Pemijahan Lele Dumbo Secara Alami


04/08/05 – Informasi: Teknologi-dkp.go.id

Kebutuhan masyarakat akan protein hewani semakin meningkat, hal ini sejalan dengan bertambahnya jumlah penduduk. Ikan lele dumbo (Clarias gariepinus) merupakan salah satu sumber protein hewani yang dapat dipergunakan untuk memenuhi kebutuhan protein hewani masyarakat. Karena ikan ini sangat mudah dibudidayakan dan dapat hidup dan berkembang pada perairan yang buruk. Semakin berkembangya usaha budidaya lele, kebutuhan benih dirasa masih kurang.

Berikut diuraikan secara singkat teknik pemijahan lele dumbo, yang dapat dilakukan pada lahan yang sempit dan menggunakan sarana prasarana yang sederhana.

TEKNIK PEMIJAHAN

  1. Menyiapkan Media Pemijahan
    1. Menyiapkan bak pemijahan, Bak yang dipergunakan cukup dengan ukuran 2 x 3 m dengan dalam bak 1 m. Bak dicuci dengan larutan permangkanat dosis 1 sendok teh dicampur dengan 3 liter air atau 5 gr / m3 air.
    2. Menyiapkan Kakaban, terbuat dari ijuk yang dibingkai dengan bambu.
    3. Menyiapkan Air Pemijahan, bak pemijahan diisi dengan air setinggi 40 cm. Air yang digunakan adalah air dari PDAM.
  2. Menyiapkan Induk Lele
    1. Merawat Induk Lele, Induk lele yang akan dipijahkan harus diberikan pakan yang baik agar dapat menghasitkan benih yang baik. Induk lele setiap hari diberikan pakan daging bekicot atau ikan rucah. Pemberian pakan dilakukan pagi dan sore dengan dosis 10% dari berat badan. Bak penampungan induk dekat dengan bak pemijahan agar menangkapnya mudah. Sebaiknya induk jantan dan betina ditempatkan secara terpisah. Untuk menjaga hal-hal yang tidak diinginkan, perawatan induk-induk dilakukan secara terpisah.
    2. Memilih induk lele siap pijah, Ciri-ciri induk betina siap pijah adalah :
      • Bagian perut membesar dan lunak kalau diraba,
      • Dubur terlihat merah dan lubang pengeluaran telur lunak melebar,
      • Membuat gerakan mondar-mandir,
      • Bagian dubur merah dan lunak dan kalau diurut dari arah perut akan keluar cairan putih atau sperma.
    3. Memijahkan Lele Dumbo
      • Isi bak pemijahan dengan air setinggi 40 cm.
      • Pasang kakaban hingga menutupi 80% permukaan air. Lepaskan induk-induk lele yang sudah dipilih dengan perbandingan 1 betina dan 2 jantan.
      • Proses pemijahan akan terjadi pada malam hari yang ditandai terlebih dahulu adanya kejar-kejaran antara induk betina dan jantan mengitari kakaban.
      • Amati pada pagi hari, telur-telur sudah dilepas dan menempel pada seluruh permukaan kakaban.
    4. Menetaskan Telur
      • Menyiapkan bak penetasan telur, bersihkan terlebih dahulu bak-bak dengan permangkanat.
      • Isi air penetasan setinggi 40 cm, pindahkan / angkat kakaban masukan kedalam bak yang sudah disiapkan.
      • Amati telur-telur tersebut setelah 24 jam dan telur-telur tersebut mulai menetas. Telur yang baik akan menetas sampai 35 jam. Anak ikan yang keluar dari telur masih sangat kecil dan lemah. Badan transparan dan kalau dilihat dengan microskop akan terlihat masih mengandung kuning telur. Telur-telur yang tidak terbuahi berwarna kuning susu dan tidak akan menetas serta akan membusuk. Telur-telur yang terbuahi terlihat kuning transparan dan akan menetas setelah 34 jam sampai dengan 48 jam dikeluarkan oleh induk.
    5. Pemeliharaan Larva
      • Menyiapkan bak untuk budidaya pakan alami berupa dapnia atau cacing rambut. Cacing rambut banyak dijual di kios-kios pedagang ikan hias.
      • Setelah telur lebih dari 48 jam dan sudah terlihat banyak yang menetas maka kakaban diangkat secara hati- hati.
      • Merawat larva, larva yang baru beberapa hari menetas kondisinya masih sangat lemah. Larva in tidak memerlukan pakan tambahan sampai menunggu kandungan kuning telurnya habis. Kandungan kuning telur akan habis setelah menetas 7 hari. Untuk menjaga mortalitas yang tinggi pertu dipasang aerasi.
      • Memberi pakan larva. Setetah kandungan 7 hari, kandungan kuning telur yang asd sudah habis dan harus segera diberi pakan tambahan dari luar. Pakan pertama dapat diberikan kuning telur yang diblender setiap pagi dan sore sebanyak satu butir per 5000 ekor. Pemberian pakan cacing rambut dapat diberikan setelah 11 hari dan juga dapnia.

