KAJIAN USAHA BUDIDAYA IKAN NILA GIFT DI PASURUAN, JAWA TIMUR


Anda sibuk tapi masih ingin meraih sarjana untuk menunjang karir, maka inilah |

tempat kuliah paling fleksibel SARJANA NEGERI 3 TAHUN – TANPA SKRIPSI ABSENSI HADIR BEBAS – BERKUALITAS – IJAZAH & GELAR DARI DEPDIKNAS MURAH DAPAT DIANGSUR TIAP BULAN – terima pindahan dari PTN/PTS lain
MANAJEMEN – AKUNTANSI – ILMU KOMUNIKASI – ILMU PEMERINTAHAN

70314141 -7313350jl. terusan halimun 37 bandung- utkampus.net

 

PENGARANG : Dyan Vidyatmoko, M. Husni Amarulah, dan Dody Irawan

Abstract

To solve problems in Tilapias culture, one alternative solution can be presented by proposing the application of Tilapias GIFT scheme includes all integrated activities in breeding growing and processing in order to develop its sustained activities in Pasuruan, East Java. The purpose of this paper is to discuss whether the investment in this scheme in Pasuruan, East Java is feasible or not in the view of financial aspects. Based on the financial analysis, it can be concluded that the project looks feasible. This can be indicated by cash flow, Net Present Value, Internal Rate of Return and Pay Back Period. From the sensitivity analysis shows the project sensitizes from the changes of production cost and output price.

KATAKUNCI : budidaya, ikan nila GIFT, analisis finansial

Sumber :

Jurnal Sains dan Teknologi Indonesia Vol.2, No.3, (Juni 2000), hal. 75-81 Humas-BPPT/ANY

PENDAHULUAN

Pada umumnya usaha budidaya ikan nila di Indonesia masih dilakukan secara tradisional di kolam-kolam meskipun budidaya karamba jaring apung (KJA) di waduk dan perairan umum Jawa Barat dan Jawa Tengah. Dala usaha budidaya tradisional skala kecil pada umumnya produksi ditujukan untuk konsumsi keluarga, sedangkan pada skala usaha (bisnis) masih menghadapi berbagai kendala di antaranya adalah penerapan teknik budidaya dan manajemen yang belum baik; kurangnya benih yang berkualitas baik; belum adanya sistem tataniaga yang efisien serta harga masih ditentukan oleh perusahaan besar, dan kurangnya diversifikasi produk.

Dalam usaha pembenihan, pengembangbiakan masih dilakukan secara bebas dan tidak terkontrol oleh unit pembenihan rakyat (UPR) tanpa memperdulikan penurunan kualitas benih yang dihasilkan. Penurunan kualitas benih mengakibatkan penurunan produksi. Ikan mudah terserang penyakit, ukuran dalam satu umur menjadi sangat beragam dan tingkat pertumbuhan rendah. Budidaya ikan nila di dalam KJA belum berkembang di waduk dan danau-danau, kecuali pada sebagian waduk di Jawa.

KESIMPULAN

  1. Dari analisis finansial menunjukkan bahwa budidaya ikan nila GIFT di Pasuruan, Jawa Timur membutuhkan biaya investasi dan modal kerja sebesar Rp 3.161.125.000,-

  2. Dari analisis finansial dapat ditunjukan bahwa proyek Rugi Laba dan nilai NPV positif serta nilai IRR sebesar 44,2% dan 37,1% pada masing-masing Unit Pembenihan dan Unit Pembesaran. Indikator-indikator di atas memberikan kesimpulan bahwa usaha budidaya ikan nila GIFT di Pasuruan cukup menguntungkan untuk dilaksanakan.

Dari analisa sensitivitas di mana diskenariokan adanya perubahan harga input dan harga output sebesar 10% maka pola usaha di Unit Pembenihan dan Unit Pembesaran sensitif terhadap perubahan total biaya produksi dan harga output. Meskipun demikian Unit Pembenihan dan Unit Pembesaran masih layak dilaksanakan.

 

Source : iptek.net.id

74 thoughts on “KAJIAN USAHA BUDIDAYA IKAN NILA GIFT DI PASURUAN, JAWA TIMUR

  1. saya membutuhkan bibit ikan lele, dimana harus saya dapatkan didaerah probolinggo dan sekitarnya. thank’s atas infonya.

