedikit atw banyak yang ngasih kan bukan yang punya empang atw panitia lomba, ini bener-2 tergantung rezeki dari Allah Subhanahu wa Ta’ala, tul ga ? Hehe. Selamat mencoba !

  52. Hi… for all gold fish fisher, help me, I confuse how to make special formula for gold fish, every on event gold fish I never win. I want to be winner on fishing gold tournament please tell me soon. tank you.!

    regards

    Agan Surya

  53. mancing ikan mas jgn terlalu dibuat kasar tali harus kecil, tali kail pakai yg lebih halus tanpa pakai peniti (kili – kili). jadi kail dibuat langsung terikat langsung kepada tali pancingan bila perlu pakai pelampung yg busa / kecil sehingga makan ikan terlihat lebih galak…..

  54. SALAM KENAL…OM/BANG/PAK/BRO/APA AJ DEH….
    tolong dong info2x tuk umpan ikan patin. yang tokcer n’ mantap
    thankz…….

    Brgds
    KK69

  55. aduuuh itu yg pake bahasa inggris kok englishnya (ala indonesia bgt) standart nasional ya hehehe..

    bos2 sekalian saya mau mengajukan beberapa pertanyaan nih :

    1. beli dimana ya DEHO kalengan
    2. yg dimaksud butter weijmans itu, berupa roombutter seperti mentega putih bukan ya..?
    3. trus satu lagi “katulampa” itu sama ga fungsinya sama “pengeras kinoy”

    terima kasih sebelumnya bos2 sekalian

    • maaf nih biar di bilang gaul kali ya tu orang hehehehe

      1.deho biasanya di tempat yang jual alat pancing ada
      2. room butter itu lain sama mentega putih
      room butter itu pengembang roti (ragi roti) di pasar biasanya ada (toko kelontong)
      3. ya bisa di katakan sama (sama-sama pengeras)

  56. Salam Kenal utk seluruh mancing Mania,, dimana saja berada dan saya yakin memancing adalah Hobby yg sulit dihilangkan…saya posisi di Tangerang dan Memancing adalah Hobby saya,,,kepada rekan2 yg puinya resep umpan Jitu utk Ikan Mas,,,tolong dong bagi2 saya,,,dan Email Ke Sutardidedi@ymail.com kami tunggu lohhhh,,maksaih ya

    salam hangat
    Dedi S
    Tangerang/ ASGAR

  57. “TELAH TERUJI DI PAMANCINGAN TELAGA MAS”
    By, kedi TLGA EMAS ALAM”
    umpan ikan 7.0 kg
    essen choya 1/5 cc
    essen jagung manis 1cc
    essen udang 1cc
    essen vanili oil 1.5cc
    pasta vanili 1sndok teh
    pasta santan 1sendok teh.

    air stau glas jamu
    sagu 3 sndok makan

    “slamat mncoba”

  58. RESEP UMPAN PEMANCINGAN TELAGA MAS

    BY; AGUS SALIM KEDY TELAGA MAS B.LAMPUNG

    CHOYA 15 TETES
    TENGGIRI 8 TETES
    VANILI OIL 0,5 CC
    ALMON 0,5 CC
    COFFEE NOIR 1 CC
    PASTA COFFE MOCCA 2 SENDOK
    SAGU 2 SENDOK MAKAN
    AIR SECUKUPNYA

  59. Saya minta tolong kalo essen,pasta,diva n brakley yg cocok di pakai di galatama air mati atau air payau….. Seblum n sesudahnya terima kasih….

  60. salam mancing mania, sy suka mancing ikan bandeng, gurami, ikan mas, nila dan patin. semua ikan pernah sy angkat dengan sukses, cuma satu ikan yang membuat sy penasaran, ikan patin, sy pernah mancing 1 hari dikolam pantin ndak ngangkat ikan, mungkin pengalaman mancing yang paling pahit buat saya, tolong kasih sy umpan patin yang paling joos, sebelumnya trims buat resep umpannya, soalnya di tempat tinggal sy sering ngadain lomba mancing ikan patin, infonya ditunggu,trims

  61. umpan ikan mas yang sedrhana… 3 bngkus kinoy kristal yg besar, ikan nila sebesar telapak tangan, pindang tongkol setengah jempol ( yg putih bersih ), 1 telor bebek kuningnya sj, essen pandan 2 tetes, santan 1/4 gelas…
    cara buatnya, ikan nila dibakar dan ambil dagingnya, pindang tongkol cuci pk air panas, kuning telor dan aduk smpai rata ditambah 2 tetes essen pandan, rebus air perasan kelapa ( santan ) sampai mendidih dan tuangkan ke kinoy lalu aduk sampai rata dan campurkan dg ikan nila plus tongkol tadi, setelah tercampur bungkus pk daun pisan lalu kukus kira2 1/2 jam… slamt mencoba..

  62. bagi umpan dong boz………..

    bt mancing galatama…..

    smu8a umpan yang d atas dach koe coba tapi kaga ad hasilx,,,,,,,,,,??????????

    ad umpan yang lebih oc kach,……????????

  63. seru nih…. ikutan ah
    sy jg pemancing kolam pemula baru 3 tahunan
    sy punya resep rada manjur tp murah…
    1/2 bungkus atang
    1 bngkus coan putih
    2 telur bebek kuningnya aja
    1/2 ons tongkol (putihnya aja)
    1 sdm tepung aci
    1 sdm keju
    1 ons kroto
    bahan-bahan di atas selain kroto di aduk sampai halus
    kroto direndam air panas dan dibersihkan
    campur dengan adonan
    masukan plastik
    dikukus 1/2 jam
    umpan siap tempur
    di lokasi siapkan kroto dan deho… untuk tambahan
    skrng umpan siap tempur…..
    setiap mancing sy nggak pernah sampai di KO
    selamat mencoba….

  64. Resep murah mancing ikan mas harian :
    1. umpan jadi “bondon” 1/2bks
    2. umpan jadi “idola” 1 bks
    3. pindang tongkol 1 kerat
    4. kinoy secukupnya
    5. kroto 1/2 ons.
    6. kara 1 bks
    Cara buatnya :
    Haluskan pindang tongkol dan aduk hingga merata dgn no 1 & 2. kemudian tambahkan kara secukupnya dan kinoy sbg pengerasnya. kroto rendam air panas kemudian saring dan tambahkan ke adonan tadi aduk hingga rata.
    Setelah selesai masukan ke kantong plastik atau bungkus sama daun pisang kemudian kukus kl 10mnt.
    Selamat mencoba. Bismillahi tawaqaltu lahaulla walla quata…………..

