Budidaya Ikan Bawal


Reporter : Fella Sumendap, Yadi Supyandi
Cameramen : Ahmad Susanto, Dedi Effendi
Penyunting Gambar : Yogya Harmoko
Lokasi : Cisaat, Sukabumi
Tayang : 1 September 2007 pukul 07.00 WIB

Ikan bawal air tawar atau colossoma macropomum adalah salah satu ikan unggulan budi daya perikanan air tawar. Kelebihan ikan bawal ini, ukuran badannya cukup besar, dagingnya gurih, dan tidak banyak duri. Dari sisi rasa, ikan bawal air tawar tidak kalah lezat dibanding ikan bawal air laut.

Ikan bawal air tawar ini kini banyak dibudidayakan petani ikan di Cibaraja, Sukabumi, Jawa Barat. Salah seorang diantaranya Dadang Sulaiman, yang menekuni budidaya ikan bawal air tawar selama kurang lebih 10 tahun, terutama untuk pembibitan.

Kawasan Cibaraja terletak di Desa Cibolang Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Dari Jakarta dapat ditempuh dengan mobil selama tiga jam, melalui jalan tol Jagorawi. Setelah keluar pintu tol Ciawi, perjalanan dilanjutkan ke arah Sukabumi, menuju Kecamatan Cisaat.

Usaha yang dilakukan Dadang mulai dari pemijahan. Untuk pemijahan menggunakan indukan yang dipelihara di kolam tanah. Induk bawal ini baru dipindahkan bila akan dilakukan proses pemijahan.

Tahapan budi daya ikan bawal diantaranya, seleksi indukan. yaitu memilih induk jantan dan induk betina yang siap dikawinkan. Indukan bawal yang baik adalah yang telah berumur lebih dari tiga tahun. Untuk induk jantan bila dipijat keluar sperma dari lubang di bawah perutnya. Sementara induk bawal betina cirinya perutnya buncit bulat dan telah matang gonad.

Proses pemijahan dilakukan di kolam khusus yang dilengkapi aerator. Bawal betina terlebih dahulu diberi suntikan perangsang. Setelah 24 jam induk bawal betina akan bertelur. Setelah dibiarkan selama 2 hingga 3 jam telur diambil dan dimasukkan ke dalam aquarium. Di tempat ini telur berubah menjadi larva.

Larva hasil pemijahan yang berumur kurang lebih tiga puluh hari kemudian dibesarkan di kolam penampungan. Lama pembesaran di kolam ini dapat dilakukan hingga tiga bulan. biasanya anakan bawal ukuran 5 inch sudah dapat dijual. Anakan bawal ukuran seperti ini, harganya di pasaran sekitar seratus hingga seratus lima puluh rupiah per ekor.

Selanjutnya bibit ikan dipindahkan ke kolam pembesaran. Proses pembesaran dapat dilakukan di kolam tanah. Sebelum disebar anak ikan, kolam pembesaran harus kaya unsur hara. Kolam terlebih dahulu ditaburi pupuk kandang dan pupuk buatan.
Usaha budi daya dan pembesaran ikan bawal air tawar, merupakan usaha yang cukup menguntungkan. Kunci suksesnya adalah kesabaran dalam memelihara ikan.

Perawatannya cukup sederhana ikan-ikan yang telah di besarkan di dalam kolam permanen cukup diberi pakan pelet sehari dua kali pagi dan sore.

Dari budi daya ikan bawal air tawar ini. Kelompok usaha mina raja ini bisa menghasilkan produksi 2 sampai tiga juta ekor bawal anakan setiap bulannya. Sementara permintaan pasar ikan bawal ke kawasan Cibaraja ini berkisar antara tiga hingga lima juta anakan tiap bulannya.(Helmi Azahari/Ijs)

dari : indosiar.com

9 thoughts on “Budidaya Ikan Bawal

  1. saya mau cari info tentang keadaan wilayah yang bagaimanakah yang cocok untuk membudidayakan ikan bawal, baik itu larva, 2 inch, maupun pembesaran siap konsumsi, karena saya mau mengembangkan ikan bawal di daerah saya,
    tolong infonya ya,thx…

  2. saya mau cari info tentang keadaan wilayah yang bagaimanakah yang cocok untuk membudidayakan ikan bawal, baik itu larva, 2 inch, maupun pembesaran siap konsumsi, karena saya mau mengembangkan ikan bawal di daerah saya,\ & bagaimana prospek pasar serta pemasarannya?

  3. asalamualikum
    pak saya sedang mencoba memmlihara ikan bawal yang saya campur dengan ikan patin. bagaimana pak menurut bapak mohon sarannya. terimakasih

  4. Kalau butuh artemia dan spirulina sbg pakan alami bibit ikan, kami menjual produk-produk tsb. Juga tersedia ovaprim dan EDTA. Silahkan hub 08122841280

  5. UD. NABILA FARM

    Kami petani ikan air tawar dari Sleman-Yogyakarta yang sudah berpengalaman, menyediakan segala macam bibit ikan air tawar unggul dan bermutu tinggi. Melayani pengiriman keluar kota dan luar pulau.
    Bibit yang kami hasilkan adalah bibit berkualitas, telah terbukti dengan penanganan yang baik dan benar bibit hasil dari produksi kami dapat berkembang dengan baik dan cepat pertumbuhannya. Berikut kami informasikan data dari tempat usaha pembibitan kami :

    Komoditas : PATIN, BAWAL, MAS, TAWES, GRASCAP, NILA, GURAMI
    Sistem : Intensif
    Pengangkutan : Dikemas plastic polyteline dalam kotak styrofoam penahan panas
    Kota tujuan : Seluruh Indonesia

    KAPASITAS PENGIRIMAN / BOX :
    BAWAL ukuran ¾ inci = 7000 ekor, 1 inci = 6000 ekor, 1 inci up = 5000 ekor
    PATIN ukuran 1 inci – 1 inci up = 6000 – 7000 ekor
    IKAN MAS ukuran 2-3 = 6000 ekor, 3-4 = 5500 ekor, 3-5 = 5000 ekor
    TAWES ukuran 2-3 = 6000 ekor, 3-5 = 5000 ekor
    GRASKAP ukuran 2-3 = 6000 ekor, 3-5 = 5000 ekor
    NILA ukuran larva = 50.000 ekor, 2-3 = 6000 ekor, 3-5 = 5000 ekor, 4-6 = 4000 ekor
    GURAMI ukuran telur = 50.000 butir, 2-3 = 6000 ekor, 3-4 = 5000 ekor, 3-5 = 4000 ekor, 4-6 = 2500 ekor, 5-7 = 2000 ekor, Jempol = 1250 ekor
    Untuk wilayah Yogyakarta dan sekitarnya pengambilan langsung ke kolam kami minimal 1000 ekor benih.

    Informasi harga murah berkwalitas silahkan contak person Andy 085753563403 / 081227354545, kunjungi blog kami di http://www.abenih.blogspot.com atau datang langsung ke lokasi pembibitan kami di Jl.Kaliurang Km 13,5 Sleman – Yogyakarta (10 meter selatan dealer Honda AHASS)
    Datang…Lihat dan tentukan yang terbaik bagi anda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s