Ikan Paus Seberat Sepuluh Ton Terdampar di Pantai Cipatujah


Kabupaten Tasikmalaya, Warga nelayan di wilayah Pantai Pasangrahan, Kecamatan Cipatujah, Kabupaten Tasikmalaya dihebohkan oleh ditemukannya seekor ikan paus yang terdampar di tepi pantai pada Senin (14/9) dini hari sekitar pukul 03.00 WIB. Sejak ditemukan oleh nelayan, ikan paus yang sudah mati itu menjadi tontonan warga.

“Kami menerima laporan dari petugas PPL di Kecamatan Cipatujah bahwa ada seekor ikan paus yang terdampar di Pantai Pesanggrahan, tepatnya di depan penginapan Panghegar pada pukul 03.00 WIB,” ungkap Ir. H. Maman Suhilman Dali MP, Kepala Dinas Peternakan, Perikanan dan Kelautan (PPK) Kabupaten Tasikmalaya saat meninjau lokasi kejadian.

Maman S. Dali menjelaskan, ikan paus yang terdampar di kawasan pantai selatan Kabupaten Tasikmalaya itu dalam kondisi sudah mati pada saat ditemukan nelayan. Adapun ikan paus tersebut memiliki panjang 11,75 meter dan berdiameter sekitar 7 meter.

“Sedangkan bobot ikan paus tersebut diperkirakan sekitar 8-10 ton,” tuturnya.

Dede (45), seorang nelayan yang menjadi saksi mata mengatakan, pada Senin dini hari sekitar pukul 02.30 WIB melihat sosok ikan raksasa menghampiri pantai seperti dalam keadaan mabuk.

“Dalam kegelapan malam, awalnya saya menduga itu kapal laut yang oleng terombang-ambing ombak, sementara ombak kelihatan tenang,” katanya.

Beberapa puluh menit kemudian, ikan raksasa yang kemudian diketahui seekor ikan paus itu terdampar ke pantai dan tak lama kemudian mati. Ia segera memberitahu nelayan dan penduduk di Pantai Pasanggrahan.  Karena penemuan ikan paus yang terdampar itu termasuk langka, maka tak mengherankan bila sejak Senin pagi, warga Kecamatan Cipatujah dan sekitarnya pun  memadati kawasan pantai.  Mereka penasaran ingin melihat dari dekat sosok ikan yang terkenal ganas itu.

“Saya penasaran saja, ingin melihat ikan paus dari dekat yang katanya sebesar bus,” ungkap Adnan, warga Kecamatan Sukaraja.

 

kabarindonesia.com,15/09/2009

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s