Lele Phyton Varietas Baru yang Menjanjikan


23/12/05 – Lain-lain: Artikel-dkp.go.id

Siapa tak kenal lele dumbo? Varietas itu memang boleh dibilang sebagai bintangnya ikan lele. Populer di akhir 1980an, lele dumbo dikenal punya banyak keunggulan dibandingkan dengan varietas lele lainnya. Sebut saja kemudahan untuk dibudidayakan, dapat dipijahkan sepanjang tahun, fekunditas (jumlah butir telur/kilogram (kg) induk betina) yang tinggi, pertumbuhan yang cepat dan efisiensi pakan yang tinggi.

Tapi itu dulu. Sekarang pamor lele dumbo semakin meredup seiring dengan perkembangan zaman. Penggunaan induk yang tidak terkontrol membuat lele dumbo punya banyak kelemahan, mortalitas (tingkat kematian) benih yang tingi dan tidak optimalnya produksi cuma sedikit dari kelemahan lele dumbo saat ini.

Itu sebabnya lele varietas baru pun kemudian dikembangkan. Jika beberapa waktu lalu pemerintah baru saja merilis lele sangkuriang sebagai varietas unggulan, kini ada pendatang baru asal Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten yang tak kalah kinclongnya. Varietas tersebut adalah lele phyton.

Yang menarik, jika lele sangkuriang ditemukan oleh para peneliti bergelar akademik, lele phyton ditemukan oleh kelompok pembudidaya yang belajar secara otodidak. “Tapi kami yakin, secara kualitas lele phyton tak kalah dengan lele sangkuriang,” kata Wawan Setiawan, Ketua kelompok pembudidaya ikan air tawar Sinar Kehidupan Abadi yang menjadi penemu lele phyton.

Kualitas lele phyton juga diakui oleh Kasubdin Perikanan Budidaya Provinsi Banten, Wahjul Chair. Menurutnya, berdasarkan hasil pengujian ilmiah, lele phyton memang punya kualitas yang setara dengan lele sangkuriang. “Meski lele phyton ditemukan oleh pembudidaya namun kualitasnya boleh diadu dengan lele sangkuriang yang ditemukan dari laboratorium,” puji Wahjul.

Salah satu indikator tingginya kualitas lele phyton bisa dilihat dari konversi pakannya. Memiliki FCR (Food Convertion Ratio) 1:1, maka satu kilogram pakan yang diberikan kepada lele phyton juga akan menghasilkan sekilo daging. Bandingkan dengan FCR milik lele sangkuriang yang punya perbandingan 1: 0,81. Bukan itu saja, keunggulan lele phyton yang lain adalah soal rasanya. Memiliki tubuh bak ular phyton, lele phyton sangat lincah bergerak. Hal ini kemudian berkorelasi positif dengan rasa dagingnya. “Karena lebih lincah, rasa daging lele phyton terasa lebih enak dan gurih karena lemak yang terkandung lebih sedikit,” kata Wawan.

Bukan itu saja, karena lebih langsing lele phyton terlihat lebih menarik jika disajikan dalam masakan ketimbang lele dumbo yang tambun. Apalagi jika lele phyton diolah menjadi pecel lele, makin klop lah penampilannya. Kemampuan adaptasi Wawan, yang kelompoknya bermarkas di desa Bayumundu, Kecamatan Keduhejo, Pandeglang menuturkan, ditemukannya lele phyton berawal dari kenyataan benih yang ‘diimpor’ dari daerah lain lebih sering mati jika dipelihara di kolam di desa tersebut.

Benih asal daerah lain, kata Wawan tidak punya kemampuan untuk beradaptasi dengan iklim desa Bayumundu yang dingin. “Suhu di desa kami bisa mencapai 17°C pada malam hari. Akibatnya benih yang didatangkan dari daerah lain tidak mampu beradaptasi dan akibatnya mati,” tuturnya.

Wawan menceritakan, kelompoknya pernah mendatangkan setengah juta benih lele dari Lampung. Namun, benih tersebut memiliki tingkat mortalitas (kematian) yang sangat tinggi. “Seharusnya kami bisa panen 50 ton, ternyata hanya bisa panen sebanyak 22 ton. Akhirnya, kami berfikir bisa nggak bisa kami harus mencetak benih sendiri,” katanya.

