ASPEK PEMASARAN, BUDIDAYA PEMBESARAN IKAN PATIN


karir anda mentok, karena pendidikan tak mendukung ? lanjutkan kuliah di |

tempat kuliah paling fleksibel SARJANA NEGERI 3 TAHUN – TANPA SKRIPSI ABSENSI HADIR BEBAS – BERKUALITAS – IJAZAH & GELAR DARI DEPDIKNAS MURAH DAPAT DIANGSUR TIAP BULAN -terima pindahan dari PTN/PTS lain
MANAJEMEN – AKUNTANSI – ILMU KOMUNIKASI – ILMU PEMERINTAHAN

022-70314141;7313350 : jl. terusan halimun 37 bandung- utkampus.net

PERMINTAAN

Secara nasional tidak diperoleh data mengenai besarnya permintaan konsumsi ikan patin. Namun, dari pengembangan budidaya ikan patin yang semakin meluas diduga bahwa permintaan ikan patin cenderung meningkat meskipun masih bersifat lokal dan belum merata di seluruh Indonesia. Permintaan ikan patin meningkat khususnya pada bulan-bulan tertentu yaitu pada hari raya keagamaan (Idul Fitri, Natal, dll). Hal lain yang menyebabkan permintaan ikan patin meningkat adalah karena ikan patin tergolong menu khusus atau istimewa menurut adat dan atau budaya lokal.

Besarnya permintaan pasar, ditandai dengan penjualan ikan patin oleh pedagang pengumpul/agen di kabupaten OKI ke kabupaten lain seperti Lahat, Prabumulih, Pagar Alam, Muara Enim, Palembang dan ke provinsi lain seperti Lampung, Bengkulu dan Jambi. Penjualan ikan patin ke luar kabupaten OKI rata-rata 40 ton per bulan. Di kabupaten OKI ada 5 pedagang pengumpul/agen, sehingga perdagangan ikan patin mencapai 200 ton setiap bulan atau 2.400 ton (77%) dari produksi budidaya ikan patin dalam setahun.

PENAWARAN

Produksi ikan patin semula hanya ikan patin lokal tangkapan yang berasal dari perairan umum di beberapa provinsi di Sumatera dan Kalimantan. Namun, saat ini produksi ikan patin sebagian besar adalah hasil budidaya, terutama sejak diperkenalkannya ikan patin jenis siam dari Thailand. Wilayah produksi budidaya ikan patin terdapat pada daerah tertentu, seperti di Sumatera Selatan, Lampung, Jambi, Riau Kalimantan Selatan dan Jawa. Dari segi sumber daya yang tersedia, wilayah tersebut cukup potensial untuk pengembangan budidaya ikan patin. Tidak diperoleh informasi mengenai produksi ikan patin dari budidaya dan perairan umum di Indonesia, namun dari hasil wawancara dengan peneliti di beberapa Balai Riset Perikanan Air tawar diperoleh kesan bahwa produksi ikan patin di Indonesia masih tergolong sedikit.

Di kabupaten OKI, pada tahun 2002 produksi ikan patin lokal tangkapan mencapai 1.301 ton, sementara produksi ikan patin budidaya mencapai 3.127 ton yang dihasilkan oleh 9.652 Rumah Tangga Perikanan (RTP) sistem karamba dan 184 RTP sistem fence. Dengan demikian produksi ikan patin hasil budidaya mencapai 71% dari total produksi. Jika dibandingkan dengan perdagangan ikan patin hasil budidaya seperti tersebut diatas (2.400 ton per tahun), berarti 77% dari produksi di pasarkan ke luar kabupaten OKI. Kenyataan ini juga sesuai dengan keterangan para pedagang ikan yang menyebutkan bahwa 80% ikan patin di pasarkan ke luar kabupaten dan hanya 20% dikonsumsi lokal.

ANALISA PERSAINGAN DAN PELUANG PASAR

Tingkat persaingan pembudidaya ikan patin di kabupaten OKI relatif rendah, dengan demikian peluang pasar masih terbuka untuk pembudidaya baru. Diperoleh keterangan dari Dinas Perikanan dan Kelautan provinsi Sumsel bahwa terdapat permintaan ikan patin sebanyak 1,5 ton per hari untuk industri pengolahan ikan patin menjadi baso, burger dan sosis ikan di Palembang. Permintaan tersebut belum dapat dipenuhi karena adanya beberapa kendala antara lain: daging ikan patin siam kurang sesuai untuk diolah menjadi produk olahan, fasilitas pendukung seperti sarana transportasi dan lokasi pabrik belum tersedia, dan masalah perijinan.