    • pa Haji Dadang, dicoba umpanna..
      di wilayah Cileunyi.. umpan garut yg top pisan euy…
      saya mah kagak muluk2 pa haji… kemampuanku seminggu sekali, itu juga 1 kilo dari pagi ampe sore…
      mudah2 mudahan mujarab umpanna. klo kalah.. wah sy pasti minta lagi ke pa haji yg tock cear…

      Salam
      Imam

  65. Mau umpan yang murah dan sederhana buat ikan mas
    untuk empang yang ada di wilayah Jakarta selatan …nih resepnya..
    buat empang harian ..
    1.Kroto 1 Ons yang bagus gak bau asem
    2.telur bebek 3 butir
    3.Katu Lampa atau Kinoy kotak
    4.Paikin
    5.Tuna Kaleng Deho atau pindang salem yang dihaluskan
    6. Susu
    7 Keju/Butter Wisman sedikit aja asal sarat doang
    8.Daun Pandan/daun salam sedikit aja asal sarat doang
    telur di kocok hingga mengembang.campurkan 1/4 kaleng tuna deho,salem yang udah dialuskan,tuangkan katu lampa atau kinoy kotak aduk trus, campurkan 1/2 bungkus Paikin atau ubi rebus yang sudah halus,masukan susu, keju,atau butter wisman aduk terus hingga rata sekali, masukan kroto yang sudah bersih dan tidak bau .. aduk hingga rata masukan dalam plastik bening 1 kiloan jangan lupa daun pandan,salam sedikit, kukus 17,5 menit …kalao sudah matang ketika mau dipakai harus ditambahkan tuna kaleng yang sudah dihaluskan, jumlahnya disesuaikan dengan umpan yang akan diaduk.. ditambah kroto tutul yang tidak bau …… silakan dicoba … dijamin ngegentak trus .. ampe ketek pada pegel…..

  66. Haryono,Cikampek,

    untuk temen2 daerah karawang,bekasi,purwakarta,terutama rekan2 di DUNLOP & HINO.Kalau masalah umpan ikan mas gak usah pusing atau tinggal buka di haryonon44@gmail.co.id.atau mau tukar pengalaman ayo kita siap.sebenernya mancing gak susah tinggal kepekaan, logika,setiap kita mancing.yang jelas jam terbang makin tinggi kan semakin mateng lho kemampuan mancing kita.semakin sering gak dapat akan semakin berfikir dan cari jalan keluar dari masalah. setiap pemancing pasti pernah gak dapat alias gagal tapi semakin sering akan semakin mateng kok.

  67. Bagi yang benar-benar mau membantu aku tolong dong apa sih umpan ikan mas yang hebat alias bagus? Buat yang rela membantu saya, aku ucapkan terimakasih.

  68. umpan mas super jitu:
    – 2 buah ubi putih
    – 1 klng tuna deho
    – 2 ons kroto
    – 3 butir kuning telur bebek
    – 1 bngkus chiki snak rasa keju
    – paikin

    cara membuat:
    parut ubi mentah sampai halus, seduh keroto dengan air panas, campurkan parutan ubi tadi dengan kroto & daging tuna lalu kukus.
    setelah campuran tadi matang aduk dengan tambakan 3 butir kuning telur dan chiki snack yang telah di hancurkan. bila umpan terlalu lembek tambahkan paikin secukupnya.

    Dijamin …!!! umpan resep saya ini tidak akan ampuh dunia maupun akherat…

    • As….mualaikum……wb..wb!
      Kalaw Masalah Umpan Ikan Mas Meningan Pake Resep Sayah Aja Lebih Gampang Bikin Nya Bahan nya
      1.ubi putih
      2.telor bebek.
      1.bks paikin
      1.bks katulampa
      1.kaleng DEHO
      2.ons kroto

  69. selain milik umpan juga sangat berpengaruh kan kan kan

    aku ada resep buat ikan mas kiloan

    bahan:
    1. 1 bungkus indomie di blender lalu di sangrai (digoreng tanpa minyak) jangan sampai gosong, cukup sampai warnanya berubah.
    2. 1 bungkus katulampa
    3. 2 sachet susu denkow
    4. 5 lembar biskuit krispi
    5. 1 bungkus kara powder

    no.1 – no.4 di satukan dalam pelastik di kocok sampai menyatu.

    cara membuat umpan:

    ambil bahan 2 sendok makan, kara powder 1 sendok makan lalu di satukan.
    untuk amis nya saya selalu memakai ikan nila, tapi bisa juga deho

    ikan nila sebesar 3 jari dikukus lalu di haluskan (kalau pakai deho cukup 1 sendok makan dan di haluskan), tambahkan air 4-5 sendok air panas, masukkan bahan yg sudah di takar lalu aduk hingga benar² menyatu lalu masukkan kroto 1/2 – 1 ons aduk sampai rata…masukkan adonan yg sudah diaduk tadi kedalam pelastik anti panas..lalu kukus 10 menit (setiap 5 menit balikkan)..di lokasi sebelum dibapai jangan lupa bismillah….selamat mencoba.

  70. ehm…sbelum na lam knal,,

    w mw tau dunk resep umpan tanpa kroto,belut,ikan,nasi…dll
    karna di tmpat pmancingan w biasa na make oplosan,essen,pelet,sagu…

  71. Untk mancing ikan mas di dataran tinggi (saya tinggal di ketinggian 1.800 – 2.000 dpl (pegunungan) , umpan apa yang cocok, tolong dong infonya

    • belut dibakar jangan terlalu lama, ditambah essen belut dan kuning telur bebek, masukkan kedalam plastik ukuran 1/4 kg lalu diikat karet siap pakai, selamat mencoba

    • salam kenal kepada semua mania. umpan pancing untuk ikan lele. 1.kepala ayam 1kg. tambah kinoy 2 bungkus kecil ,gajih domba 1 ons. cara membuattny kepala ayam dikukus sampai matang terus ditumbuk sampai halus bagian tulang yang keras dibuang, gajih domba yang 1ons sebelumnya dipermentasi dulu selama satu minggu, kemudian campurkan pada adonan tadi campur dengan kinoy secukupnya . sekarang sudah siap untuk mencoba.

  72. Halo Salam kenal.,.,.,.,,mau tau dung resep umpan ikan mas,,yg pake essen,,,dan sekalian takarannya untuk air yg arus deras..dll….trim”

  73. Hallo salam kenal aja, betul juga yang dikatakan MANGALECX, tentang jenis umpan dan keadaan kolam….. cuma saya kebingungan bagaimana mengetahuhi kadar air yang ada pada empang, karena lain kadar air lain pula tingkat keingan ikan untuk makan… seperti air yang sudah berwarna hijau tentu umpannya harus lebih wangi (menurut sepengetahuan saya) untuk “memanggil” ikan untuk melahap umpan kita…. cuma tolong bantu saya untuk jenis-jenis umpan dengan kadar air yang berbeda (musim hujan, panas atau pun mendung). Kemudian bagaiamana mensiasati umpan supaya tidak diganggu ikan nila….padahal kita mancing ikan mas…gimana ya…..

  74. salam kenal ya…. klo saya mancing sih bukan hoby…. tapi kadang-kadang suka ingin ngerasain nyentak ikan sendiri, biar ga penasaran dan maksih ya buat ramuan-ramuannya….. saya akan coba !!!