Berawal dari kondisi tersebut, Wawan dan kelompoknya kemudian mulai mencoba mengembangkan lele asli pandeglang yang cocok dengan iklim di daerah tersebut. Setelah hampir dua tahun melakukan percobaan trial and error, lahir lah lele phyton pada 2004.

Wawan menjelaskan, lele phyton dihasilkan dengan menyilangkan induk eks Thailand generasi kedua (F2) dengan induk lele lokal. “Untuk induk lele lokalnya, kami tak tahu generasi yang ke berapa. Karena sudah bertahun-tahun dikembangkan di sini,” jelasnya. Digunakannya induk lele lokal dalam proses persilangan kemudian menghasilkan keunggulan lele phyton yang lain, yaitu kemampuan adaptasi terhadap iklim dingin yang dirniliki kabupaten Pandeglang. Kemampuan adaptasi tersebut membuat tingkat mortalitas lele phyton sangat rendah. Survival Rate (SR/tingkat kelangsungan hidup) lele phyton bisa jadi di atas di atas 90%,” kata Wawan yakin.

Kemampuan adaptasi lele phyton bukan sekedar berguna untuk daerah dingin, untuk daerah beriklim panas lele phyton punya kemampuan adaptasi yang luar biasa. “Berdasarkan pengalaman, benih yang dihasilkan di daerah dingin selalu bisa bertahan di daerah yang berikilm dingin. Begitu juga halnya dengan lele phyton,” jelas Wawan. Untung terus. Yang jelas, kualitas lele phyton menjanjikan keuntungan marathon alias terus menerus.Menurut Wawan, dengan modal awal Rp5,8 juta, pendapatan pembudidaya bisa mencapai Rp. 7,2 juta. Itu artinya ada keuntungan sebesar 1,4 juta untuk 50 hari siklus lele phyton.

Begini perinciannya, untuk satu kolam dengan 1.000 ekor benih tebar dan harga benih Rp. 150/ekor, maka dibutuhkan Rp. 1,5 juta untuk pengadaan benih. Kemudian selama 50 hari pemeliharaan dibutuhkan satu ton pakan dengan harga Rp. 4.300/kg. Itu artinya dibutuhkan Rp. 4,3 juta untuk pengadaan pakan. Jadi total modal yang perlu disiapkan oleh pembudidaya Rp. 5,8 juta. Setelah 50 hari pemeliharaan, panen yang akan diperoleh mencapai satu ton.

Dengan harga jual Rp. 7.200/kg, pendapatan yang dikeruk pun mencapai Rp. 7,2 juta. Jadi, keuntungan yang bisa diperoleh mencapai Rp. 1,4 juta/siklus. “Yang membuat budidaya lele phyton semakin besar peluangnya adalah masih minimnya pasok ikan lele. Di Banten saja kebutuharmya yang mencapai 7 ton/hari belum terpenuhi,” kata Wawan. Kesimpulannya, buat anda yang ingin dipatuk keuntungan budidaya, lele phyton adalah pilihan yang tepat.

Pesona Magis Lele Phyton
Jika anda bertanya mengapa lele yang satu ini diberi nama lele phyton, mungkin dengan melihat bentuknya anda akan mafhum mengapa nama itu muncul. Bentuk tubuh lele ini, terutama kepalanya memang mirip dengan ular phyton. Tapi, asal tahu saja, ada unsur magis mengapa akhirnya lele made in desa Bayumundu itu dinamakan lele phyton. “Desa kami memang sangat kental dengan unsur magis, segala sesuatunya selalu dikaitkan dengan halhal ghaib, termasuk soal penamaan ikan lele,” ujar Wawan Setiawan.

Menurut Wawan, setelah berkali-kali gagal dalam percobaan untuk menghasilkan induk lele yang berkualitas, suatu malam anggota kelompok yang bertugas untuk melakukan penyilangan induk bermimpi didatangi ular phyton besar. Bukan cuma didatangi, dia juga bahkan bersetubuh dengan ular tersebut.

“Setelah mimpi tersebut, esoknya telur lele hasil persilangan menetas dengan bentuk yang sangat mirip dengan ular phyton. Jadilah ia diberi nama lele phyton,” ungkap Wawan. Buat yang tertarik, Unit Pembenihan Rakyat (UPR) Larva Abadi Jaya yang merupakan anak usaha kelompok Wawan dan temantemannya bisa membantu. Saat ini UPR tersebut memiliki sekitar 85.000 ekor benih yang siap untuk ditebar.