MEMANEN BENIH LELE
Panen benih lele bukan merupakan kegiatan akhir dari kegiatan budidaya. Pemungutan hasil pertama dilakukan setelah benih berumur 17 sampai 21 hari (panjang t 2,5 cm). Pada ukuran tersebut benih lele sudah bisa ditebar pada petak pembesaran secara langsung atau ditebar pada tempat penampungan sambil menunggu pembeli.

ALAT BAHAN PEMANEN
Alat berupa seser, ember, waring, kantong plastik, tali karet, tabung udara, mangkok kecil. Perhitungan hasil biasanya dilakukan secara manual. Untuk memperoleh benih yang seragam digunakan ember plastik yang berlubang-lubang.

Sumber:
Warta Jaladri No. 03/01/05
BPPP Tegal
Jl. Martoloyo PO BOX 22 Tegal
Telp. 0283-356393, Fax. 0283-322064
E-mail : bp3tegal@dkp.go.id, bppp_tegal@plasa.com

37 thoughts on “Pemijahan Lele Dumbo Secara Alami

  1. Saya Minta Penjelasan Cara memilih Induk yang bagus, Dan Saya minta penjelasan cara membedakan lele Dumbo Jantan dan Lele dumbo Betina

  2. haloo…gmn sih cara agar ikan lele tetep bertelur ketika musim kemarau n dingin cz dari pengalaman ney kLo musim kemarau lele g pda telur,,oiy apa lumut pda bak pembenihan jg nganggu benih lele cz kLo di bak bnyak lumut truz lele bnyk yng mati ney,,truz gmn solusinya tuk memberantas lumut tu tnpa ngganggu benih lele yg ada di bak…….thank’s

  3. Dengan tidak mengurangi rasa hormat….saya minta informasi lengkapnya donk tentang budidaya lele dumbo ini, dari mulai pembibitan sampai ke panen….kebetulan saya memiliki kolam tanah. terima kasih

  4. Kirim donk artikel atau apa aja dech tentang pembenihan segala macem ikan ke email ku, bisa kan? ditunggu ……….Makacih

  5. lele dumbo bertelur tanpa pejantan ( hidup tinggal satu )
    sudah berumur satu tahun banyak telur

    Apakah telur dapat ditetaskan ?
    Bagaimana caranya ?

  6. dgn 2 jantan 1 betina apa nantinya tdk terjadi persaingan utk mengawini induk betina ? sidik 085640049219

  7. Bisa gak ya,,, kalo benih lele yg berumur 11 hari diberi makan jentik nyamuk.?
    karna menurut saya,, membudidayakan jentik nyamuk itu mudah dibanding dengan cacing rambut.

    • knp saya selalu gagal pada proses penetasan telur,
      telur yang keluar selalu gagal menetas.sebenarnya apa yang kurang pada proses yang saya lakukan?tolong jelaskan,

  8. Rekan-rekan yang saya hormati,
    Salam Sukses,

    Karena banyaknya permintaan yang masuk, alhamdulillah, dengan gembira saya kabarkan akan segera dibukanya kembali kelas Pelatihan LELE SANGKURIANG

    Kami LELE Club mengundang semua sahabat bisnis-smart dimana pun berada Untuk mengikuti Pelatihan Budidaya Lele SANGKURIANG, yang Insya Allah akan diadakan pada tgl 4 -5 Desember 2010 (TEORI DAN PRAKTEK) , Pelatihan akan diselenggarakan di TELAGA DESA, KARAWANG
    Peserta Terbatas Hanya Untuk 10 orang. Tidak bisa menerima lebih dari itu !! karena ini adalah sebuah kelas kecil dimana kami menginginkan ANDA agar bisa Melakukan pembenihan lele sangkuriang secara matang. Sehingga siapa cepat dia yang dapat.
    “ Kami mengutamakan kepuasan dan kenyamanan Peserta pelatihan”
    Bagi yang berminat dan registrasi bisa menghubungi mas mumu di mas_mumu@yahoo.co.id
    atau 0815-85-688-688 dan 0819-0675-9608

    Dear Moderator : Terimakasih untuk support dan kerjasama baiknya
    selama ini.