Peluang pasar untuk ekspor masih terbuka luas, karena konsumen di beberapa negara Eropa, Amerika Serikat dan beberapa negara di Asia saat ini telah mengimpor ikan patin dalam bentuk fillet dari Vietnam. Indonesia memiliki keunggulan komparatif dalam pengembangan budidaya ikan patin, terutama dengan telah diperkenalkannya ikan patin lokal (Pangasius djambal Bleeker) kepada masyarakat mulai tahun 2000 dan teknologi pembenihannya sudah tersedia di Balai Penelitian Perikanan Air Tawar di Sukamandi (Jawa Barat) dan Loka Budidaya Ikan Air Tawar di Jambi. Ikan patin djambal berpeluang ekspor, mengingat ikan patin djambal memiliki keunggulan ekonomis sebagai ikan budidaya, yaitu: bobotnya bisa mencapai 20 kg, dan dagingnya berwarna putih yang hampir sama dengan Pangasius bocourti yang merupakan komoditas ekspor dari Vietnam. Disamping itu produksi ikan patin jenis ini dapat memenuhi permintaan industri pengolahan dalam negeri. Selain sebagai ikan konsumsi rumah tangga dan industri pengolahan dalam negeri dan ekspor, ikan patin yang berukuran kecil (benih) juga berpeluang untuk dikembangkan sebagai ikan hias .

HARGA

Perkembangan harga ikan patin boleh dikatakan mengalami kenaikan dari tahun ke tahun karena pengaruh inflasi. Di kabupaten OKI, harga ikan patin berfluktuasi karena pengaruh inflasi dan adanya panen ikan sistem lebak lebung di musim kemarau serta meningkatnya permintaan pada hari raya keagamaan. Pada musim kemarau (Juli – September) harga ikan patin di tingkat pembudidaya (produsen) turun sampai Rp.7.000 per kg dan pada hari raya keagamaan meningkat sampai Rp.9.000 per kg atau rata-rata adalah Rp.8.500 per kg. Sedangkan harga jual pedagang pengumpul rata-rata Rp 8.200 s.d. Rp 9.200 per kilo (harga yang berlaku pada April 2003).

Perkembangan teknologi informasi pada saat ini membantu pembudidaya dalam menentukan harga jual ikan. Pembudidaya memiliki posisi tawar atau bargaining position dalam menentukan harga jual ikan karena sebelumnya mereka telah mengumpulkan informasi harga dari pasar-pasar lokal atau sesama pembudidaya. Baik pembudidaya maupun pedagang menyatakan bahwa harga ikan di tingkat produsen ditetapkan secara tawar menawar

JALUR PEMASARAN PRODUK

Rantai tataniaga ikan patin sangat ringkas dan efisien, sehingga harga yang diterima pembudidaya sekitar 80 – 90% dari harga yang dibayar konsumen. Pemasaran produk oleh pembudidaya dilakukan secara langsung kepada pedagang pengumpul/agen tanpa melalui pedagang perantara. Pedagang pengumpul juga merupakan pedagang benih ikan, pakan dan peralatan perikanan. Untuk menjamin stok ikan, pedagang pengumpul memiliki kolam penampungan sementara.

Pedagang pengumpul menjual ikan langsung baik kepada pengecer di pasar lokal maupun pedagang pengumpul/agen di luar kabupaten OKI. Pedagang pengecer di pasar-pasar selanjutnya menjual kepada konsumen rumah tangga dan rumah makan/warung. Rantai pemasaran ikan patin di kabupaten OKI dapat digambarkan sebagai berikut :

Dalam proses penjualan ikan, pedagang menyediakan tempat penampungan ikan (kapasitas rata-rata 7 ton ikan), peralatan panen dan tenaga kerja sedangkan pembudidaya hanya membantu. Ongkos panen dan biaya transportasi ditanggung sepenuhnya oleh pedagang. Menurut pedagang, panen dilakukan sendiri untuk memastikan agar ikan yang dipanen dalam kondisi baik, tidak luka, tidak stres dan tidak kekurangan oksigen. Dengan penanganan yang baik diharapkan tidak ada ikan yang mati selama pengangkutan karena ikan yang mati dapat menurunkan harga jual sampai dengan 12,5%.