    • bagi semua petani ikan
      yang ingin ikut join di budidaya ikan bawal, nila, lele, gurami
      kami siap membantu. baik dari permintaan ikan
      maupun siap menerima bagi yang ingin berivestasi
      semakin banyaknya permintaan pasar
      dalam menghadapi bulan Agustus dalam ajang kompetisi
      dan bulan puasa, sebaiknya kita persiapkan dari sekarang
      ===================================
      Bpk. Adi – Jogjakarta
      +62857 2964 5050

  2. wah..klo benih le2 mending cari d lumajang ato wil jember selatan aja…
    klo d lumajang cari nama pak Supri…tepatnya Lumajang desa Rowokangkung…ato tanya orang Dinas Perikanan di Lumajng tentang pak SUpri….saya pernah liat sendiri petani Probolinggo beli pakan n benih di beliau…

  3. halo ak tinggal dimalang… ak mulai beternak ikan nila…. ni mas dadang dr surabaya ya ? yang jual pakan mina feed? ak cuma mau tanya untuk penjualan hasil dari ikan nila biasanya kemana ya? ada tengkulaknya? ato kita jual kepasar2….. tolong dong klo ada yang tau thanks kirim ke emailku jasminenadeba@yahoo.com

  4. gmn cara budidaya ikan nila, ikan mas, sama ikan mujair?bisa bantu saya?penting buat bahan makalah.

  5. gmn sih caranya budidaya ikan nila?slx aku dari dulu banyak ga2lnya darii pada berhasilnya……………………????
    berpeluang mn beternak ikan lele sama nila????

  6. Bagi teman-2 yang memerlukan bibit ikan nila hitam UNGGUL, MONOSEX JANTAN. Silakan pesan ke saya. ukuran 1-2 cm harga 50, 2-3 cm harga 60 dan 3-5 cm harga 80 (franco lokasi Pasuruan). Trims. Salam sukses. (Fran).

      • Halo mas Tanto, hatchery saya ada d Umbulan… anda dimana?
        Bila memerlukan kami bisa kirim…. kalo dekat pake jalan darat, kalo jauh via udara… sy biasa kirim ke Bali, Lombok n Kalimantan..

        Salam,

        (Fran)

    • PAsuruan mananya ya frans..saya panggil apa enaknya,saya umur 22tahun..Kalo kirim apa syaratnya & klo ambil sendiri di packing sama apa,tahan berapa lama ikannya,thx

      • Halo bung Eko, hatchery saya ada di Umbulan, anda ada dimana?… kalo mau pesan, jarak dekat saya kirim jalan darat, tapi kalo jauh via udara.. packing pake kantong plastik+oksigen trus dimasukkan dalam styrofom… aman untuk maks 8 jam perjalanan….

        Salam,

        (fran)

      • Mas , Frans minta no.HP / no. telp yg bisa di hubungi,
        saya minta info harga bibit nila monosex, thanks

      • pak, saya domisili lumajang – jawa timur, apa bapak saat ini masih butuh nila konsumsi, saya ada stock . kontak saya / sms di :
        081336753393 / 087860333309

    • pak fran….
      saya ardhi taufiq… alamat kidul dalem,di bangil – pasuruan
      saya butuh bibit ikan nila 10.000 ekor. kira – kira berapa harga bibitnya pak??
      bisa dikirim atau saya ambil sendiri???
      saya butuh dalam bulan ini pak….

      klo bapak gak keberatan mohon di kasih infonya pak…
      atau telpon saya di no Hp : 081234560232

    • mas fran, alamate pasuruan mn? no tlefonya berapa? gini mas saya mau cari bibit ikan nila unggul, klu mau ngirimi alamat ke nomer hpku aja mas ni nomerny 08563230006

    • Saya juga orang pasuruan mas.ingin berwirausaha bisa belajar di tempat anda?Umbulan sebelah mana?Saya di bangilan utara alun2

  7. saya mo tnya teknik apa saja yg dperlukan untuk bertambak ikan nila.. seperti pembuatan kolam, temperatur air, kadar keasaman, dan komposisi makannya… tolong djelaskan tutorialnya via e mail saya.. thanks..