  75. umpan jitu buat tombro :
    3 tongkol jagung muda
    2 ons kroto segar
    2 butir telur bebek ambil kuningnya
    1 sendok makan whiskas tuna (makanan kucing)
    1 ekor belut rebus ambil daging punggung
    Butter wysman secukupnya
    keju kraft secukupnya
    essen pandan 1 tts
    semua bahan di blender kecuali kroto, setelah halus campur kroto dan kukus,
    umpan siap digunakan. umpan ini pernah 3 kali juara satu di 3 kolam berbeda di surabaya

  76. aku adalah anak dari seorang penjual umpan resep ikan mas di daerah kota Medan. “WAK DOEL” begitulah sehari” para pemancing memanggil ayah ku. bukan sombong, tapi di daerah medan kec. medan Tuntungan sapa yg tidak mengenal wak DOEL. mau tau jitunya resep ayah ku ? datang ke medan nya. ato hub. 085262411774 tuk bisa berbincang dengan ayah ku. dan aku sendiri adalah anak sulungnya yg selalu membantunya.
    no day for to fishing

  77. umpan buat ikan mas cirata.
    atang 1 bks
    telur ikan mas 2 ons
    kuning telur bebek 2
    ubi manis cilembu 1 butik
    kroto 1 ons

    cara bikin semua bahan di campur jadi satu di blender,lalu kukus selama 25 menit dan di kaseh daun pandan 2 helai.
    selamat mencoba n comen t nya

  78. Assalamualaikum Wr Wb

    Waaaah, resep umpanya aneh aneh, kok saya jadi bingung ya? Secara logika, apa keadaan air suatu area, misalnya kadar mineral, kadar garam…dst, serta suhu dan tekanan udara disuatu area tidak mempengaruhi jenis umpan? Apa benar, jenis umpan yang di berikan ke ikan asal Cirata dan Jatiluhur misalnya, tidak berbeda dengan ikan Subang dan ikan dari Garut atau dari Majalaya? Ada yang bisa beri ilmu buat saya?

    Tks

    Ibu Diah

    • yth ibu Dyah,secara umum umpan ikan mas dari daerah manapun sama aja.Klo soal Cuaca yg mempengaruhi Tekanan air,dll itu memang berpengaruh pada mau mkn atau tdk mau mkn nya ikan terhadap umpan.Tapi klo pada 1 empang ada banyak ikan Mas nya,pasti ikan nya mau mkn umpan.

  79. saya kalomancing ikan mas sering di jong/bagong aja sih apa dong resepnya padahal sering mencoba setiap resep dari internet dan temen tolong dong gimana ini supaya dapet ikan yang banyak.
    trimakasih
    salam

  80. tolong saya dikasih tau umpan yang bagus untuk ikan bawal yang sudah susah dipancing, karena ikanya diam saja dipinggir-pinggir kolam alias njampeng.

  81. saya paling hobby mancing bawal harian,terusterang emang sayaini pemula baru 2 th,setiap kali mancing makx bawaikan 3 ekor tolong dong ad yg tau umpan jitu bawal ga, trims adi

  82. ga da lg ya resep yg lbh jitu
    selain resep umpan mas yg ad d’atas.,.,.
    kayanya saya sudah pakai semua resepnya.,.,
    tp sayang bnyak klemahaannya..,.,
    tolong info umpan yg lbh jitu tp harga murah dunk.,.,ttnks

  83. Teman mania galatama salam kenal, mau tanya berbagi resep dong bagusnya pake essen apa? terutama di kolam air keruh mak kasih kalo ada yang mau kasih info

  84. UMpan Jitu:
    1.pelet jitu 1bks
    2.samsu 1/2 bks
    3.telur rebus 3 btr
    4.belut/tongkol cuek
    5.wismen 2 sdk mkn
    6.keju 1 batang
    7.keroto 1ons
    cara membuat :belut/cuek di kukus,lalau di aduk rata,+telur,+pelet jitu,+wismen,+keju+samsu+keroto 1/20ns..all:semua di aduk menjadi satu sampai merata.sisa keroto buat cocolan waktu umpan jadi..
    SELAMAT MENCOBA..!!!

  85. pemancingan hankam jl.resmi belakang pom bensin joglo
    lomba tgl 17 januari 2010 {38 lapak}
    tiket 1.000.000 {2 joran}
    hadiah: 1 Rp. 10.000.000
    2 Rp. 6.000.000
    3 Rp. 4.000.000
    4 Rp. 2.000.000
    5 Rp. 1.000.000
    ikan ramae 7 kwintal
    ikan super 80 kg
    ikan pita 50 ekor @Rp 20.000
    hubungi: 08176825259/02197656517 {eko}
    lomba dibuka jam 09.00 s/d 16.00 wib
    dilarang ngebom

  86. Mancing selalu terkesan mahal, tapi untuk hobbist gak ada kata mahal. Ma murah coba deh umpan ini : 1 bks paikin, 2 ons udang segar, 4 tetes betadine, kinoy untuk pengeras.
    Cara meramu gampang : Paikin dikukus 20 menit, udang dibersihkan cuma dagingnya aja lalu diblender (pake sedikit air angat), lalu paikin dan udang tadi + betadin di aduk jadi satu. Tambahkan kinoy secukupnya sampai umpan jadi ideal. Umpan ini dapat dipakai berbagai kondisi air yang agak keruh. Selamat mencoba.

  87. bwt pra mancing mania nih gwe ada umpan baguss !!!
    1.1 buah sukun
    2. pindang cerangka
    3.pelet 1 bungkus
    4.3 buah ikan mujair
    5.kroto 2 ons

    bahan di aduk sampai rata atau di blender setelah itu kukus selama 10 jam.
    setelah itu berikan pelet cacing ,,,,,,,,,,, aduk dengan kroto beras 5 Kg.
    selamat mencoba bissmillah !!!
    clom giriwil DEDE akh !!!!!!!!

    • wa………….w hade pisan kuring mah beuneur geus yobaaan. kuat cangkeul kelek uey. can ge empan nepi kana caik laukna langsung nyamber. bak layak ikan terbang hee…………

    • salam kenal pa dede , umpan lele yang sederhana . pertama kita mencari gajih domba dulu 1ons atau lebih. itu gaji domba dipermentasi dulu satu minggu atau lebih shingga bau dombanya berupah ke asaman. kalau sudah siap gaji dombanya ,sediakan kepala ayam nagri 1 kg. kinoy 1 bungkus yang besar yang warna hijau. cara membuatnya kepala ayam direbus dulu sampai matang lalu buang tilang yang kerasnya tumbuk sampai halus,campurkan kinoy secukupnya,masukan gaji domba yang telah dipermentasi itu. siap lah umpan itu selamat mencoba klau saya sih sering dapat induk.selamat mencoba.

  88. salam paghi…maaf ada yang bisa kasih tau racikan esen?…di kolam yang biasa saya mancing.airnya g jalan.warnanya ijo kotor gtu.biasanya para pemancingnya memakai esen racikan sendiri(oplosan)tapi wanginya wangi alpuket amis gtu.da yang tau g esnt pa aza yang di pake + takeranya sgimana.makaci

  89. salam knal….maaf pada master2 mancing.saya moe minta resep buat racikan esen oplosan.saya biasa mancing di kolam yang aernya ga jalan.aernya udah ijo kotor gtu..biasanya para pemancingnya pakai esen oplosan buatan sendiri..tapi baunya kaya bau alpuket amis gtu……tolong dong minta esen apa aza cii yang bagus buat di jadiin esen oplosan+takeran takeranya sgmana2….saya tunggu banget infonya..trima kasih buat para master mancing….