Pembayaran kepada produsen menggunakan sistem bayar kemudian dalam tempo satu sampai dua minggu setelah panen. Ikan patin dijual dalam keadaan hidup dan pedagang pengumpul mengantarkannya kepada pemesan/pelanggan/agen pengumpul di luar kabupaten

KENDALA PEMASARAN

Di tingkat pembudidaya tidak dijumpai kendala pemasaran, namun di tingkat pedagang kendala pemasaran adalah kerusakan pada kondisi jalan yang menghubungkan kabupaten OKI dengan kabupaten atau provinsi lain. Hal ini menyebabkan penurunan kualitas ikan yang dijual sehingga harga jual ikan jatuh. Kendala lain adalah adanya persaingan harga dari pemasok yang berasal dari wilayah lain. Pedagang dari Jakarta mampu memasukkan ikan patin dengan harga yang lebih rendah dibanding harga ikan yang ditawarkan oleh pedagang di kabupaten OKI.

 @

 

Taken from :bi.go.id

About these ads

69 thoughts on “ASPEK PEMASARAN, BUDIDAYA PEMBESARAN IKAN PATIN

  1. siapa mau ikan patin Rp. 8.500/kg (isi 2 ekor).peminat harap hubungi : abd. Rokim 081335200456 atau SDN Kanten I Trucuk Bojonegoro, belum termasuk biaya transportasi

  2. selamat siang,

    saya mau menawarkan sebuah alat kontrol otomatis portable untuk mengatur siklus pompa kolam ikan. alat ini dapat mengatur secara otomatis nyala dan matinya pompa kolam ikan, yang dapat disesuaikan dengan waktu yang diinginkan dan disesuaikan dengan kebutuhan. dengan alat ini, kita tidak perlu repot-repot manghidupkan maupun mematikan pompa kolam ikan kita. semua sudah otomatis. serta dijamin hemat listrik, karena pompa kolam ikan tersebut tidak menyala selama 24 jam nonstop.

    harga alat ini Rp 1.500.000,- bila berminat dapat menghubungi saya via email ini maupun via Hp 081334500807
    terima kasih

  3. Assalamualaikum……..
    numpang jualan ya… saya sekarang lagi banyak larva patin mencapai kurang lebih 1 jt ekor harga Rp. 15,- dan 3/4″ kurang lebih 500 rb ekor harga Rp. 90,- , 1″ kurang lebih 350 rb ekor harga Rp. 115,- , 1 1/2″ dan 2″ kurang lebih 400 rb ekor harga Rp. 150,- dan Rp. 195,-. bagi temen2 yang berminat bisa hub saya di no. 021-95202436 dan 087877693926. harga bisa nego loh… dianter nyampe tempat dengan selamat dan ikan dijamin sehat. Thanks ya temen2…. semoga sukses.

    • asslamualikum…..
      utk para pencari bibit patin saya ingin menawarkan bibit patin berukuran 3/4″ harga 85 perak,1″ harga 110 perak,1,5″ harga 160 perak.bagi yang beminat bs menghubungi 021 98778079….terimakasih atas kerja samanya.

    • Pak Slam,

      Bapak ingin beli ikan patin dgn berat 0,4kg/ekor….?
      Tolong cantumkan dimana saya bisa kontak Bapak.
      Nomor HP or Rumah or email?

      tks brt pak

      pilemons
      08161932361/021-70419990

  4. assamulaikum……
    numpang promosi produk ne…..
    saya lagi bingung pemasaran patin ne….
    kali ja da yg butuh…..

    saya bisa menyediakan larva dengan harga 7 perak sekitar JABOTABEK.
    Harga tergantung juga seberapa jauh juga pengirimannya.

    selain itu tersedia juga patin konsumsi dengan size 2-3 ekor/kg dengan harga 10 rb.
    dan benih patin ukuran 3/4” dengan harga 85,-.
    1” dengan harga 110,-.

    bagi yangt berminat bisa menghubungi no 087870013823.
    kualitas ikan terjamin……
    makasih ya…..

    • assamulaikum……

      Dengan hormat
      Ibu astri suryani
      ditempat.

      Maaf sebelumnya saya akan menanyakan beberapa hal di antaranya,
      sebagai berikut :

      1 berapa minimal pembelian untuk patin ukuran 3/4”dengan harga 85,-.
      1” dengan harga 110,-.
      2 Kalau untuk luar kota misalkan ciamis, berapa biaya yang
      harus dikeluarkan untuk pengiriman?
      3 adakah pakan husus buat ikan patin dan berapa lama waktu yang
      dibutuhkan hingga dipasarkan?

