Sepuluh Jenis Ikan Nyaris Punah Akibat Potasium


Meskipun penggunaan racun potasium dan bom ikan sudah dilarang, kenyataannya masih saja digunakan sebagian kecil nelayan di perairan Kepulauan Seribu. Akibatnya, ada sekitar 10 jenis ikan yang nyaris punah. Ditambah lagi, rusaknya beberapa jenis ekosistem laut seperti terumbu karang.

Diakui Liliek Litasari Kepala Suku Dinas Perikanan dan Kelautan Kep Seribu, saat ini masih ada segelintir nelayan yang menggunakan racun potasium dan bom ikan dalam aktivitasnya. “Ada sekitar 30 persen nelayan yang masih gunakan racun potasium,” katanya Senin (3/3) siang.

Jumlah tersebut, lanjutnya, menurun drastis sejak dua tahun belakangan ini. “Sebelumnya, pihaknya gencar mensosialisasikan bahayanya penggunaan racun potasium oleh nelayan,” katanya. Dalam sosialisasi tersebut, ada sekitar 70 persen nelayan yang berkomitmen tidak lagi menggunakan bahan berbahaya tersebut.

Indikasi dari berkurangnya pemakaian potasium dan bom ikan adalah dengan munculnya beberapa jenis ikan yang sebelumnya nyaris punah. Dijelaskannya, dari sepuluh jenis ikan yang nyaris punah, setahun belakangan sudah ada beberapa jenis yang muncul seperti, Ikan Office, Sonang Rambut, Keletuk Peliding, dan Gepe Monyong.

“Data tersebut masih berupa laporan dari nelayan, jadi kami belum memiliki data yang valid. Tapi ini sudah cukup menggembirakan,” katanya. Sebelumnya, semuanya jenis ikan hias di perairan Kep Seribu sudah tak terlihat sejak maraknya penggunaan potasium dan bom ikan periode 1990-an.

Namun, pihak instansi akan terus melakukan pengawasan dan himbauan kepada para nelayan tangkap di kep Seribu agar mau menjaga dan merawat ekosistim laut. karena laut ini merupakan salah satu mata pencarian mereka yang harus di jaga dan di lestarikan.

 

kabrindonesia.com,04/03/2008

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s