  90. gmana para master ada g racikan esen buat esen oplosan.bagusnya pake esen apa aja+takeranya sgmana2nya…buat di aer yang aernya g jlan warna ijo kotor gtu…..mohon informasinya dong…makasi

  91. haloo tmn2 smua lam knl…
    sy mu tnya resep umpan untk mncng di waduk/telaga….?
    apakah sma resep diatas co2k untk mncing di waduk/telaga…?
    tlong penjelasannya…..trm…

  92. ada kah yang tau racikan esen buat esen oplosan buat mancing di aer yang g jalan.warna aernya ijo kotor gtu….biasanya para pemancingnya pake esen oplosan yg wanginya alpuket amis (anyir)gtu….minta resepnya dong esen apa aza yang di pake+takeran2nya.buat jadi esen oplosan..makasih

  93. Aq pemancing yang sering ikut lomba,tapi sekarang pemancing gak ada yang pakai jagung maupun ubi,karena pemancing senang pakai umpan essen.
    minta resep umpan racikan essen untuk aci atau sagu tuk mancing lomba di tempatku (surabaya ) karena ikan mas tombro ,beda kolam beda pula resep aroma umpanya.trim`s……..

    nb: umpan jagung/ubi klu di sandingkan dengan umpan aci akan mati karena kalah aromah

  94. boz mau tnya ni benang yg bagus buat angkat beban ikan 7kg. kecil gak gampang kusut yg kuat merek ap ya bozz tlong infonya donk bozz.tank sbelumnya

  95. W mancing lele g pernah make umpan. Setiap lomba mancing juara terus. Caranya benang halus tapi kuat, mata kail 1 (satu), 5 cm diatas kail kasih timah daun, pelampung kecil. Ikan nabrak w gaet. karna lele otaknya kecil dia bego. Nabrak benang w. langsung w gaet. W g pernah bagong. selalu juara 1.

  96. salam kenal….saya buakan ahli memancing tapi nih kebetulan waktu lagi iseng-iseng bikin susu kedelai, kan ada ampasnya di pikir-pikir sayang kalo di buang, akhirnya saya coba buat resep:
    bahan-bahan:

    1. 250 gram kacang kedelai
    2. 3 butir telur ayam
    3. 2 bungkus vanili
    4. 3 lembar daun pandan
    5. 250 pelet udang/pelet apa aja sedapetnya
    6. 1 kaleng sarden
    7. 5 sendok makan susu bubuk/kremer
    8. 1 kg gula pasir
    cara membuat:
    1. rendam kacang kededai pakai air panas kurang lebih 8 jam, lalu campurkan air kurang lebih 5 liter blender sampai halus(kalo ngga bisa sekaligus bisa beberapa kali) lalu saring menggunakan saringan/kain halus agar sarinya terpisah dari ampasnya

    2. ambil sarinya lalu dicampur dengan gula pasir rebus sampai mendidih masukan 1 bungkus vanili dan tambahkan garam secukupnya aduk sampai merata dinginkan(jadi dah susu kedelai,masukan kedalam wadah, nih bisa kita bawa ke empang buat ngilangin dahaga lumayan,)

    3.ambil ampas kacang kedelai ,telur ayam,sarden,susu bubuk dan pelet campurkan, lalu aduk sampai merata tambahkan air panas secukupnya lalu masukan kedalam pelastik jagan lupa masukan daun pandan dan vanilinya kukus kurang lebih 15 menit

    resep ini pernah saya coba dalam 3 jam dapat 25 ekor , tapi ngga tau juga nih resepnya yang bagus apa rejeki saya yang bagus

    syarat dan ketentuan:
    jangan lupa sholat subuh bos baru bikin umpan dan jangan lupa pas mao berangkat ke empang sholat duha dulu, biar kebuka pintu rejekinya…..karna sebagus apapun dan semahal apapun tuh umpan kalo allah ngga ngasih rejeki dijamin dah, bos nongkrong di empang dari ajan subuh ampe bedug magrib juga ngga balakalan dapet ikan,yang ada di rumah bini cemberut aja….

    selamat mencoba

  97. salm kenal para mancing mania,sy mau tanya umpan yg paling jitu buat ikan mas,nila,lele dan mujair apa ya?tolong dong bagi2 info dong,makasih atas bantuannya,o….ya sy tinggal di ntt tepatnya di sumba barat.

    • untuk ikan mas,lht komentar2 saya sebelumnya. Untuk Ikan Lele,biasanya pake Jangkrik ukuran tanggung.Untuk ikan Nila pake Lumut campur air garam.Untuk ikan Mujair pake Cacing.
      Tapi ingat pemakaian ukuran kail jg sangat berpengaruh,biasanya pakai ukuran no.8 atau 9. Kenur/Senar jg pake ukuran 0,25-0,27 direbus dulu sebelum dipake.Untuk Ikan Mas/Lele,main kail dasar, untuk ikan Nila/Mujair main 1/2 air,kail gantung.Mata konsentrasi pd plampung/kumbul.
      Semua tergantung cuaca dan milik/hokki.
      Silahkan mencoba.

      • untuk Nila besar ukuran 0,7 Kg keatas,selain Lumut dan air garam,jg pake Vanili/pewangi.

  98. alo smua,.nih gw punya ramuan baru buat mancing yang gak nge BTin,..1. marilah kita meminta ijin pada orang tua hendak mancing biar dia gak khawati2 amat,.2. buanglah sampah2 bekas umpan tadi ditempat sampah.,,.3. pada saaat memancing exspresikan klo kita lagi banyak uang atau terbelit hutang,.4. jangan lupa sarapan,.

    ,.ok met mencoba trik dari saya trima kasih,.
    NB,.: dapet gaknya pada waktu mancint tergantung AMAL BAIK,..!

  99. salam kenal nieh…mo nanya klo umpan bawal jitu yg kya gmn sieh??
    smua perna gw coba,,tp sama aja…klo ikan mas sering dapet,,,gw pengen rasain gmn rasax narik bawal 6kg…..tolong di bantu ya mas….!!thx sblumnya….!!

    • 1/2 kilo pelet di blender campur deho/ botan 1/2 kaleng !! tambahkan minyak ikan 4 butir …. aduk hinga rata pake air dikit jgan terlalu cair ….. insya allah jitu !!!

  100. eupan tok cer buat ikan mas !!
    1. 1/2 bungkus coan
    2. atang 1 bungkus
    3. mie rasa ayam bawang 1 bungkus
    4. deho 1 sendok
    5. kroto 1/2 ons
    cara buat
    coan,atang di aduk lalu mie instan di belender sampai halus .. lalu aduk hing ga tercampur … untuk deho ambil minyak nya aja .. lalu aduk di plastik . remas-remas .. untuk keroto siram dulu pakai air panas bila perlu kukus dulu biar aromanya terasa …semua bahan aduk atau remas-remas

    di jamin tock cer tah eupan buat 1-2 seasen ….