      Sekian pertanyaan dari saya mudah-mudahan kesuksesan dan pengalaman Ibu astri, akan menjadikan bahan pengalaman dan pelajaran buat saya.
      sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih.

      Wasallam

      Elan

  5. asalamualaikum.wr.wb
    insy saya dari depok bisa menediakan benih ikan patin,jg ikan lainnya gurame,mas,lele dan ikan hias ada di depok…. insy harga bisa nego
    wasaalam silahkan hub ayu di 081280258919 / 02193979278

  6. numpang jualan ya… menjual bibit patin seperti larva ukuran 3/4″, 1″ bagi temen2 yang berminat bisa hub saya di no. 08121828018 – Ivan. harga bisa nego dan dijamin murah d.… dianter nyampe tempat dengan selamat dan ikan dijamin sehat. Thanks ya temen2…. Ditunggu kbarnya…

  7. Permisi ^^
    numpang jual ikan patin ukuran 1 1/4 ada kurang lebih 170rb ekor..minta Rp105 @(per ekor),diambil ditempat didaerah cinere jaksel..
    asli penjual langsung/bukan barang orang,mohon di telp ke 021-936 910 26,0856 896 8181 <>,021-933 046 52,0815 1417 8080 <>

    insy barang bagus dan sehat..terimakasih
    wass..

  8. Yth Administrator,
    Saya permisi numpang Jualan.
    Teman-teman,
    saya mempunyai ikan patin dari ukuran 3/4″, 1″, 2″ dan 3″ harga sangat kompetitif bila ada yang berminat silahkan hubungi saya di no : 08128892265 atau 021-99560131 atau email saya pro_ppgj@yahoo.com.
    Lokasi Farm saya di Jl. Poncol RT. 04/01 Kamp. Sawah, Jatimulya-Sukmajaya Depok,

    Salam

  9. Yth Administrator,
    Saya permisi numpang Jualan.
    Teman-teman,saya mempunyai ikan patin dari ukuran, 1″, 2″ dan 3″ harga sangat kompetitif bila ada yang berminat silahkan hubungi saya di :
    081389877844 atau email saya angga.atm@gmail.com
    Lokasi dsn sengon Rt 40/19 Sukamandi Jaya Ciasem-Subang.

    Thank.

  10. payah nich pada jual doang ga ada yg mo nampung atau nyari ikan patin siap panen….klo ada yg nyari harap cantumkan alamat lengkap dan nomer telepon yang dapat dihubungi yach ditunggu

  11. saya punya ikan patin dengan ukuran 1 – 2 ekor / kg harga 8000 – 9000 / kg
    bagi yang berminat hubungi saya di 085659188199,,
    untuk benih ukuran 1 – 2 ” ada sekitar 500 rb ekor harga 115 – 175/ ekor
    …………BURUAN WAKTU TERBATAS……………….

    d/a purwakarta

  12. assalamualaikum,
    saya mau numpang jualan neh,
    ada benih ikan patin uk 1 – 2″, harga 115 – 175/ekor,
    untuk uk konsumsi 8000 – 9000/ kg dengan isi 1-2 ekor/ kg
    contact person ke 085659188199
    …………….BURUAN WAKTU TERBATAS………………..

    d/a Purwakarta

  13. Ass.Saya jg mau numpang jualan neh..ada benih patin uk 1-2″ harga nego,
    ada sekitar 400 ribu ekor, lokasi daerah kranggan – cibubur ..
    klu minat boleh call ke 081382188263.. by..

  14. Assalamu’alaikum wr wb.. Kok jauh semua ya
    Saya Rencana akan usaha ikan patin, tapi cari benih di sekitar blitar ada ga?
    Terima kasih

  15. Ada yang berminat Ikan Patin ?. Saya punya ikan patin dalam jumlah besar, dan sekarang siap panen @ 9000 / Kg. Minimal 2000 Kg per transaksi, di ambil di tempat / balong saya.

    Yang berminat hubungi saya Hendra Said, di 0856 9151 4553, email aghsaid@yahoo.com.

