Fadel: Konsumsi Ikan Masih Rendah


Rata-rata tingkat konsumsi ikan nasional baru 30,17 kilogram per kapita per tahun.
Minggu, 13 Juni 2010, 15:30 WIB

Hadi Suprapto, Agus Dwi Darmawan

Fadel Muhammad & istri meninjau sentra penghasil ikan Gorontalo (Antara/ Efrimal)

VIVAnews – Tingkat konsumsi ikan penduduk Indonesia masih sangat rendah. Hingga 2009 tercatat rata-rata tingkat konsumsi ikan nasional baru 30,17 kilogram per kapita per tahun atau lebih rendah dibanding pola pangan harapan yang seharusnya, sebesar 31,4 kg.

Menteri Kelautan dan Perikanan Fadel Muhammad mengatakan, rendahnya pola konsumsi ikan ini disebabkan kondisi ekonomi masyarakat, dan masih sulitnya mendapat ikan di daerah pelosok. Karena arus distribusi lambat, ikan segar tidak lagi murah sampai ke tangan konsumen.

“Ini tercermin dari tingkat konsumsi ikan yang belum merata,” kata Fadel seperti tertulis dalam siaran pers Pembukaan Pencanangan dan Kampanye Gerakan Makan Ikan di Art Center, Denpasar, Propinsi Bali, Minggu 13 Juni 2010.

Bahkan, Fadel mengatakan, menurut Susenas Badan Pusat Statistik (BPS) tingkat konsumsi ikan wilayah Bali baru mencapai 21,02 kilogram per kapita per tahun.

Berkaitan dengan itu, untuk mendorong peningkatan dan pemerataan konsumsi ikan nasional, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menginisiasi Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan). Fadel yakin, dengan meningkatkan kebutuhan ikan dapat mendorong tercipta sumber daya manusia yang berkualitas, serta peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Lebih lanjut Fadel mengatakan, Indonesia belum optimal memanfaatkan potensi sumber daya ikan mendukung terwujudnya ketahanan pangan nasional.

Bertepatan Festival Budaya Bali Ke-32, Kementerian Kelautan dan Perikanan berkerja sama dengan Pemerintah Bali melaksanakan kampanye dan Pencanangan Gemarikan di Provinsi Bali. Melalui hal itu, diharapkan terwujud peningkatan pemahaman masyarakat tentang pentingnya mengkonsumsi ikan.

Acara kampanye Gemarikan itu di dihadiri oleh ratusan peserta yang terdiri atas siswa-siswi sekolah dasar dan masyarakat umum. Diharapkan para peserta yang hadir mengetahui ikan, kandungan gizinya, dan manfaatnya.(np)

• VIVAnews

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s