  101. saya pernah merajai mancing galatama hampir tiga bulan disuatu kolam pemancingan resep sangat mudah, rupanya didunia ikan mas ada juga kelompok ikan mas yang vegetarian ketika orang ramai pakai umpan essen berbagai aroma, saya hanya memakai daun pandan di iris halus campur dengan tepung tapioka cap tani di masak hingga berbentuk lem,ketika mau pancing campur dengan pelet charon phocphan 788.selama tiga bulan amplop juara saya kumpulkan saya hitung nilainya hampir 40 juta.setelah kolam itu ditambah ikan baru frekwensi juara jadi berkurang.bagi yang bisa buat sendiri silahkan buat bagi yang tidak bisa membuat saya bisa membuatkan umpan tersebut dengan imbalan jasa Rp 50.000 untuk satu set umpan ditambah ongkos kirim hanya untuk jakarta. kalau kota lain kayanya belum bisa takut umpannya keburu basi.silahkan hub.088274129516

  102. trik mancing galatama supaya sering juara, dalam berbagai permainan kecerdikan dan strategi sangat penting begitu juga dg mancing,strategi yg paling sederhana usahakan dalam membuat umpan jangan ada ygmenyamai kita dan buat dalam jumlah yang banyak setelah selesai mancing umpan tersebut kita sebarkan di kolam,dg tujuan supaya ikan terbiasa dengan aroma umpan kita,selamat mencoba semoga selalu juara

  103. trik mancing juara jilid 2. hanya untuk pria sudah beristri, kalau mau ikut lomba mancing perhatikan posisi tidur istri anda, kalau posisi tidurnya miring kekiri lempar pancingnya agak miring ke kiri, kalau istri anda tidurnya miring ke kanan lempar pancingnya agak miring ke kanan,kalau tidurnya telentang sebaiknya tidak usah berangkat mancing.

  104. salam kenal semua….halo teman2 saya dari pekanbaru…baru 1 bulan mancing .setiap mancing cuman dapat 2 ekor..dikolam saya mancing air nya hijau gk ngalir tapi ikan nya banyak…ada patin,bawal,emas..tolong dunk umpan yang bagus apa ya..?plzzzz yg lain pada strike saya gk…bantuin dunk…soalnya jrg dapat. tunjukin resepnya nya buat mancing siang apa?dan malam apa umpan yang cocok…?

  105. wah besok anak-anak kampus mao mancing ikan mas …. umpan saya nitip ke temen, jadi ga repot kan…

    mohon do’a nya saja dari rekan-rekan yang ada disini ….

  106. pemancingan lembah subur di jl ciputat raya pd pinang gg subur jaksel.buka setiap hari sabtu,minggu dan hari libur nasional.tiket setiap hari sabtu n libur nasional cuma Rp 35.000 doang.tiket tu setiap hari minggu cuma Rp 50.000 aja.info lbh lanjut di 021 91608879

  107. untuk ikan Bawal biasanya pake Cacing atau 1 bks Pelet Wayang diaduk dengan 3 kuning telor bebek mentah.Tapi tergantung air empangnya dan kedalaman empang.

  108. untuk teman2 yg punya empang Pribadi di Jakarta Barat atau Kota Bandung,ajak2 donk klo ada acara mancing iseng,bkn Galatama.Kita patungan beli ikannya.

  109. Dicari Empang ukuran Kecil 100-200 meter2 yg mau diJual,Status tanah Hak Milik,bukan Tanah Garapan.Lokasi Jakarta Barat/Tanggerang kota.

  110. Halo agan2 belakangan ini sy sering mancing di pik, di sana sy susah dapat ikan. tlng dunk minta resep umpan yg bagus u/ mancing di sana.?
    mancing di sana harian (Rp.25.000)

  111. Salam kenal… n bnyak terima kasih boeat Jawara” pancing yg sdh ksh advis, saya sdh cobain bnyak resep diatas, lumayan jg hasilnya… tp jarang yang stabil utk macam” kondisi, seringnya kalau dpkai utk cuaca panas n truz hujan atau sblikny kdang ngedrop. umpan yg dpkai utk kolam airny brwrna hijau kdang tdk cocok kalau dpkai utk kolam airny brwarna coklat… kalau ada yg pnya resep ikan mas lomba (non galatama) n non essens, yg sering cocok utk rata” kondisi panas n hujan, kolam airny brwrna hijau n jg coklat, tolong donk bagi” resep jituny.. Terima kasih sebelumny utk resepny.

  112. Para pemancing mania intinya umpan yang pass untuk sehari-hari..adalah
    1. kroto
    2. ikan…ikan deho, tuna, sarden,mujaer, dll
    3. telur…. telur bebek.telur ayam..telur asin..dll
    4. santan
    5. untuk dasarnya silahkan pilih …mau pakai pelet , ikin,kinoy, atang, ubi,dll
    6. untuk perangsangnya silahkan cari sendir….atau pewangi..yang anda sukai.

  113. resep eupan ikan mas !! insaya allah jitu

    1 . mc / idola 2 bungkus
    2 . coan / atang 1 bungkus
    3 . keju 1 sdm
    4 . kroto 1/2 ons
    5 . deho 2 ons
    6 . telur asin 1 atu dua di ambil yg merah nya aja

    cara peracikan :
    mc di aduk dengan coan di dalam satu wadah masukan keju , krotao yg telah direndam di iair panas , deho , kunig telur asin semua diaduk sampai merata
    kira” untuk 10 kg ikan mas
    selamat mencoba
    untuk bverbagi info face book : ngko_putra@yahoo.com
    email : the_west_java@yahoo.com

  114. Untuk kawan2 yg hobi mancing ikan mas, sya mau coba berikan resep umpan yang biasa saya buat.

    Umpan yang biasa sya pakai untuk ikan mas :
    – Telur ayam 1/4 putihnya saja
    – Ikan Kalengan 1
    – Susu Dencow Putih Bubuk 2 saset / keju 1/2
    – Daun Pandan 1 helai yg besar / 2 yg kecil
    – Paikin 2 bungkus
    – Kroto Beras 2 ons
    – Kinoy / katulampa 1 bungkus
    – Minyak Tenggiri

    Cara membuatnya :
    1. Putih telur 1/4, ikan kalengan dan susu jdkan satu setelah itu di blender. Kecuali keju (kalaw keju diparut jg di blender)
    2. Hasil bkenderan di bagi 2 ditaruh wadah / dalam plastik yang didalamnya di taruh daun pandan, setelah itu di kukus sampai matang.
    3. Setiap 1 kukusan di campur dengan 1 paikin.
    4. Berikan minyak tenggiri secukupnya, bila terlalu banyak kurang bagus
    5. Bila umpan terlalu lembek, gunakan kinoy atau katulampa
    6. Kroto sebagai cocolan atau ditempelkan ke umpan.

    Ok teman2 pemancing ikan mas selamat mencoba.

  115. tolong kasih tau resep umpan paling bwaguss buat mancing ikan mas .. tp yg simple,ga bnyk cmprnx .. pkonya pngen ikan itu pda ngumpul dilapak saia dn mknin umpanx .. tlg y segera,urgent neh !!!!

    • Bisa dicoba nich umpannya
      1.telur ayam 1/4 putihnya saja
      2.Deho 1 kaleng
      3.kroto beras 1 ons
      4.susu dencow 1 sacet
      5.susu cair 2 sendok makan
      6.daun pandan 2 yg besar
      7.katulampa 1 untuk pegeras
      dari 1-6 dikukus dan 7 nya sebagai peneras saja.
      untuk kuning telurnya juga bisa dipakai, campurannya sama saja, intinya ikan mas lebih suka umpan yang berbau wangi.

      • mau tanya nie mas, klo dehonya d ganti sama cue salem gimana mas……. bisa gk?????

