Pengembangan Budidaya Ikan Lele Dumbo


Guna menunjang program lumbung pangan Kabupaten Tanjung Jabung Timur tahun 2009 Kabupaten ini akan mengembangkan budidayakan ikan lele dumbo di kolam, saluran, kanal dan sungai sepanjang 1000 kilo meter, sebagaimana disampaikan kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Tanjung Jabung Timur Aziz Syarifuddin, Rabu (2801) saat penebaran 3000 ekor benih ikan lele dumbo di komlam PKK Kecamatan Dendang oleh Ketua TP PKK Provinsi Jambi Ratu Munawwaroh zulkifli.

Disampaikan Aziz Syarifuddin, bahwa Kabupaten Tanjung Jabung Timur merupakan salah satu Kabupaten pemerkaran di Provinsi Jambi yang berdiri berdasarkan  UU No. 54 Tahun 1999 tanggal 4 Oktober 1999, sebelumnya kabupaten ini termasuk dalam wilayah Kabupaten Tanjung Jabung,  dengan terbitnya UU No. 54 tahun 1999 tersebut maka Kabupaten Tanjung Jabung menjadi dua Kabupaten, yakni Kabupaten Tanjung Jabung Barat dan Kabupaten Tanjung Jabung Timur.

Dalam usianya yang relatif muda Kabupaten Tanjung Jabung Timur saat ini telah berhasil berswasembada pangan, dan merupakan salah satu lumbung pangan untuk Provinsi Jambi, keberhasilan ini selain buah hasil kepemimpinan Bupatinya yakni Drs. H. Abdullah Hich, yang didukung oleh semua elemen yang ada juga mendapat dukungan dari Tim peneggerak PKK Kabupaten Tanjung Jabung Timur.

Berkat keberhasilannya ini maka pada bulan Juni 2008 yang baru lalu di Kabupaten ini telah dilaksanakan kegiatan tingkat nasional, yakni Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke XV dan Bulan Bhakti Gotong Royong Nasional (BBGRN) ke V bertempat di Gedung Olah Raga (Gelora) Paduko Berhala, yang dibuka secara resmi oleh Presiden RI, DR. Susilo Bambang Yudhoyono.
Pada kesempatan tersebut Presiden RI juga berkesempatan memanen ikan lele dumbo yang dibudidaya masyarakat pada kanal sepanajang tiga kilo meter yang ada ditepi jalan Desa Kota Baru, Kecamatan Geragai.

Ditegaskan oleh Kadis Kelautan dan Perikanan Tanjung Jabung Timur, saat ini di Kecamatan Dendang yang terdiri dari tujuh desa, semuanya telah mengusulkan kepada Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Tanjung Jabung Timur untuk ikut program ini, di Kecamatan ini kondisi airnya cocok untuk pengembangan budidaya ikan lele dumbo, dan diperkirakan akan selesai pada bulan Maret 2009, yang dimulai pada hari ini di Kecamatan Dendang, ujarnya.

Untuk mendukung program ini di Kabupaten Tanjung Jabung Timur telah memiliki Balai Benih Ikan (BBI) yang terletak di Kecamatan Dendang, yang berdiri diatas lahan seluas lima hektar,  dengan 23 kolam. Di BBI Dengan ini telah dikembangkan benih ikan lele dumbo, nila dan ikan patin, kedepan sedang diusahakan pembenihan ikan tembakang.

 

kabrindonesia.com,29/01/2009

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s