“Kemampuan produksi benih tersebut akan terus kami tingkatkan seiring dengan terus datang permintaan,” kata Wawan.

Analisis usaha budidaya lele phyton



81 thoughts on “Lele Phyton Varietas Baru yang Menjanjikan

  1. saya tertarik untuk mencoba bibit lele phyton ini?bagiamana saya bisa mendapatkannya.saya tinggal di pontianak kalbar.apa ada terima pengiriman?.harganya berapa?dan minimal pembelian berapa?.harap informasinya.Rudy Hp. 08115705256

  2. sekarang di daerah serang Banten pun sudah banyak yang membudidaya benih ikan lele pyton,,termasuk saya sedang merintis…!!!
    sudah terbukti beberapa keunggulanya,,,lumayan!!

  3. tolong dong … sya mau ikut pelatihan ikan lele pithon dimana saya bisa hubungi untuk ikut pelatihan budi daya lel pithon. TQ

  4. saya tinggal di Solo
    Berapa jumlah minimal untuk memesan lele pyton??
    Dan harga per ukuran berapa??
    Ongkos kirim berapa???

  5. sayangnya ga ada gambar,padahal kita butuh gambar untuk bedakan dengan lele dumbo biasa…..thanx infonya

  6. saya boleh tau nmr yang bisa dihubungi gak?
    kayaknya saya berminat belajar dengan mas wawan.
    cari bibit phyton dijakarta dimana ya….

  7. Maaf, mungking hitung2ngan cost production dan keuntungan mesti dilihat lagi. 1000 ekor benih x Rp.150/ekor = Rp.150.000,- bukan 1,5 juta.
    Kemudian hasil yg diperoleh setelah 50 hari sebayak 1 ton untuk 1000 ekor benih yg ditebar berarti berarti berat ikan rata-rata per ekor 1 kg. Restauran pecel lele mana yg mau terima lele seberat 1 kg per ekornya??? di restauran aja paling besar ikan yg disajikan 0,5 kg. Gimana???

    • Assalammulaikum,
      Saya sangat tertarik untuk mencoba bibit lele phyton ini, Saya ingin mengetahui alamat lengkap dan juga nomor telp Pak Wawan Setiawan atau rekannya, agar saya bisa berkunjung kesana dan membeli indukan dan juga bibit untuk memulai usaha. Sangat diharapkan informasinya, dengan Bimo, email: dewantobimosuryo@yahoo.com atau HP: 081905446556,

  8. tolong bos saya butuh bibit lele phyton.kolam saya di daerah jaga karsa ps mingu jak-sel. dimana saya bisa dapat bibitnya.terima kasih

  9. Mas, aku berminat pingin ngembangkan budi daya lele phyton, untuk cari bibitnya didaerah tulungagung sekitarnya pa sudah ada ya? mohon bantuan dulor semua, matur suwun

  10. bos ak tertarik sama budi daya lele python, tapi untuk mendapatkan bibit di daerah purworejo dan sekitarnya pa sudah ada? makasih!

    • Hallo mas agung yang tinggal di purworejo, jika andabutuh lele paiton, ini saya di jogja, memproduksi benih dengan parental stock paiton yang diperoleh dari fakultas pertanian jurusan perikanan UGM, untuk kontak lebih lanjut bisa lewat e-mail atau ke Hp saya 08882707768 atau telp rumah 0274880190. terimkasih

      salam

      Jati kuswardono

      • mas saya ingin membeli indukan lele phyton…kalau satu set indukan 1 co 3 ce indukan itu berapa ea pak????yang varietas unggul..n adanya di kota apa????tolong hubungi saya ea pak di email bisnis80@yahoo.co.id…or di num tlfn saya 08977064476,,,mksh ea mas….

  11. assalamualikum.
    saat ini saya sedang belajar ternak ikan-ikan air tawar, dan setelah membaca postingnya, saya tertarik untuk mencoba membudidayakan ikan lele phyton. Kalau boleh tau, dari manakah saya bisa membeli benih ikan lele phyton? saya tinggal di Bandung. Terima kasih banyak. Mohon jawabannya dikirim juga ke email saya di dedeqsdn@yahoo.com.

  12. Saya tertarik untuk membeli benih dan indukan lele pyton, bisa tlng informasi nomor tlpn Pak Wawan setiawan beserta alamat lengkapnya
    terimakasih

    • sy ada di solo, bisa ngga krm bibit lele phiton ke solo.
      harga bgmn, dan minimal berapa ekor. dan apakah disediakan indukan lele phiton…? mhn info pak…!