  8. Saya berada d cilegon, banten, d mana sya bisa mendapatkan bibit ikan lele, mas dan nila, trus kira2 brapa harga msing2 bibitnya perekor utk tiap jenis ikan

  9. salam pak fran, saya heri di lamongan, alamat lengkapnya pak fran dimana? ada nomer telpon?…. saya butuh benih nila hitam monosex jantan,.. kalo kirim ke lamongan bisa nggak? minimal order dan ongkosnya berapa?…
    terimakasih

    heri
    087852363930
    031-77598687

  10. Salam rekan rekan,
    Saya riadi, bagi rekan2 yang membutuhkan pasokan ikan nila mas dapat hub saya di riadi88@yahoo.com.
    Langsung dari kolam pemijahan ukuran 1 kilo= 2-3 ikan.
    Apabila rekan2 mengetahui pemasarannya tolong di bantu.
    Terima kasih.

  11. Mohon info harga nila size 8 – 12 cm/ekor.
    Kami membutuhkan banyak dan rutin setiap bulan.
    Thanks Pak

    Yunus
    0811301313

  12. saya membutuhkan ikan nila ukuran konsumsi. Kalau dikirm ke lumajang berapa harga per-kilonya dan berapa pembelian minimal yang akan dilayani ?

  13. saya baru belajar pemula beternak ikan nila (untuk jenisnya saya tdk tahu), kolam yang saya miliki ukuran 2 x 3 m, dengan air PAM yang saya diamkan selama 1 minggu, kemudian saya isi dengan benih ikan nila sebanyak 500 ekor seukuran batang korek api. dengan pemberian pakan 2x sehari menggunakan pelet apung. setelah sekitar 1 bulan banyak ikan saya yang mati … saya minta bantuannya 1. Apa karena pengaruh air, 2. Masalah pakan, 3. Suhu Kolam. mohon kirim ke computer_pgc@yahoo.co.id. trima kasih sebelumnya

    • to : pak singgih

      kalau bpk budidaya nila merah jangan langsung diberi makan pelet apung pak. pakan peletnya harus di diamkan dalam air dulu sampai mengembang.
      kurang lebih 3 – 5 menit. kalau bpk beri pakan pelet langsung maka ikannya akan mati, karena pelet apungnya membesar dalam perut ikan tersebut.

      yg ke – 2

      bapak harus cek kolam ikan bapak terlebih dahulu. apakah sudah seteril dari penyakit atau limbah kimia. bila perlu seterilkan sama pupuk urea dan TSP.

      yg ke- 3

      suhu air juga harus stabil 25 – 30 derajat C.
      kalau kolam baru 2 minggu harus ganti air, 1/2 air kolam harus diganti.
      jadi ada sirkulasi air yg masuk.

      selamat mencoba pak…GOOD LUCK
      amin….

      kirim pesan via email : ardhi.taufiq@yahoo.com

  14. dimana saya mendapatkan benih lele phyton yang terdekat dengan tempat tinggal saya didaerah pondok gede bekasi . untuk ukuran 5-8cm.

  15. Salam kenal kepada semua teman yang senang pelihara dan makan ikan, saya Anton dari Sengata KALTIM. Saat ini saya sedang pelihara ikan nila gif,dengan melihat perkembangan ikan dan pasar yang cukup baik maka saya berencana untuk membuat pembibitan ikan nila gif dengan cara mono sex. Tapi jujur saya baru sedikit tahu soal cara monosex itu,yang konon menggunakan hormon metyl testosteron,karena itu saya sangat mengharap dari siapa saja teman-teman yang punya pengalaman dalam hal ini untuk bisa membantu saya dan dimana saya bisa mendapatkan hormon itu. Ini alamat e mail saya antonlamba@gmail.com terima kasih atas bantuannya.