    • umpan harian ga usah mahal2. cukup pake pelet bom yg 3rb, sarden 5rb,beli kroto 5rb. pasti ngacirrr…(klw pengen dpt byk tergantung amal&perbuatan)

  116. bagi rekan rekan semuanya…tolong dong kasih tahu saya umpan yang bagus untuk kolam ikan yang di kolam ikan nya ada 2 jenis ikan, yaitu lele ama ikan mas….karena di daerah saya ada tempat pemancingan yang ikan nya di campur…….thank’s

    • cobain ni rsep biasa dipake dBDG. atang 1/2, coan putih 1/4, telor asin kuning’y 1, keju 1000, mede serbuk 2, deho 3000-5000 trgantung ikan kecil besarnya, kroto secukupnya, yg trakhir 3-5 te2s esent vanili. tu smua bhan gak perlu direbus tinggal diaduk aja jngan lupa krotonya diseduh pke aer panas dulu. ingat esent vanili yg 1 botol kecil harganya cuma 5.500 adanya dijlan alkateri. jngan lupa dicobain,tu resep murah tpi allhmdllh sring juara,palagi klo dipakenya daerah antapani. slmat mencoba,nanti klo punya rsep baru gampang bkinnya bagi2 ya heeeeeee………lam kenal.

  117. gw jg pnya resep jitu bgt ni????
    **** bahanya*****
    200gr rebung
    1 potong ikan salmon 200gr
    5 butir telur bebek(3putih,,2 campur)
    keju kraft 1 sendk teh
    kroto 1ons
    cara membuat::
    blander rebung,salmon , keju
    sampai halus lalu masukan telur aduk sampai rata kemudian masukan kroto,, lalu kukus slama25 menit smapai mengeras,,, siap untuk memancing?????
    nb;;;
    *** juara 1 empang pak indra cilangkap ,, super 4,8 kilo???

  118. halo semua pemancing???sya pemancing pemula pengn mancing gala tama umpan yg bagus trus biar dpet yg gede gmna cra end umpan yg bagus? d tgu sms nya ke 081809302418

  119. buat yang hobyy mancing ikan mas, jangan lupa,…….klo ikan dah mulai ga mau makan, cobain juga pake cacing merah……caranya jangan dijahit dimata kailnya, dibiarkan ngewer2………bagus buat ikan yg mocel2 atw ikan lama……

  120. Halooooooo sobat………
    Mancing pakai umpan yg gampang utk ikan mas di empang yg jenis airnya warna apa pun cukup pakai :
    1. 3 telur ayam biasa
    2. 1 bungkus susu dancow bubuk
    3. 1/2 bungkus santan kara
    4. 1/2 bungkus karelac rasa kacang hijau
    5. 2 ons croto
    6. 1/4 sendok teh vanili
    7. 1 helai daun pandan
    Semua diaduk rata / mixer lalu masukkan ke plastik utk dikukus selama 15 menit dgn api kecil.
    Lalu dinginkan sebentar kemudian kalau mulai mancing pakai pengeras kinoy dan jg terlalu keras dan terlalu lembek dan tambahkan deho utk buat amis sedikit sesuai selera.
    Selamat mencoba Brooooo

  121. tolong dunk minta resep mancing ikan mas pake sagu dan essen aja karena galatama di larang pake empan ikan atau telor .
    ayakan PH ( pelet halus) apa yang mantep cuaca panas dan hujan
    cari nilam yang bener2 asli dan murni dimana ya?
    temen2 mancing mania tolong dunk info nya send ke email saya ya
    thanks banget …salam sejahtera selalu GBU all saya tunggu jawaban nya yo ……………….terima kasih

  122. helo salam kenal
    ada yang saya mau tanya kan untuk mancing ikan mas galatama hanya boleh pake essen sagu dan ayakan PH pelet harus .. tolong info nya pak resep nya paling mantep buat babon 8kg an. saya uda bingung dak tau mau pake apa selalu percaya sama kedi nya cuman gak perna dapet juara maen uda ada 3 bulan .. terus mengenai NILAM . bisa dapet dimana nilan asli murni tanpa oplos. terus gimana cara pake NILAM yang bener dan tepat itu gimana? itu aja temen , plzz send ke email saya ya pak
    email: handysm16@yahoo.com
    terimakasih banyak ya broo good luck succes selalu ..GBU

  123. kalau mau umpan yang bahanya sedikit juga bisa cuma ubi rebus kroto telor bebek mentah sama pelet kuning tu ja dah cukup peletnya yang bungkusan kardus warna kuning.

  124. gw py pengalaman mancing di tanjung selor…
    wkt w mancing itu umpan nya pake pisang greng yg beli di jalan kata orng situ seh kl umpan pisang goreng dpt nya ikan patin… tapi gw ga begitu aza percaya dunk masalah nya dari kecil sampe gede setau gw pisang goreng itu kan makan kesukaan mbah gw tapi koq di sini di jadiin umpan pancing … akhir nya dgn penuh tawa gw cobalah pake umpan itu… ga berapa lama benang di tarik2 lmyan kuat serentak gw tarik dunk ,…. ehh.. ternyata bnr gw dpt ikan patin yg 1 kilo…. sungguh aneh….

  125. umpan jitu adalah umpan yang biasa digemari ikan adalah tergantung kebiasaan ikan itu.tapi ada 1 umpan yang wajib dimakan ikan mas,yaitu umpan yang bahannya dari belut.kalau mau resepnya ad ke email tsb diatas jaminan mutu

    • boleh juga nich…………
      karena sy penasaran sekali dengan umpan dari belut soalnya sy gakpernah berhasil.
      trims atas ilmunya………

  126. hai kawa semoga ini berguna saya punya resep umpan galatama iakan mas tau tomro
    1. pasta pandan 2cc
    2. pandan 1cc
    3.kaweni 1cc
    4. strobery diva 1cc
    5. esen krupuk 1 cc
    6.tenggiri 1cc
    saya sering juara total dan induk sudah empat kali saya mencoba selalu juara. baik full galatama ataupun semi galatama. untuk semi galatama tinggal di kurang-kurangi atau tetesan aja, nggak usah cc. selamat mencoba

  127. ass. mo nanya cari essen di toko apa yach? ni gue mo kasih resep macing galatama lele, pakek cacing tanah yang besar2 di potong2 dikasih cukak secukupnya , gue sering menang , selamat mencoba…………….

  128. Resep ikan subang
    1 bungkus jatra
    1 telor bebek
    2 pindang tongkol
    1 kinoy
    1/2 bondon
    1 sdm perang sang b13
    cara pembuatan
    rendam pelet sma air panas selama 10 m, aduk telor sama kinoy n tongkol
    bondon disatu insama telor,kinoy, tong kol terakhir aduk semua adonan dalam 1 wadah selamat mencoba semoga sukses mancing ny.

  129. Saya pemancing pemula utk kolam ikan mas bukan galatama. Kilo ngebrus.
    Tolong berbagi resep umpan bagus, khususnya saat mancing
    menjelang sore. Di atas jam 4, ikan jarang makan apalagi
    kalo saat ujan.

    Makasih.. salam strike…

  130. di daerah Lebak Nangka – Sentul, Bogor… ada pemancingan harian ikan mas.. kalau sabtu dan minggu bisa gratis.. alias ga usah bayar… asalkan…………… dapat ikan paling banyak… kalo ga paling banyak yg ttp mesti bayar Rp. 22rb…. ada ikan babonnya…..