  13. Mas yg tngal d jogja sy punya benih lele payton dngan stock sampai 500 ribu perbulan ada yg minat dngan benih payton kami siap melayani berbgai ukuran dan siap melayani pengiriman untk wilayah yogyakarta klaten bs hub 08568339190

  14. gimana bs mendapatkan lele phytonnya..saya berada dilampung mungkin butuh sekitar 50000,ekor tolong dijawab. atau beritahu no telp yg bs dihubungi.trims

  15. Saya tinggal di Kota Berastagi, saya ingin beternak ikan lele..bagaimana saya mendapatkan bibit..mohon bantuan agar saya bisa mendapatkannya. Terima kasih.

  16. saya lagi blajar tuk membudidayakan ikan lele piton bisa ga saya minta info nya dan no hp kang wawan. domisili saya di baros serang

  17. Saya tertarik sekali untuk ternak lele jenis piton, dimana saya beli benihnya? Tolong di infokan ke saya di no 081399859185

  18. assalamualaikum….. ……
    salam kenal
    kebetulan saya ada investasi bagus berupa VCD perikanan lengkap pemijahan, pembesaran & tips trik mengatur pola makan, pembuatan komposisi pakan rahasia, perawatan larva ikan step by step, (semua komposisi rahasia ini jarang petani ikan yang tahu) bandeng, lele, udang, gurameh, kepiting, patin, rumput laut, gurameh dan masih banyak….. lagi. teman-teman juga bisa dapetin no telp dan alamat lengkap pengepul, petani ikan konsumsi, dan penjual benih sesuai daerah masing-masing bogor, bekasi, jakarta, bandung, jogja, medan, semarang dll…………….
    teman-teman tertarik silakan kunjungi
    web: http://www.perikanan-negeriku.blogspot.com
    terima kasih
    wasalam…..

  19. ass.. ane dr jkt, ane sering pp serang (banten) – jkt, tp ga prnh mlht da sbuah budidaya ikan air tawar kec daerah pandeglang mnuju kulon. slain itu daerah serang mrpkn daerah yg panas / bs dkatakn gersang & kurang’y kt’sedian air didaerah tsb, jk mmang daerah tsb (serang) bs djadikn lahan untk budidaya ikan air tawar (lele dsb) saya t’tarik untk m’bicarakn p’gembangan tsb khusus’y untk daerah serang & mohon untk info’y mlalui email di alamat (by_unique@yahoo.co.id)
    tq, was..

  20. pak wawan sy mau tanya bisakah lele phiyon hidup di daerah dingan (majelengka-cirebon),kalau saya mau beli bibit sebesar korek api berapa harga + ongkos kirimnya,tolong informasinya pak wawan. Hp. 081316390227.Terima kasih.

    • mas philip saya aji kami salah satu kelompok penemu ikan lele phiton.kami berada di bayumundu,pandeglang banten. klu butuh penjelasan langsung mas philip hubungi:087773211777.08777295003.makasih

  21. Gak ada tuh lele phyton, jangan membuat kebohongan publik mas, kasihan masyarakat, yg berminat budidaya ikan lele.
    Kalau memang anda benar, anda harus berani terbuka dan membuat hak patent penemuan anda.
    Berdasarkan survey kami di pandeglang ternyata hal itu tidak benar sama sekali.
    Saya minta anda meralat informasi nin, agar masyarakat tidak tertipu.
    Tks

  22. wah kalo di daerah BRALINGMASCAKEB (Purbalingga, Banyumas, Cilacap, Kebumen) dimana bro qtane dapat membeli bibit/indukan lele python khususnya di daerah banyumas, pa purwokerto, kalo ga hub saya di : 08565 111 3533
    (Agung, ds. Kemranggon, Kec. Susukan, Kab. Banjarnegara)

  23. kang wawan kalo alamat atau no hp yng bisa di hubungi ada ga…saya mau belajar dan coba untuk budi daya lele…posi2 saya di baros..serang..klo ada kirimin dong ke alamt imel saya..trimaksih kang

  24. saya ingin bertanya obat apah yg paling efektif untuk menobati benih yg terkena peyakit.sebelum & sesudah’y terimakasih

