Budidaya Ikan Mas


Reporter : Fella Sumendap, Asep Syaifullah
Juru Kamera : Ahmad Susanto, Dedi Suhardiman
Penyunting Gambar : Yogya Harmoko
Lokasi : Cipedes, Tasikmalaya
Tayang : 8 September 2007 Pukul 07.00 WIB

Budidaya ikan mas banyak digeluti petani ikan di Tasikmalaya, Jawa Barat. Wilayah Tasikmalaya memang sangat cocok untuk usaha budidaya ikan mas, karena cuacanya mendukung dan memiliki sumber air yang cukup. Budidaya ikan mas disini dilakukan petani mulai dari pembibitan hingga pembesaran.

Salah satu lokasi budidaya ikan mas, terletak di Kecamatan Cipedes, Tasikmalaya, yang dikelola Haji Jaka.

Untuk mencapai lokasinya dari Jakarta dapat melalui jalan tol Jakarta � Cipularang, keluar di pintu tol Cileunyi, Bandung. Selanjutnya perjalanan diteruskan kearah Tasikmalaya.

Di areal seluas lebih dari 13 ribu meter persegi, yang terletak di Jalan Cigeureung, Nagarasari, Cipedes, Tasikmalaya, inilah Haji Jaka membudidayakan ikan mas mulai dari pembibitan hingga pembesaran.

Sebelum bibit ikan mas ditebar, kolam harus diolah terlebih dahulu dan dibersihkan dari rumput serta kotoran. Lalu kolam diberi pupuk kandang. Setelah itu, kolam didiamkan selama sepekan. Barulah kemudian ditebari bibit ikan mas.

Usaha budidaya ikan mas cukup menjanjikan keuntungan. Biaya untuk pembibitan anak ikan mas, di kolam seluas 1000 meter persegi selama 35 hari, mulai dari larva hingga anakan sekitar 7 juta rupiah.

Setelah dibesarkan selama tiga bulan di kolam dapat diperoleh ikan mas sebanyak hampir 3 ton dengan harga jual sekitar 8.500 rupiah per kg.

Ikan mas dari kolam milik Haji Jaka ini dipasarkan ke pedagang, pemilik restoran dan tempat pemancingan. Jumlahnya sekitar 4 sampai 5 ton ikan mas segar per hari. Menjelang bulan ramadhan ini permintaan terhadap ikan mas meningkat. Harganyapun naik menjadi 10.500 rupiah per kg.

Tasikmalaya memiliki potensi sebagai tempat budidaya ikan mas, namun para petani disini masih menghadapi kendala, karena masih kurangnya bantuan dari pemerintah daerah setempat.(Helmi Azahari/Ijs)

dari : indosiar.com

12 thoughts on “Budidaya Ikan Mas

  1. ass. pa saya Tumbor, mahasiswa perikanan D3 IPB. sekarang saya semester 5 dan lagi mencari tempat magang. kalau bapa tidak keberatan, saya boleh tidak PKL ditempat Bapa? kl boleh tolong CPnya ya pa. no saya. 081370496579. terima kasih. wassl.

  2. Budidaya ikan mas

    satu saja komen saya tetang budiday ikan mas yahud..alis mantap, mas saya juga boleh nambahi, buat budidaya ikan mas kususnya di kolam tanah liat atau eks sawah, ini saya berdasarkan pengalaman saya sendiri, saya mempunyai kolam ikan 2 buah @300 m2 masing2 saya tabur benih…10 ribu ekor. kalo tidak ada aral melintang bulan juli 2009 akan panen perdana, karena ini kolam pertama saya dan benar.benar baru karena sebelumnya tanah yang tidak produktif kebun meskipun disekitarnya sudah banyak kolam dan sawah, kolam tersebut sengaja saya biarkan asli tanah karena menurut pengalaman teman-teman di sana hasilnya akan jauh lebih bagus dari pada menggunakan dinding tembok, untuk mengurangi kebocoran dan rembesan air…saya gunakan plastik keliling kolam, sehingga air tidak banyak meresap ke luar kolam sekaligus..mengurangi masuknya hama yuyu atau kepiting yang memangsa ikan, nah untuk pakannya saya menggunakan pakan palet tenggelam dengan porsi 3% -4 % dari bobot ikan per hari…sebanyak 3 kali, kalau dilihat perkembangannya seh relatif bagus dan cepat, dari bibit ukuran ibu jari kurang lebih akan panen kira-kira 3 bulan kemudian dengan besaran ikan 6-7 ekor /kg dan jika tidak ada aral melintang pada juli 2009 nanti katakanlah mortalitasnya 10 % maka saya akan panen minimal 20.000 X 10% = 18.000 ekor, jika rata-rata bobot ikan adalah 7 ekor /kg maka akan menghasilkan 2.571 kg..mmm kalo perkilonya 12.000 makanakan menghasilaknRp 30.852.000,-, nah karena 2 kolam tersebut masa tabur bibit tidak bersamaan artinya dari hasil perkiraan panen tersbut akan disesuaikan dengan kondisi besarnya ikan atau rata-rata 3 bulan waktu bembesaran, untuk pengeluaran kira-kira saya belum hitung pastinya terbesar di pakan tentunya, bisa sampai dengan 25% – 40 % untuk pakan plus biaya karyawan dan obat dan lain2..katakan sampe dengan 60% bararti kita masih mempunyai keuntungan bersih 40 % untuk sekali panen, lumayan bukan, nah teman-teman sapa tertarik dengan budidaya ikan mas…ayo tinggkatkan gizi masyarakat dengan menjadi mepasok ikan untuk konsumsi masyarakat, oh ya..saya belum crita lokasi kolam tersebut di daerah Purwakarta tepatnya desa Pasawahan, tanya saja Pak Lurah Pasawahan, pasti tahu,,,….karena masih ada hubungan famili..he..he..disana saya tidak sediri ada saudara saya yang lebih dulu mengembangkan ikan dengan kolam air tawar. ok sahabat kalau butuh informasi yang lebih lengkap hubungi saya langsung..atau kallau ada waktu..kita sama-sama nengok ke Purwakarta, disana bnyak masyarakat petani ikan, kalau ada yng berminat untuk berinvestasi kolam ikan..saya kebetulan ada kawan yang akan menjual kolamnya 200 m2 sudah jadi tinggal tanam bibitnya saja…ok salam sucses selalu

