Waduk Keliling Aset Vital di Aceh Besar


Waduk terbesar di Daerah Aceh Besar kini sudah menjadi momen penting  di pemerintah aceh besar, dalam beberapa tahun yang lalu waduk keliling yang di biayai dengan anggaran 270,3 miliar rupiah itu dengan luas lahan 330 hektar dengan kapasitas bisa menampung air lebih 18 juta meter kubit, dalam beberapa bulan terakhir ini air yang sudah tertampung di dalam waduk tersebu hampir mencapai 20 juta meter kubit dengan kedalaman 7 sampai 20 meter, kalau kita liat jarak pandang hampir 3 kilometer persegi.

Menurut Bupati Aceh Besar Bukhari Daud mengatakan pada pewarta HOKI di Kota Jantho, saya sangat bangga dengan adanya waduk keliling, apalagi waduk ini di resmikian oleh Presiden SBY yang dibangun oleh BRR, dengan jumlah Anggaran 270,3 miliar rupiah dan ini sudah menjadi momen besar bagi pemerintah kami di Aceh Besar.

Terutama di bidang wisata dan kita akan membuat taman taman di situ supaya masyarakat yang mengujung tempat itu bisa menikmati hawa yang sejuk dan teduh. Kita, urai Bupati, juga membuat tempat itu untuk tempat pemancingan warga di sekitar. Kita sekarang akan menyediakan bibit ikan tawar untuk kita tabur kedalam waduk yang sudah beberapa bulan kita tampungkan air dan dalam beberapa bulan ini kita akan order bibit ikan apa yang ada yang bisa di manfaatkan oleh warga sekitar nanti.

Bukhari menambahkan untuk kita ciptakan suasana yang dingin di  seputaran waduk kami sudah ada program untuk menanam 10 ribu bibit pohon yang bertepatan dengan hari bumi dan kami akan menanam bibit pohon itu yang bekerja sama dengan radio rapi Aceh Besar, selai menanam pohon. Akan membangun jalan di sekeliling waduk supaya para wisata yang berkunjung nanti bisa menikmati pandangan di sekeliling waduk yang sangat luas itu, Bukhari juga mengharapkan dengan adanya penyimpanan air di waduk keliling yang luas 330 hektar itu supaya bisa dimamfaatkan oleh masyarakat banyak khususnya masyarakat petani sawah di seputaran Aceh Besar dan sekitarnya.

Ada suatu hal yang patut kita ingatkan sebelum waduk keliling menampung air sebegitu banyak dan waktu program pertama pembangunan ada yang bilang apa itu pekerjaan buang buang duet negara saja, tapi dengan hasil kerja keras putra  Aceh sendiri akhirnya waduk keliling sudah berhasil dan sekarang sudah bisa di fungsikan/dimanfaatkan oleh masyarakat banyak apalagi sekarang air yang sudah ditampung  hampir mencapai 20 juta meter kubik.

Kalau sekarang air itu kita lepaskan dengan sengaja dan sekalian kemungkinan besar Aceh Besar sebagian banjir. Bukhari juga mengingatkan barang siapa yang ingin  mengunjungi tempat wisata waduk keliling itu jangan sampai membawa sial dan jaga ketentuan dalam agama dan harus saling menghormati. Kami tidak melarang untuk mengunjungi tempat itu, papar Bukhari Daud.

 

kabarindonesia.com,20/3/2009.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s