Budidaya Ikan Nila Bangkok


Presenter : Fella Sumendap
Reporter : Yadi Supyandi
Juru Kamera : Medi Kuswedi
Penyunting gambar : Yogya Harmoko
Lokasi : Subang, Jawa Barat
Tayang : Kamis, 6 Maret 2008 Pukul 12.30 WIB

Ini merupakan kolam ikan nila merah super jumbo. Bentuknya lebih besar dibanding ikan nila biasa. Bila dimasak, rasa dagingnya juga lebih gurih. Para petani ikan air tawar menyebut ikan ini sebagai ikan nila Bangkok. Sesuai sebutannya, induk ikan ini memang berasal dari Bangkok, Thailand.

Budidaya ikan nila Bangkok dilakukan di kolam air deras, seperti di kawasan Cijambe, Subang, Jawa Barat. Daerah ini memang sangat cocok untuk budidaya ikan air tawar. Air sungainya bersih dan debitnya cukup, meskipun di musim kemarau.

Kawasan Cijambe, Subang, Jawa Barat dari Jakarta dapat ditempuh sekitar tiga jam perjalanan dengan menggunakan kendaraan bermotor. Melalui jalan tol Jakarta � Cipularang, keluar di pintu tol Sadang, Purwakarta. Perjalanan dilanjutkan melewati Jalan Kali Jati dan Kota Subang.

Disinilah tempat budidaya ikan nila Bangkok. Di kolam-kolam ini, Emma, pemiliknya, menekuni usaha budidaya ikan nila merah sejak enam tahun lalu.

Kolam pemeliharaan ikan disini cukup luas. Untuk bertemu pemiliknya, saya harus berjalan melintasi kolam. Pemeliharaan ikan nila Bangkok disini dilakukan di kolam air deras. Air dari sungai dialirkan ke dalam kolam, lalu kembali dialirkan ke sungai.

Metode semacam ini memiliki keunggulan tersendiri, pertumbuhan ikan lebih cepat dan dagingnya tidak berbau lumpur. Selain itu, ikan yang terus bergerak membuat dagingnya lebih padat berisi.

Budidaya ikan nila Bangkok tidak rumit. Anakan ikan seberat 10 hingga 50 gram, dibesarkan hingga mencapai berat setengah kilogram per ekor. Ukuran ikan siap dipasarkan.

Yang perlu diperhatikan dalam proses pembesaran ini, selain kualitas air kolam harus bersih, pemberian pakan berupa pelet juga harus rutin dilakukan.

Ikan hasil budidaya di kolam ini dijual ke wilayah Jawa Barat, Banten dan Jakarta. Ikan segar dijual dalam keadaan hidup dengan dimasukkan ke dalam kantong plastik dan diberi oksigen. Harganya 12 ribu rupiah per kilogram.

Ikan nila Bangkok ini juga dijual dalam keadaan beku dan kotorannya telah dibersihkan, dengan dibungkus plastik.(Helmi Azahari/Ijs)

dari : indosiar.com

18 thoughts on “Budidaya Ikan Nila Bangkok

  1. selamat sore. nama saya suryono saya ingin mencoba untuk ternak nila bangkok tp saya kesulitan mencari tempat penjualan bibit nila bangkok.jd saya mohon informasi tempat penjualan bibitnya.saya berada dijakarta. trima kasih sebelumnya.

  2. saya berada di jawa timur,dan saya tertarik dng budidaya ikn nila bangkok,,tp dimana saya dapat membeli bibitnya..??
    dan apakah kalo kolam semen akan memperlambat pertumbuhan ikan..??
    perekor bibit ikan nila bangkok harganya berapa ..? terima kasih….

  3. Sy pembudidy nila mrh
    Saya mau tau nila bangkok itu mrah atau hitam
    Setau sy blum ada nila bangkok
    Karna sy slalu mngikuti prkembangan ikan nila di ìndonesia

  4. mohon infonya dimana bisa dapat bibit ikan nila merah, bangkok dan biru sy di kabupaten bulukumba sul-sel mau membudidayakannya

  5. Mohon informasi tentang budidaya ikan nila bangkok, apakah bisa dilaksanakan di kolam tanah, kolam semen ? bagaimana perawatanya, bila tdk keberatan mohon dpt diinfokan ke email saya, trimakasih.

  6. hmmm…saya tertarik sekali budidaya nila…( pembibitan dan pembesaran)
    cuma masalah soal pemasaran bagaimana ya? ada solusi??

  7. budidaya nila bangkok dgn kolam terpal&air sirkulasi gimana? aku di surabaya dimana untuk dapatkan bibit/benih nila bangkok&berapa harganya? thx

  8. saya mahasiswa Fisip UI jur niaga, nah semester sekarang saya mendapatkan evaluasi proyek / management project.
    saya tertarik akan projek nila bangkok, klo boleh saya minta masukan data pemilik nila bangkok yang di subang donk?buat tugas kuliah saya. trima kasih.

  9. nama saya zulkarnaen saya ingin mencoba untuk ternak nila bangkok tp saya kesulitan mencari tempat ternaknya untuk membeli bibit nila bangkok.
    jadi saya mohon informasinya tempat jual bibitnya.saya berada di daerah Citayam Kota Depok. saya pernah nonton acara kisi-kisi di TV Elsintha Ibu Emma pemikiknya di daearah Subang kalau memang ada no telp/HP Ibu Emma. tolong dong SMS/telp ke Nmr 085715718096 biar nanti aku telpon Ibu Emma, berapa harga/kg trima kasih sebelumnya.

  10. Saya memiliki Nila Merah Bangkok, ukuran 5 ons/ekor sampai 8 ons/ekor. biasa disebut ukuran filet atau export.keunggulannya: protein lebih tinggi dibanding jenis ikan tawar lainnya dan dianjur untuk konsumsi anak-anak dan orang tua/sepuh karena mampu menstabilkan sel saraf otak. kami siap kirim ke Jabodetabek dan sekitarnya kondisi fresh atau hidup sesuai permintaan. harga terima ditempat Rp.21.000/kg. stock ready/continyu. pengiriman diatas 1 ton. siap agreement on deliver cash n carry. contact person 0813 8549 8790 Martin,dusun Ngelo. Jogyakarta.

  11. maaf ada kesalahan ngetik saya mau nernakkin nila thailand dan saya belum bisa membedakan mana yg jantan dan yg betina,trus kalau nila thailang beranak katanya anaknya nggak di emong,dan nila thailand besarnya bisa nyampek 6 kg,eh perkenalkan sayasony dari jogjakarta

  12. rumah saya jauh aliran sungai bagaimana caranya supaya bisa memelihara ikan gurami yang hidupnya diair mengalir

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s