  16. saya pemula ingin melakukan pembesaran ikan lele di kolam terpal 2×3, sebaiknya lanhkah pertama apa yang harus saya lakukan agar bisa berjalan dengan baik?? berapa jumlah bibit yang tepat untuk di tebar, tepatnya di daera jalan kaliurang km 13 jogja kurang lebih udara dingin di daerah tsb, kolam semen namun bocor sehingga saya ambil jalan dengan terpal.. mohon bantuanya

    • budidaya lele sebenarnya tidak terlalu sulit dan waktunya jugaa pendek. Cuma kadang kita sebagai produsen tidak mampu menentukan harga jual. example kolam dengan ukuran 4×8 m bisa ditebar 5000 bibit dengan ukuran 3x5cm. Siapkan pelet 15 sak dalam 2.5 bl akan dapat dipanen 3.5 kw lele konsumsi

  17. Slam kenal saya adalah agen baru ikan mas,bawal,lele membutuhkan pasokan ikan tsb.mas 500 kg per 2 hari bawal 200 kg per 2 hari lele 300 per 2 hari .ukuran ikan mas 2,3/kg 1/kg ikan bawal 1,2,3,4/kg ikan lele 2,3,4/kg.bagi petani yg ingin menjual hasil panennya silahkan hub.chaunk(08121999419) trim’s

  18. salam kenal..sya mahasiswa..dan berminat untuk mmulai bisnis ikan nila…Bagai mana segmen pasar dan peluang usahany…Kira2 butuh modal brp untk mmulai usaha ini..Sya sdh mmiliki kolam sndiri…Mohon bantuanny..

  19. Salam hangat bagi semua pecinta dunia ikan..
    Sebelumnya sy ingin menjelaskan bahwa tidak ada benih nila yang benar2 monosex 100%,semua pasti ada kelemahannya (yaitu memijah/kawin/beranak),hanya sj benih yg bagus tingkat pemijahannya hanya 10% (itu jg sdh bagus loh)..Coba kita hitung,misal kita tbr 10rb benih dan yg branak 1rb ekor..1 ekornya mnghasilkan 300-500 larva.So total ada benih yg tdk kita inginkan skitar 300-500rb larva (1rb X 300-500 ekor larva)..
    Tidak semua hatchery jg bs membuat/mempunyai strain indukan yg mnghasilkan anak yg monosex (1 jns kelamin)..Butuh proses yg rumit dan pnjang utk membuat induk yg scr genetis bs menghasilkan anak yg monosex (knapa hrs genetis,krn skrng mlakukan monosex dg hormon dilarang oleh pmrntah kita)..
    Kalau yg ingin melihat berbagai macam induk dan benih yg bagus,silahkan datang ke hatchery Suryo Sakti Pasuruan (Matahari Sakti Hatchery) yg beralamat di Ds.kersikan-pasuruan (081334533404)
    disana anda akan kami eelaskan sr panjang lebar mengenai bgmana memilih induk, benih yg bagus, serta teknik budidaya yg optimal mnurut versi kami
    Terimakasih

  20. bila anda butuh bibit ikan nila atau GIFT saya bisa sediakan berapapun kebutuhan anda dg harga yg sangat murah krn kami pemasok bibit di kediri ke berbagai kota di jatim dan luar jawa.
    kalau anda membutuhkan kami siap melayani, sebagai acuan ukuran 2-3 kami jual 30 rupiah/biji.

    hub: 085731144045 / 081335070548

    • mas haryoko…..kalo pemesanan untuk pulau kalimantan gimana cara nya mas…saya tertarik dengan penawaran yg mas sampai kan…kalo mas mau kita bisa join berbisnis benih nila..karena di kaliman tan banyak yg membutuhkan bibit nila…..trims

  21. Sy lg mencari pengepul/pembeli ikan nila daerah surabaya & malang, kalo bisa ambil ditempat (pasuruan)..segera..mau panen.
    081233503058

  22. info untuk para peternak ikan gurami salah satu penyakit ikan gurami adalah virus yang menempel disisk ikan pengalaman saya salah satu penanggulangannya adalah dengan tunas muda pisang klutuk(pisang yang banyak isinya) dipotong kecil-kecil dan taburkan kedalam kolam. untuk ukuran kolam 32m2 cukup dengan 2 buah tunas pisang. selamat mencoba.

