1.142 Alat Tangkap Ikan Tak Ramah Lingkungan


Alat tangkap ikan tak ramah lingkungan yang dipergunakan nelayan Demak ternyata masih cukup banyak. Dalam catatan Kantor Kelautan dan Perikanan setempat, terdapat sejumlah 1.142 alat dipakai nelayan.

Seperti Arak 879 buah, Cotok 180, Otok 19 buah dan Garuk 64 buah. Terhadap alat-alat tersebut, kata Kepala Kantor Kelautan dan Perikanan Demak Ir Maryono MM, pemerintah telah melarangnya. Sebab, penggunaan alat itu diyakini merusak ekosisten laut dan dapat mengurangi populasi ikan.
Dampak yang ditimbulkan katanya, antara lain kerusakan pada karang laut. Alat itu dapat menyapu dasar laut sehingga karang yang menjadi tempat berlindung ikan mengalami kerusakan. Selain itu, lubang jaring yang ukurannya kecil mampu menangkap ikan kecil, yakni ikan yang semestinya dibiarkan hidup untuk generasi mendatang. JIka ikan kecil ditangkap, maka pada kurun waktu tertentu, nelayan akan kesulitan mendapatkan ikan.
’’Memang perlu kesadaran dari nelayan. Mereka harus memahami persoalan ini, sehingga tidak memakai alat tangkap yang tak ramah lingkungan,’’ katanya.

Apabila, nelayan masih memakai alat terlarang seperti itu, sama saja dengan menutup mata pencaharian anak cucunya. Karena, ekosistem laut rusak dan tak lagi banyak ikan yang singgah. Menurutnya, banyak alat tangkap yang ramah lingkungan dan mampu mendapat ikan cukup banyak. Seperti jaring pada umumnya, yang juga dipakai kebanyakan nelayan Demak.
Dalam upaya menekan pemakaian alat tangkap ikan yang merusak lingkungan, pihaknya akan terus mengkampanyekan cinta bahari. Diharapkan menggugah kesadaran nelayan dan masyarakat pesisir untuk mempertahankan kelestarian alam bahari.

suaramerdeka.com, 12 Februari 2008

One thought on “1.142 Alat Tangkap Ikan Tak Ramah Lingkungan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s