    Ingin Belajar, Diskusi Dan Berkumpul Bersama Pengusaha, Peternak Lele Disini Tempatnya !!
    Perkuat jaringan Anda Dengan sesama Pengusaha dan Pelaku Bisnis LELE
    Pelatihan Budidaya Lele Sangkuriang bersama LELE Club

    RINGKAS – MUDAH – SEDERHANA – TERBUKTI BERHASIL !!
    Salam,
    Mas Mumu
    Manager LELE CLUB

  9. mohon solusi gimana caranya menghilangkan lumut pada kolam pemijahan anak lele umur 1 s/d 3 minggu, saya kewalahan makasih atas infonya. secepatnya dongk. nuwun

  10. Bagi para pembenih ikan di Jawa Tengah dan sekitarnya yang membutuhkan produk-produk pembenihan ikan seperti ovaprim, artemia dan spirulina bisa menghubungi saya di No HP 08122841280. Yanto di Pemalang, Jawa Tengah.
    Tersedia juga pakan-pakan untuk pembenihan udang al : Spirulina, Artemia, BP, flake. Pakan berbentuk powder/serbuk al : Japonicus, Seagrass Powder, Top Minigrain. Artemia, Vitamin C, EDTA dll. Peralatan hatchery al. Selang aerasi, kran aerasi dan batu aerasi.
    Terima kasih

  11. Kenapa setelah 2 hari pemijahan lele air bau sehingga telur yg sudah menetas pun ikut terbawa mati akibat bau nya air, padahal air telah di ganti sewaktu induk diangkat??? mohon bakasannya ?

  12. lele akan bertelur dengan adanya zat perangsang untuk bertelur,contoh pellet. nah bagaimana kalau tanpa adanya zat perangsang spt pellet tsb?????
    thanks,,???

  13. aslamualaikm….maf,,klo misalkan sesdah telur ikan jatuh ke ijuk…klo lagsung d pindah bareng sama ijuknya skalian,,.gmna.?bisa pa tdak..?tlong klo bisa jwabanya langsung d krim k no sya….085852400338…trimksih…??

  14. UD. NABILA LELE

    Kami petani lele dari Sleman-Yogyakarta yang sudah berpengalaman. Kami menjual induk dan bibit lele sangkuriang berbagai ukuran. Melayani pengiriman keluar kota dan luar pulau. Alamat : Jl. Kaliurang Km 13,5 Sleman-Yogyakarta.
    Bibit lele yang kami hasilkan adalah bibit lele berkualitas, telah terbukti dengan penanganan yang baik dan benar bibit lele hasil dari produksi kami dapat berkembang dengan baik dan cepat pertumbuhannya. Berikut kami informasikan data dari tempat usaha pembibitan lele kami :
    Jenis : Sangkuriang (Sertifikat)
    Sistem : Intensif.
    Pemijahan : Alami.
    Sumber air : Air tanah / sumur.
    Kolam : Terpal dan semen
    Pakan : Cacing sutra.
    Pengangkutan:Dikemas dlm kotak styrofoam penahan panas, tahan sampai 19 jam.
    Kota tujuan : Seluruh Indonesia.
    Kapasitas pengiriman :
    UKURAN : KAPASITAS / Ekor / BOX :
    2-2 cm : 15.000.
    2-3 cm : 8.000.
    3-4 cm : 7.000.
    3-5 cm : 5.000.
    4-6 cm : 4.000
    5-7 cm : 3.000
    Induk : 15.
    Untuk informasi harga murah berkualitas silahkan contak person Andy 085753563403 / 081227354545, kunjungi blog kami di http://www.mbenih.blogspot.com atau datang langsung ke lokasi pembibitan kami di Jl.Kaliurang Km 13,5 Sleman (10 meter selatan Honda AHASS)
    Datang….Lihat dan tentukan keputusan yang terbaik bagi anda…..

    Catatan :
    Cara mempersiapkan air kolam terpal/semen sebelum bibit ditebar :
    a) Masukkan air setinggi 30 cm dengan cara dipercikkan
    b) Tebar garam ikan/garam grasak 100 g / m2
    c) Diamkan selama 3 hari
    d) Masukkan urea 10 g / m2 dan katalis plankton (probiotik) yang mengandung bakteri nitro (Em4, Sell multi) dosis 10 ml / m2
    e) Diamkan selama 5 hari sampai air berubah warna kuning kehijauan
    f) Volume air ditambahkan hingga 60 – 70 cm dan bibit siap ditebar.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s