    lies harono

    lithecheese@yahoo.com

    • Wah saya sangat tertarik sekali dengan budidaya ikan dan kebetulan selera saya makan ikan….. ha…ha…ha… tapi ngomong2 pak rekan bapak yang akan menjual kolamnya itu kira-kira berapa harganya ? terima kasih

  3. Semoga Sukses selalu buat Bp,saya punya kolam pemancingan galatama,kendalanya sekarang kolam saya belum ada ikan babon,maklum di kotabumi lampung utara tidaka ada ikan mas babon,saya mau tanya bisangak saya pesan / beli ikan babon yang beratnya 2 kg ketas / ekornya,terimakasih

  4. wah menarik budi daya ikan mas ,
    saya punya lahan +/- 1000 meter , tanah kebun.
    lokasi di Serpong BSD Tangerang.
    Cita 2 saya dari kecil pingin punyak ternak ikan .
    apakah temen 2 bisa bantu membuat skesa denah
    untuk pembuatan kolam ikan

    keinginan saya buat budidaya ikan balita ( saat ini saya kerja bagian komputer jadi tidak ada pengalaman ternak ikan tapi saya hobi lihat ikan)
    mohon info nya atau kita bisa kerjasama.
    salam rekan 2 semua

  5. selamat siang pak,
    saya rizky lulusan s1 IPB saya mau usaha budidaya ikan mas dijakarta..
    saya mau tanya bapak sedia larva untuk dijual ga pak?klo ada berapa ya pak?bisa diberi rinciannya..
    selain itu saya juga butuh pasar untuk penjualnnya,mungkin bapak ada relasi untuk pasar penjualannya,mungkin kita bisa kerja sama pak..
    terima kasih!!

    reply email saya : rizkysruntulan@yahoo.co.id

  6. sy punya kolam berukuran sekitar 1700 m2, dan coba melakukan budidaya ikan mas, tapi sy tidak tau berapa kapasitas bibit yang cocok dan makanan ikan yang dapat mempercepat pertumbuhannya…….

  7. Bagaimana mempercepat pertumbuhan ikan mas n pakan apa yang cocok untuk ikan mas?
    a
    Apakah ikan mas bisa hidup di air payau?
    Untuk tambak ukuran 1 ha berap jumlah ikan ideal?

  8. UD. NABILA FARM

    Kami petani ikan air tawar dari Sleman-Yogyakarta yang sudah berpengalaman, menyediakan segala macam bibit ikan air tawar unggul dan bermutu tinggi. Melayani pengiriman keluar kota dan luar pulau.
    Bibit yang kami hasilkan adalah bibit berkualitas, telah terbukti dengan penanganan yang baik dan benar bibit hasil dari produksi kami dapat berkembang dengan baik dan cepat pertumbuhannya. Berikut kami informasikan data dari tempat usaha pembibitan kami :

    Komoditas : PATIN, BAWAL, MAS, TAWES, GRASCAP, NILA, GURAMI
    Sistem : Intensif
    Pengangkutan : Dikemas plastic polyteline dalam kotak styrofoam penahan panas
    Kota tujuan : Seluruh Indonesia

    KAPASITAS PENGIRIMAN / BOX :
    BAWAL ukuran ¾ inci = 7000 ekor, 1 inci = 6000 ekor, 1 inci up = 5000 ekor
    PATIN ukuran 1 inci – 1 inci up = 6000 – 7000 ekor
    IKAN MAS ukuran 2-3 = 6000 ekor, 3-4 = 5000 ekor, 3-5 = 4000 ekor
    TAWES ukuran 2-3 = 6000 ekor, 3-5 = 5000 ekor
    GRASKAP ukuran 2-3 = 6000 ekor, 3-5 = 5000 ekor
    NILA ukuran larva = 50.000, 2-3 = 6000 ekor, 3-5 = 5000 ekor, 4-6 = 4000 ekor
    GURAMI ukuran telur = 50.000, 2-3 = 6000 ekor, 3-4 = 5500 ekor, 3-5 = 5000 ekor, 4-6 = 4000 ekor, 5-7 = 3000 ekor, Jempol = 1250 ekor
    Untuk wilayah Yogyakarta dan sekitarnya pengambilan langsung ke kolam kami minimal 1000 ekor benih.

    Informasi harga murah berkwalitas silahkan contak person Andy 085753563403 / 081227354545, kunjungi blog kami di http://www.abenih.blogspot.com atau datang langsung ke lokasi pembibitan kami di Jl.Kaliurang Km 13,5 Sleman – Yogyakarta (10 meter selatan dealer Honda AHASS)
    Datang…Lihat dan tentukan yang terbaik bagi anda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s