  131. umpan ikan mas.

    umpan dari lampung ,untuk perorangan bukan sekelurahan , murah meriah dan gak ber merk:

    **untuk yang non galatama ( bukan aci)
    – belut atau ikan gabus di kukus
    – ubi jalar boleh kuning atau putih yg penting rasanya rada manis di kukus
    juga
    campurkan kedua bahan dengan perbandingan 1:1 atau 1:1/2
    bila kurang keras tambahkan pelet halus yang tak ber merk yang penting tidak beraroma khusus (pelet untuk ikan mas biasa).

    **untuk galatama (aci)

    kukus belut/ikan gabus ambil daging nya saja
    blender dengan santan (perbandingan 1daging : 2santan) sampai halus benar
    baru tambahkan esen untuk penguat aroma nya
    saya biasa pakai esen coconut 0.5cc eseen weisman 0,5cc

    baru tambahkan sagu dengan perbandingan 1 sagu: 2 adonan

    nb:
    *sebelum mancing (galatama)jangan bedoa karna galatama=judi tuhan gak akan senang!!!!
    *siapin rod, reel dan kenur yang kuat bukan yang gede2 yang proporsional aja.
    *kalo umpan kita jalan lapak sebelah mlongo karna cuma jadi penonton wajib di bagi umpan nya, kasian kan kalo mancing mlongo ntar kemasukan lalat mulutnya, dan berbagi kesenangan di tempat judi gak ada salahnya
    *kalo umpan gak jalan jangan salahkan saya karna mancing 30% umpan, keahlian dan alat 70% keberuntungan

    salam mancing

  132. jitu dan manjur, pasti dimakan ikan , ambil singkong diperut tambahkan terasi dan kunyit kuning campur jadi satu kasih kroto secukupnya. selamat mencoba dan pasti dapat ikan banyak

  133. teman tolong beritahu umpan yang pas dan ekonomis untuk mancing ikan mas harian/jatah di daerah cengkareng(pik/kapuk -jakarta utara)BALAS ditunggu!!!!!(abeebot@yahoo.com)emaill q

  134. ok nisch utk dicoba…….
    sy penasaran sekali krn umpan dari belut yg sy buat gak pernah berhasil
    trims atas ilmunya………

  135. salam kenal semua teman2 pemancing mania. Mau minta tolong info donk saya mau cari/beli kumbul (pelampung) kecil utk mancing ikan mas. katanya yg bagus dari cianjur krn kaitannya sdh jadi yg dari benang.. tlg kalo bisa pesan atw beli dimana ya ??? tlg hub aku yaa atw sms di 08179996566.

    terimakasih banyak…

  136. UMPAN MAS ..CUKUP YANG BISA MERANGSANG DARI RASA.CONTOH MENGGUNAKAN UMBI KIMPUL BIRU YANG DI KUKUS LALU DI PARUT , MASUKAN TELUR ASIN MERAHNYA SAJA DAN IKAN BANDENG 1/2 BADAN YANG PUTIH SAJA.LALU DI ADUK MERATA DAN KUKUS 15 MENIT.KROTO 1 0NS BERSIH .PENGERAS KINOY KRISTAL ..SELAMAT MENCOBA

  137. resep umpan ikan mas….

    * 1 kaleng sarden
    * 1 bukus belut bakar
    * 10 tetes ecsen leci
    * 10 tetes ecsen tenggiri
    * 10 tetes ecsen vanili
    * 10 tetes ecsen jambu
    * kasi keju sedikit

    aduk sampai rata…pas mau mancing ..wadain mangko aduk sama air…siap saji….

    pasti anda mencoba akan setrek terus …selamat mencoba semoga sukses mancing ny

  138. neh ane kasi resep oke ane buat ikan mas :
    1 atang
    1/2 coan
    belut 3 ekor segede jempol
    pandan 2 helai
    susu nutrilon 1 sendok
    1/4 putih telur bebek
    kroto 2 ons

    caranya :
    belut ma pandan di presto, trus ambil dagingnya
    lalu campurkan dengan bahan lainnya

    DIJAMIN!!!

  139. permisi broo.. sy mau tanya nih, apa itu pewangi katulampa dan kinoy? trus sy bisa beli di toko apa? sy renny di papua. trims sebelumnya.

  140. Yang dibahas selalu mancing Ikan Mas…. ikan yang lain dibahas juga dong seperti cara Mancing dan Umpan yang jitu untuk Ikan Bandeng , Ikan Belanak dan Udang……..

  141. mancing : dilaut, sungai atau tambak adalah menyenagkan : buat pancing mania kalau mau daerah ikan besar ada di laut Tanagh kuning, mangkupadi dan seputaran pulau derawan ( kalimantan timur ) mantep loh

  142. Untuk daerah bojongsoang – bandung..
    1. Atang 1/2 bungkus
    2. Coan putih 1/2 bungkus
    3. Deho Rp. 2.000 (2 sendok)
    4. Kroto Rp. 3.000 (3 sendok)
    5. Telur bebek rebus (kuning saja)
    6. Susu SGM bayi (2 sendok)
    7. Serbuk F.08 (2 sendok)
    8. Sebuk Tenggiri JEOSS (sudah si sachet harganya 1.500)

    Cocok buat yang males atau ga mau ribet karena cuma tinggal campurin saja tanpa harus dikukus lagi… udah termasuk hemat cukup untuk seharian mancing..

  143. umpan cepat dijamin joossss
    1 ikin besar
    1 bondon
    1 tlr asin
    2 deho
    1/2 ons kroto
    1 kara
    1/4 ons tpg kcg mede

    campurkan semuanya trus di seupan 2 jam,dinginkan n siap dipake
    dijamin joss

  144. aku minta resep untuk di daerah lampung dong.karakter airnya berlumut kalau uda datang panas.kalau sirkulasinya bagus,airnya ngalir………….

  145. ” Umpan Ampuh ”

    Bahan – bahan :
    1. Nasi basi +/- 1 mangkok soto
    2. Kara 1 bungkus
    3. Tepung Beras ‘Rose Brand’ 0,5 Kg
    4. Keju Kraft 1 lembar
    5. Tinja sendiri 1 sendok Teh

    Cara Membuatnya :
    Campur secara merata nasi basi, kara dan keju dengan cara memblendernya hingga betul2 merata. Setelah itu campuran ketiga bahan tersebut tuangkan dalam baskom dan ditaburi tepung beras dan tinja (sambil mengepal adonan dengan tangan) hingga berbentuk liat, seperti tepung martabak. Adonan yang sudah jadi masukkan ke dalam toples dan tutup serta dibungkus plastik yang diikat dengan karet. Diamkan selama 5 hari agar terjadi fermentasi.
    Umpan siap digunakan untuk memancing segala jenis ikan air tawar.
    Selamat mencoba dan buktikan hasilnya !!!

  146. SALAM KENAL//

    umpannya kok berkelas banget…
    singkongnya aja udah mahal, apalagi pake Keju… merk KRAFFF meneh..??

    ini mau bikin umpan atau, martabak telor mas..

    ada tidak umpan yg lebih sederhana ekonomis namun ces pleng..
    mohon pencerahannya..?

