Kandungan & Manfaat Ikan Teri Bagi kesehatan


ImageIkan teri merupakan jenis ikan kecil yang sering digunakan sebagai lauk, campuran resep makanan, atau bahkan sebagai bumbu pelengkap dari masakan nusantara Indonesia. Bahkan kebanyakan masyarakat Indonesia yang tinggal didaerah pesisir pantai selalu menambahkan ikan teri kedalam campuran masakan mereka, seperti masakan suku Melayu di Sambas Kalimantan Barat.

Bukan hanya sebagai penambah penyedap masakan, Ikan teri ternyata dapat memberikan manfaat besar dalam hal kesehatan terutama bagi anda yang suka makan ikan teri.
Pada umumnya orang selalu beranggapan bahwa ikan teri memiliki manfaat besar terhadap organ tulang karena memiliki kadar kalsium tinggi, dan hal itu dibenarkan oleh Dr. dr. Fiastuti Witjaksono, MSc. MS. Sp.GK. kalsium sangat diperlukan untuk mencegah tulang keropos, kesehatan gigi dan untuk nutrisi  penunjang ibu hamil.
Bukan hanya kaya akan kalsium ikan teri juga memiliki gizi yang baik untuk tubuh, meskipun kecil kandungan nutrisi yang terkandung didalamnya tidak bisa di anggap remah, karena bisa berdampak besar bagi kesehatan tubuh anda. Berikut nutrisi lain serta manfaat dari mengkonsumsi ikan teri :
Vitamin
Ikan Teri sangat kaya akan vitamin B. Dua ons teri mengandung 56 persen dari kebutuhan laki-laki dewasa akan asupan makanan untuk zat niacin, 17 persen untuk vitamin B-12 dan 13 persen untuk riboflavin. Vitamin ini memainkan peran penting dalam produksi energi, sintesis DNA, kesehatan saraf, pembentukan sel darah merah, pencernaan dan pemeliharaan kesehatan kulit, saraf dan penglihatan.
Mineral
Teri juga merupakan sumber mineral untuk tubuh. 2 ons teri dapat meningkatkan 26 persen pasokan dari kebutuhan laki-laki dewasa untuk zat besi, 16 persen untuk fosfor dan 10 persen untuk kalsium dan seng. Mineral ini memainkan peran penting dalam tulang, saraf dan kesehatan otot dan membantu dalam regulasi glukosa, produksi energi, fungsi kekebalan tubuh, pembekuan darah dan oksigenasi darah. Perlu dicatat bahwa wanita dewasa memiliki kebutuhan zat besi yang jauh lebih besar daripada pria.

sumber : http://www.zonakesehatan.info

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s