  25. Lele phiton gak ada apa apanya, ada lele varietas terbaru yang lebih hebat namanya lele Rambo terlahir/tercipta di Cirebon . Lele ini merupakan persilangan antara Rojo Lele dengan lele Dumbo, Lele ini tercipta tgl 26 mei 2010 .Lele ini memiliki daya tahan tubuh yang baik, kuat hidup di air yang sangat kotor ,kalau dipelihara dikolam air kolam gak perlu diganti sampai panen .pemberian pakan cukup dengan sisa nasi , kalau dikasih makan pelet pertumbuhan ikan akan lebih cepat bisa cuma sebulan dengan ukuran bibit cuma 8 – 10 cm dengan berat waktu pemanenan sekita 200 gram . Ikan ini bisa tumbuh hingga ukuran 90 cm .

    • Mas Guna, kalau emang bener jangan cuma komentar, tolong sertakan juga gambar2 nya secara detai lengkap dengan alamatnya. Kalau memang betul, ini akan sangat berguna bagi kami para peternak ikan, khususnya ikan lele.
      Saya sudah lacak di internet tapi tidak ada satupun data mengenai lele rambo ini. Trims.

    • saya tertarik dengan jenis ikan Llele Rambo tsb. mohon dikirim gambar ikannya, dan cara pembeliannya, serta tempat/daerah/kota mana. Thanks

  26. mas saya berminat ingin budi daya lele phyton
    saya berdomisli d Sumatera (JAMBI)
    dmn saya bisa dptkan bibit lele Phyton d jambi

    tlng info nya
    thank’s

  27. halo pak wawan,
    saya ada di Cirebon, berapa telepon Pak Wawan karena saya tertarik beli bibit lele phyton berapa harga perekornya? dan ada berapa ukuran yg tersedia?

  28. wkwkwk lele rambo, woi kirik kita wong cirebon kih, ning endi ente oli info lele rambo tembek denger … kasih tau ane ya lokasi lele rambo dimana cirebonnya ? tq

  29. tlng sms ke nomer d bawah nmr hp,a pak wawan.
    saya mau memulai usaha tapi terbentur dengan bibit.
    saya mau coba tolong minta nomer hp atw kirim ke:081916248231

  30. pak bisa minta alamat lengkap bapak wawan setiawan di pandeglang atau no hp nya, saya mau beli induk phyton dimana ya ? terima kasih

  31. Assalamu alaikum…. ana saat ini lagi mulai ternak lele. kayaknya enarik untuk mencoba lele phyton ini. tolong gimana caranya ana bisa memperoleh bibtnya? ana ada di Kota Tuban Jawa TImur.

  32. assalamualaikum….

    Cing atuh kang masihan info teh rada lengkap..kumaha saya ngahubungina da nmr tlpn ge te dicantumkan..saya ti rangkas yeh..sms sayanya 08567135232

  33. saya mempunyai benih ikan lele phyton ukuran 35 46 57 untuk daerah banten khususnya daerah pandeglang yg berminat langsung kontak ke alamat email saya (doparbaonk@ymail.com) thanks..

  34. jual bibitan lele…murah meriah…

    ukuran harga

    3cm 45 rupiah

    4cm 55 rupiah

    5cm 75 rupiah

    6cm 85 rupiah

    7cm 95 rupiah

    harga mengikuti harga
    pasaran

    nb: sewaktu2 harga bisa
    berubah mengikuti harga pasar

    call :

    jl.mas no58
    PELEM-PARE-KEDIRI-JATIM

    atau

    bisa hubungi di nomer tlp
    dibawah ini

    SIMPATI : 082142257931

    atau

    XL : 087858549749

    E-MAIL :

    B00N_CUE@YAHOO.COM

    atas nama wawan b0ncue / YOYOK

  35. sy br merintis budidaya lele, tp ksulitan untk mndpt bibt jenis phyton.. posisi sy di brebes jateng… ad yg bs ksh info dmn mendptk’y?