    Terima kasih

  16. numpang jualan ya…
    tersedia bibit patin ukuran 3/4″ s/d 2″ bagi temen2 yang berminat bisa hub saya di no. 08568224982 / 081316515464 – Iqbal.
    harga dijamin bisa nego dan dijamin murah deh.… ikan dianter nyampe tempat dengan selamat dan ikan dijamin sehat. Thanks ya temen2…. Ditunggu kbarnyo…

  17. Numpang lewat.

    Saya bisa menyediakan biibit ikan patin ukuran 3/4 dan 1 inch , kapasitas produksi 500 rb per bulan.

    hub : 0816732213

    Bogor

  18. Mas, saya mau cari ikan patin konsumsi (ukuran diatas 0,5kg) untuk daerah sawangan dekat reny jaya. Sekitar 1 kwintal saja untu awal
    Hub. 0818781249

  19. ass. .
    saya bobie,jual larva patin dgn harga 15perak.
    dan jual ikan ukuran 1inc dan ada membutuhkan penxuntikan jga
    ada yg berminat hub 081288718089.
    trimz ya . . .

  20. Salam buat sao dara yg lagi berjuang dalam budidaya ikan..semoga sukses..

    saya punya bibit patin kali aja ada yg butuh….
    hub:085719405570

    lokasi dekat qok.dramaga Bogor, harga bisa kita bicarakan belakangan ok..

  21. Sementara itu, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Propinsi Jawa Barat Ir. Ahmad Hadadi mengatakan, peluang usaha dan pasar ikan patin ini masih sangat terbuka luas. Saat ini produksi patin di Jawa Barat mencapai 620 ribu ton per tahun sedangkan jumlah permintaan berkisar 1 juta ton per tahunnya. Usaha budidaya ikan patin ini sangat menjanjikan.

    ada yang berminat bibit ikan patin Hub: 085719405570

  22. Saya ingin belajar langsung cara beternak/budidaya ikan patin dengan cara bekerja sambil belajar. Adakah peternak yang bersedia menampung saya?

    Agung

  23. info jetu
    ada ikan patin 3/4 inc. 150 ekor hubungi hendy Jln. slajambe-cibaraja cisaat sukabumi 081563377005…

  24. masih sedia bibit patin 1 inchi 80 rb ekor seharga Rp 70,- (nego)
    ada yang berminat hubungi 081387647570
    dan bisa kontinyu mensuplai benih patin, kapasitas produksi 150-200 ekor/bulan 3/4 – 1 inchi

  25. saya ingin serius dlm mempelajari bididaya ikan patin danmempratekan dngan ilmu yang saya peroleh tlng ada yang mo bagi2 pengalaman gak??

  26. saya Anjasa mencari konsumen ikan patin dalam jumlah sekala besar atau pun kecil. saya memiliki ikan patin dengan ukuran /1 kg bahkan lebih per ekor.siapa yang berminat silahkan hubung ke No.01297804372

  27. ass…bisa bantu saya buat belajar peternakan ikan patin…saya msh minim pengalaman…alamat saya di cianjur..

  28. saya ada didaerah brondong lamongan bagaimana cara mendapatkan bibit ikan patin dilamongan,cara memasarkan bila panen berapa bulan pembesarannya dan jenis pakan ikannya serta vitamin ikan bila kena bakteri apa tolong dijelaskan

  29. saya ingin pesan bibit patin dan nila dalam jumlah partai untuk daerah madiun,,harap hubungi saya bagi yang ingin jadi suplier.

  30. Mohon bantuannya teman2, lagi panen patin tp pembeli gak ada……
    Padahal kebutuhan nya besar…..setelah di budidayakan gak ada yg mau nampung meskipun harga bersaing Rp.8-9rb/kg……

    Bantu-bantu lah sesama pedagang patin nih….biar bisa beli bibit lagi n dibudidayakan lagi….tks berat teman2…..

    saya dapat dihub di 08161932361/021-70419990

    pilemon

  31. ass…temen2 sekalian saya anak surabay asli, sya minta bantuan temen2 sekalian,brpa harga bibit ikan patin /ekor?
    minta tlong ya temen2…..
    hub. sya ke 081803100029 n 031 71706795 an. sulthon

  32. salam..numpang beri informasi. bibit Ikan Patin liar/asli sungai musi telah berhasil dilakukan pembesaran di kerambah apung perairan plaju palembang, yang tergabung dalam Kelompok Tani Kerambah Apung SUMBER HARAPAN Plaju. sekarang kemampuan produksi ikan patin sungai Musi pertahunnya sekitar 20 ton pertahun. pada tingkat petani ikan patin ini dijual berkisar antara Rp. 20.000 s/d Rp. 28.000 per kilo. memang banyak perbedaan antara ikan patin bibit dan ikan patin sungai musi baik kwalitas daging maupun rasa. Benih ikan didapat dari sungai musi dengan cara dipancing (rawi) sedangkan harganya besar kecil Rp. 1.000/ekor. Pemasaran sementara ini hanya 100 kg sampai 200 kg perhari yang sanggup dibeli oleh pedagang ikan baik untuk konsumsi langsung maupun untuk rumah makan.
    KELOMPOK TANI kERAMBAH APUNG SUMBER HARAPAN
    Jl. Kopral Paiman Rt. 10 Kelurahan Bagus Kuning Kecamatan Plaju Palembang
    telp. 0711-7929111 / 0813-672 118 74