  147. umpan saya tida pernah kalah
    co ba pake umpan saya
    bahan2
    1 putih telur bebek 3 butir
    2 susu dancow 1 sachet
    3 keju kraf 1 sdm
    4 kroto 1 ons
    5 pengeras nya kue krispi yang sudah di haluskan

    cara membuay: putih telur/susu dancow/keju/ di blender sanpai halus
    setelah udah halus lalu campurkan kroto.. lalu di kukus 45 menit
    umpan sudah siap di hidangkan. kalo terlalu lembek tambahkan
    kerispi yang sudah di haluska

    selamat mencoba

  148. aq ska mncing di balong kecil tapi airnya ijo n ga prnah di kuras ,,, mnta resep umpanya donk yg tokcer ,,, hatur thank’s

  149. hallo ..rekan2 mancing maniac… bantu kita dong buat umpan mancing ikan mas di kolam didataran tinggi… info ; lokasi curup;bengkulu

  150. Toloooong dong … kasih aku resep paling jitu untuk ikan mas,,,!!! Aku sering ikut lomba mancing ikan mas di waduk atau di kolam,,, tapi umpannya ga ada yg galak,,, Thanks.

  151. ancong@salam kenal semua para mancing mania,mau tanya ni umpan yg paling jituuuuu x untuk ikan lele berat 1kg kebawah apaan ya? tlng y para sobat pancing mania minta saranya

  152. boleh gabung neh,,sy dri kota serbu sungai dn ga bsa di hitung2 ikannx,,,??
    Untk mslh umpan pd dsrnx kita hrs tau dlu sifat dn tingkah laku sang “do’i”ini
    Untuk ikan mas dialam liar itu pd dsrnya
    ,prsisnx dtmpt kmi adlh tumbuh2n/jenis2 lumut yg brada disisi dsr sungai
    Di krnkn ikan dri dlu hidup didlm kramba mereka trbiasa mkn jenis bama/ sebagainx,jdilh ikan kota yg ga mngenal lumut2 lgi nmun wlupn begitu asrat liar mereka lebih tetap dekat dgn lumut wlu uda kekota’an,,
    Ibarat manusia msh ingat ma singkong rebus,,dibalik cerita singkat ini ad tips dri sy ,,oke moga brmanfaat buat kwn2”

  153. faktor yang sangat menentukan dalam memilih umpan adalah aroma oplosan apa yang akan keluar pada umpan kita,,,,hampir setiap pemancing muncul aroma umpan di sekitar itu itu jg…. amis sari ikan laut di bawah dan aroma wangi di atasnya,,,yang aku tahu ikan mas tdk bgtu suka aroma amis,,,, gunakanlah aroma wangi lebih dominan,…

    bila yg akan kita hendaki keluar aroma pelet seger pada umppan kita bisa di gunakan oplosan moca lebih dominan di hias aroma Duren,amis standar ja choya dan tenggiri…cukup mantap untuk lapakan lama ,,,start mang kurang greget tapi finishing oplosaan ini cukup bagus …

    klo lapakn 1 jam taw 2 jam… umpan start sangat menentukan…
    di coba oplosan misik taw japaron,dipulas aroma pandan amis choya tenggiri ataw lainnya lebih dominan.. rasakan sendiri gertakan oplosan itu…. tapi hasil akhir kurang bgt bagus

    pagi siang sore malem… harus di perhatikan dlm menentukan oplosan akan kt pake……

  154. mw mancing ikan mas. tapi d’dalam kolam, bnyak ikan nila’y yg kcil2. sdngkan kta mw mncing ikan mas. gmna cra mndapat kan ikan mas itu. air’y wrna kuning, luas kolam 20 *40. dalam kolam 1/2 meter. tolong ksih resep yg bgus. untuk mncing ikan mas. kdang2 jdi ikan nilai yg makan umpan. bls..

  155. buat agan2 yg suka mancing galatama mas saya punya resep niih..
    semoga aja bisa cocok dgn agan..

    1. pasta jeruk keprok 2 sdm
    2. esen nangka 2 tetes
    3. pasta santan 1/2 sdm
    4. esen panili 4 tetes
    5. esen choya 2 tetes
    6. esen tenggiri 2 tetes
    7. esen udang 2 tetes
    8. esen jeruk sankis 3 tetes
    9. esen nagka 2 tetes1
    10. esen coconut 2 tetes
    11.esen es doger 4 tetes
    12. esen almon 2 tetes

    resep ini khusus yg make tepung aci/ singkong, bisa jg esen tenggiri nya di ganti esen krupuk, tapi jgn banyak2 gan, 2 tetes aja, kalo terlalu amis ikan nya kecil, kalo wangi ikan suuuuper…
    “SELAMAT MENCOBA GAN”

  156. utk para pemancing ikan lele yg paling bagus pake ayam tiren di bakar, dan cara pakenya di suwir/di porong kecil2 kaya rambut. insyaalah pasty dapat babon. itu pengalaman saya. slmt berburu babon.

  157. Buat bang joni 89 palem – Tangerang
    !! untuk juara prestasi usakan dihitung di depan , menghindari joki yg pro pemancing !!!!! ok

  158. BAGI PEMANCING MANIA N AMATIRAN saya mengundang anda untuk istirahat dan menikmati pemandangan diatas gunung sambil menikmati kerlipan lampu kota Bandung dimalam hari. Pasilitas yang ada : 1. Kolam dengan ukuran cukup untuk 12 oreang. 2. Ikan bisa beli sendiri atau di sediakan. 3. Ful Musik. Sarana ibadah. Alamat Ciparungpung gunung masuk .Desa Cimenyan masuk jln Cimuncang jln Suci Bandung Tel 0227104081. atau 085717677183. /02295765885.

  159. hai sobat2 pemancing mania…
    saya mau tanya, umpang yg paling bagus untuk mancing lele di galatama apa y???
    lalu bagaimana caranya ikan tersebut makan umpan kita…
    karena saya sudah coba dan umpan saya di makan terus,,,, tetapi ikannya boncooosss terusssss…..
    thx sobat pemancing mania….

  160. cara umpan ikam mas
    1. bawang merah 5 siung
    2. bawang putih 4 siung
    3. garam secukupnya
    jgn lupa bumbu di ulek trus ikan di goreng enak dech…………

  161. Ane kasih resep umpan buat ikan mas harian
    ANE KASIH NAMA ( UMPAN KARUHUN)
    1- coan kuning 1yag besar
    2- deho 3 ribu yang di ecer aja
    3- telor bebek 2 yg kuningnya aja ambil
    4-kara 1 bungkus
    5- kroto 1/2 ons
    6- halco yang warna oranye setengah cm

    cara buatnya
    1- aduk semua bahan kecuali kroto belakangan masukinya biar tidak pecah
    2- kukus 30 menit catatan suruh mendidih dulu airnya baru masukin umpan ya akan dikukus

    Dengan ijin alloh pasti ikan dapat

  162. boleh minta resep jitu u/ mancing ikan tawes di waduk/sungai/dam. di daerahku bnyk bgt ikan tawes tp uda pake bnyk umpan dari cacing, pelet, lumut g ada yg mau mkn cuma nonton ikan tawes besar pada berenang. trims.

  163. coba yng sering saya pakai………………
    1. sebungkus pelet super
    2. deho 1 kaleng
    3. 1 fasta vaneli
    4. 1 sacet bluband
    5. ciky ball rasa keju
    6. 2 sendok esen udang..

    cara membuatnya : deho, vaneli, blubanf, esen udang di campurkan semua, di aduk sampai lembut, campurkan pelet ma ciky ball aduk sampai rata, selamat mencoba….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s