  36. dear mas bro,

    saya tertarik untuk budidaya lele pyton ini, di pekanbaru – riau, minta minta cp nya dunk…

  37. UD. NABILLA LELE

    Kami petani lele dari Sleman-Yogyakarta yang sudah berpengalaman. Kami menjual induk dan bibit lele sangkuriang berbagai ukuran. Melayani pengiriman keluar kota dan luar pulau. Alamat : Jl. Kaliurang Km 13,5 Sleman-Yogyakarta.
    Bibit lele yang kami hasilkan adalah bibit lele berkualitas, telah terbukti dengan penanganan yang baik dan benar bibit lele hasil dari produksi kami dapat berkembang dengan baik dan cepat pertumbuhannya. Berikut kami informasikan data dari tempat usaha pembibitan lele kami :
    Jenis : Sangkuriang (Sertifikat)
    Sistem : Intensif.
    Pemijahan : Alami.
    Sumber air : Air tanah / sumur.
    Kolam : Terpal.
    Pakan : Cacing sutra.
    Pengangkutan:Dikemas dlm kotak styrofoam penahan panas, tahan sampai 19 jam.
    Kota tujuan : Seluruh Indonesia.
    Kapasitas pengiriman :
    UKURAN : KAPASITAS / Ekor / BOX :
    2-2 cm : 15.000.
    2-3 cm : 8.000.
    3-4 cm : 7.000.
    3-5 cm : 5.000.
    4-6 cm : 4.000
    5-7 cm : 3.000
    Induk : 15.
    Untuk informasi harga silahkan contak person Andy 085753563403 / 081227354545 atau datang langsung ke lokasi pembibitan kami di Jl.Kaliurang Km 13,5 Sleman (10 meter selatan Honda AHASS)

    Catatan :
    Cara mempersiapkan air kolam sebelum bibit ditebar (Pre condition water) :
     Masukkan air setinggi 60cm dengan cara dipercikkan
     Tebar garam ikan/garam grasak/garam dapur 100 g/m2
     Diamkan selama 4 hari
     Masukkan urea/ pupuk kandang yang sudah kering kedalam karung, ikat lalu masukkan kedalam kolam, dosis urea 15g/m2, pupuk kandang 0,5 kg/m2
     Masukkan katalis plankton yang mengandung bakteri nitro (10 ml/m2)
     Diamkan selama 6 hari sampai air berubah warna kuning kehijauan dan bibit siap ditebar. (Karung berisi pupuk diangkat ketika bibit ditebar)

  38. UD. NABILA LELE

    Kami petani lele dari Sleman-Yogyakarta yang sudah berpengalaman. Kami menjual induk dan bibit lele sangkuriang berbagai ukuran. Melayani pengiriman keluar kota dan luar pulau. Alamat : Jl. Kaliurang Km 13,5 Sleman-Yogyakarta.
    Bibit lele yang kami hasilkan adalah bibit lele berkualitas, telah terbukti dengan penanganan yang baik dan benar bibit lele hasil dari produksi kami dapat berkembang dengan baik dan cepat pertumbuhannya. Berikut kami informasikan data dari tempat usaha pembibitan lele kami :
    Jenis : Sangkuriang (Sertifikat)
    Sistem : Intensif.
    Pemijahan : Alami.
    Sumber air : Air tanah / sumur.
    Kolam : Terpal dan semen
    Pakan : Cacing sutra.
    Pengangkutan:Dikemas dlm kotak styrofoam penahan panas, tahan sampai 17 jam.
    Kota tujuan : Seluruh Indonesia.
    Kapasitas pengiriman :
    UKURAN : KAPASITAS / Ekor / BOX :
    2-2 cm : 15.000.
    2-3 cm : 8.000.
    3-4 cm : 7.000.
    3-5 cm : 5.000.
    4-6 cm : 4.000
    5-7 cm : 3.000
    Induk : 15.
    Untuk informasi harga murah berkualitas silahkan contak person Andy 085753563403 / 081227354545, kunjungi blog kami di http://www.mbenih.blogspot.com atau datang langsung ke lokasi pembibitan kami di Jl.Kaliurang Km 13,5 Sleman-Yogyakarta (10 meter selatan Honda AHASS)
    Datang….Lihat dan tentukan keputusan yang terbaik bagi anda…..

    Catatan :
    Cara mempersiapkan air kolam terpal/semen sebelum bibit ditebar :
    a) Masukkan air setinggi 20 cm dengan cara dipancurkan
    b) Tebar garam ikan/garam grasak 100 g / m2
    c) Diamkan selama 3 hari
    d) Tambah volume air sesuai ukuran bibit
    e) Masukkan pupuk urea 10 g / m2 atau pupuk organik cair dan katalis plankton (probiotik) yang mengandung bakteri nitro (Em4, Sell multi) dosis 10 ml / m2
    f) Diamkan selama 5 hari sampai air berubah warna bening kehijauan dan bibit siap ditebar.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s