  23. UD. NABILA FARM

    Kami petani ikan nila dari Sleman-Yogyakarta yang sudah berpengalaman. Kami menjual dan bibit ikan nila berbagai ukuran. Melayani pengiriman keluar kota dan luar pulau. Alamat : Jl. Kaliurang Km 13,5 Sleman-Yogyakarta.
    Bibit ikan nila yang kami hasilkan adalah bibit nila berkualitas, telah terbukti dengan penanganan yang baik dan benar bibit nila hasil dari produksi kami dapat berkembang dengan baik dan cepat pertumbuhannya. Berikut kami informasikan data dari tempat usaha pembibitan kami :
    Jenis : Nila Merah Super, Gesit, Nirwana, GMT dan GIFT
    Sistem pengairan : Air mengalir
    Pemijahan : Alami.
    Sumber air : Mata air / irigasi
    Kolam : Tembok / semen
    Pakan : Pelet butiran 781-1
    Kedalaman : 70 – 100 cm
    Kepadatan : 80 – 100 ekor / m2
    Pengangkutan : Dikemas dalam kotak styrofoam penahan panas, tahan sampai 19 jam.
    Kota tujuan : Seluruh Indonesia.
    Kapasitas pengiriman :
    UKURAN : KAPASITAS / Ekor / BOX :
    Larva : 50.000.
    2-3cm : 6.000
    3-5cm : 5.000.
    4-6cm : 4.000.
    5-7cm : 3.000
    Untuk informasi harga murah berkualitas silahkan contak person Andy 085753563403 / 081227354545, kunjungi blog kami di http://www.nbenih.blogspot.com atau datang langsung ke lokasi pembibitan kami di Jl.Kaliurang Km 13,5 Sleman (10 meter selatan Honda AHASS)
    Datang….Lihat dan tentukan keputusan yang terbaik bagi anda…..

  24. UD. NABILA FARM

    Kami petani ikan air tawar dari Sleman-Yogyakarta yang sudah berpengalaman, menyediakan segala macam bibit ikan air tawar unggul dan bermutu tinggi. Melayani pengiriman keluar kota dan luar pulau.
    Bibit yang kami hasilkan adalah bibit berkualitas, telah terbukti dengan penanganan yang baik dan benar bibit hasil dari produksi kami dapat berkembang dengan baik dan cepat pertumbuhannya. Berikut kami informasikan data dari tempat usaha pembibitan kami :

    Komoditas : PATIN, BAWAL, MAS, TAWES, GRASCAP, NILA, GURAMI
    Sistem : Intensif
    Pengangkutan : Dikemas plastic polyteline dalam kotak styrofoam penahan panas
    Kota tujuan : Seluruh Indonesia

    KAPASITAS PENGIRIMAN / BOX :
    BAWAL ukuran ¾ inci = 7000 ekor, 1 inci = 6000 ekor, 1 inci up = 5000 ekor
    PATIN ukuran 1 inci – 1 inci up = 6000 – 7000 ekor
    IKAN MAS ukuran 2-3 = 6000 ekor, 3-4 = 5000 ekor, 3-5 = 4000 ekor
    TAWES ukuran 2-3 = 6000 ekor, 3-5 = 5000 ekor
    GRASKAP ukuran 2-3 = 6000 ekor, 3-5 = 5000 ekor
    NILA ukuran larva = 50.000, 2-3 = 6000 ekor, 3-5 = 5000 ekor, 4-6 = 4000 ekor
    GURAMI ukuran telur = 50.000, 2-3 = 6000 ekor, 3-4 = 5500 ekor, 3-5 = 5000 ekor, 4-6 = 4000 ekor, 5-7 = 3000 ekor, Jempol = 1250 ekor
    Untuk wilayah Yogyakarta dan sekitarnya pengambilan langsung ke kolam kami minimal 1000 ekor benih.

    Informasi harga murah berkwalitas silahkan contak person Andy 085753563403 / 081227354545, kunjungi blog kami di http://www.abenih.blogspot.com atau datang langsung ke lokasi pembibitan kami di Jl.Kaliurang Km 13,5 Sleman – Yogyakarta (10 meter selatan dealer Honda AHASS)
    Datang…Lihat dan tentukan yang terbaik bagi anda.

Leave a Reply