  33. saya lagi mau coba budi daya ikan patin dan lele kira kira ada yg bisa bantu,, tolong kirimkan daftar harga bibitnya dan kemana untuk memasarkannya,,, terima kasih ni hp sya 081908027736

  34. saya mencetak benih ikan patin 3/4 dan 1″
    mencari pembeli benih ikan patin…….

    nanda
    lokasi: cibanteng proyek bogor
    hbungi: 081382555159

  35. saya mencetak benih ikan patin 3/4 dan 1″
    mencari pembeli benih ikan patin…….

    nanda
    lokasi: cibanteng proyek bogor
    hbungi: 081382555159

  36. Assalmuallaikum,, ntuk yg berminat ingin punya tempat budidaya pembibitan patin di subang – ciasem – sukamandi, kami mau jual hecry/fam,dgn luas tanah 660 m2,[sertifikat] + rumah tinggalnya, hecry/fam 2 unit kapasitas sekali tebar 500,000 ekor larva, info lebih lanjut bisa hub. nano.marno di 0852 2085 6157

  37. UD. NABILA FARM

    Kami petani ikan air tawar dari Sleman-Yogyakarta yang sudah berpengalaman, menyediakan segala macam bibit ikan air tawar unggul dan bermutu tinggi. Melayani pengiriman keluar kota dan luar pulau.
    Bibit yang kami hasilkan adalah bibit berkualitas, telah terbukti dengan penanganan yang baik dan benar bibit hasil dari produksi kami dapat berkembang dengan baik dan cepat pertumbuhannya. Berikut kami informasikan data dari tempat usaha pembibitan kami :

    Komoditas : PATIN, BAWAL, MAS, TAWES, GRASCAP, NILA, GURAMI
    Sistem : Intensif
    Pengangkutan : Dikemas plastic polyteline dalam kotak styrofoam penahan panas
    Kota tujuan : Seluruh Indonesia

    KAPASITAS PENGIRIMAN / BOX :
    BAWAL ukuran ¾ inci = 7000 ekor, 1 inci = 6000 ekor, 1 inci up = 5000 ekor
    PATIN ukuran 1 inci – 1 inci up = 6000 – 7000 ekor
    IKAN MAS ukuran 2-3 = 6000 ekor, 3-4 = 5000 ekor, 3-5 = 4000 ekor
    TAWES ukuran 2-3 = 6000 ekor, 3-5 = 5000 ekor
    GRASKAP ukuran 2-3 = 6000 ekor, 3-5 = 5000 ekor
    NILA ukuran 2-3 = 6000 ekor, 3-5 = 5000 ekor, 4-6 = 4000 ekor
    GURAMI ukuran 2-3 = 6000 ekor, 3-4 = 5500 ekor, 3-5 = 5000 ekor, 4-6 = 4000 ekor, 5-7 = 3000 ekor, Jempol = 1250 ekor
    Untuk wilayah Yogyakarta dan sekitarnya pengambilan langsung ke kolam kami minimal 1000 ekor benih.

    Informasi harga murah berkwalitas silahkan contak person Andy 085753563403 / 081227354545, kunjungi blog kami di http://www.abenih.blogspot.com atau datang langsung ke lokasi pembibitan kami di Jl.Kaliurang Km 13,5 Sleman – Yogyakarta (10 meter selatan dealer Honda AHASS)
    Datang…Lihat dan tentukan yang terbaik bagi anda.

  38. Halo rekan-rekan petani Ikan …. saya mo minta informasi (saya pemula) … saya mo buka usaha pembesaran lele dan patin …. kira-kira pemasarannya kemana ya ……. terima kasih …………….. coba mohon di emai ke ws_diadz@yahoo.com

  39. salam kenal rekan2 petani ikan… saya baru mendirikan peternakan ikan di limbangan garut, barangkali ada yg memerlukan ikan bisa hub.saya di: 085695074314 thx…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s