Budidaya Rumput Laut


Reporter : Fella Sumendap, Asep Syaifullah
Juru Kamera : Medi Kuswadi
Penyunting Gambar : Yogya Harmoko
Lokasi : Badung, Bali
Tayang : 18 Agustus 2007 pukul 07.00 WIB

Budidaya rumput laut merupakan salah satu jenis usaha yang dapat ditekuni. Permintaan pasarnya cukup besar, tidak saja untuk dikonsumsi dan dibuat produk makanan, tetapi juga sebagai bahan baku obat dan produk kosmetika.

Salah satu lokasi budidaya rumput laut terdapat di wilayah Kutuh, Bali. Di tempat ini banyak petani yang menggeluti usaha ini.

Untuk mencapai lokasi budidaya rumput laut, dari kota Denpasar, Bali, dapat melalui wilayah Jimbaran, Nusa Dua, Bali, menuju ke Kabupaten Badung. Perjalanan sejauh 30 kilometer dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan roda empat.

Rumput laut yang dibudidayakan disini terdiri dari dua jenis, Jenis cottoni dan spinosum. Areal untuk budidaya rumput laut ini jumlahnya sekitar 39 hektar. Pasar yang paling bagus saat ini adalah untuk rumput laut jenis spinosum.

Rumput laut yang dibudidayakan tidak hanya untuk dikonsumsi manusia dan diolah menjadi produk makanan, tetapi juga untuk dijadikan bahan baku pabrik obat dan produk kosmetika. Setiap minggunya, petani disini dapat memanen sekitar 500 kilogram rumput laut.

Harga rumput laut yang sudah kering di pasaran berkisar antara 3 ribu sampai 4 ribu rupiah per kilogram. Pasarnya tidak hanya di dalam negeri tetapi juga diekspor ke berbagai negara, seperti Jepang, Korea Selatan, Hongkong, Cina, Jerman, Spanyol dan Inggris. Sebagian besar rumput laut hasil budidaya petani disini dijual ke pedagang di surabaya.

Rumput laut dibudidayakan petani di tengah laut, dengan kedalaman 5 sampai 15 meter. Penanaman dilakukan saat ombak sedang surut.

Untuk menuju lokasi penanaman di tengah laut menggunakan perahu bermotor. Untuk memeriksa rumput laut yang ditanam petani harus menyelam. Agar mudah dipanen, rumput laut diikat pada seutas tali.

Usaha budidaya rumput laut yang dilakukan petani disini tidak terlepas dari bantuan instansi terkait, seperti Direktorat Jendral Perikanan Budidaya, Departemen Kelautan dan Perikanan. (Helmi Azahari/Ijs)

dari : indosiar.com

2 thoughts on “Budidaya Rumput Laut

  1. salam..

    saat ini saya menjual CD cara budidaya rumput laut yang benar, hanya dengan harga 60 ribu/CD (sdh msk ongkos krm). CD bukan berisi ebook PDF atau paparan data melainkan video interaktif/audio visual bagaimana prakteknya langsung di lapangan. dan ada juga buku panduannya (berwarna + bergambar) harga 60 ribu.

    jika berminat silahkan hub.saya di 081-911857815 atau email rozi679@gmail.com.

    terima kasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s