Ikan Pari Hebohkan Warga Pantai Pamayangsari


Penangkapan ikan pari (cawang) raksasa seberat 1 ton dengan panjang 5 meter dan lebar sayap ke samping sekitar 2,5 meter oleh nelayan sempat menghebohkan dan menjadi pusat tontonan warga di pantai Pamayangsari, desa Cikawunggading, Kecamatan Cipatujah, Kabupaten Tasikmalaya pada hari Minggu kemarin.

Dua orang nelayan yang menangkapnya, Mastur dan Sudirman menjelaskan bahwa ikan pari ukuran besar itu tersangkut pada jaringnya.

”Pada mulanya, ikan pari tersebut hendak terlepas dan menyeret perahu kami, karena tenaganya yang kuat. Syukurlah, kami dibantu nelayan lain,” ujar Sudirman.

Dia menjelaskan, sebenarnya ikan pari hasil tangkapannya itu terbilang ukuran sedang, karena kalau sedang musimnya seekor ikan pari ada yang memiliki bobot 2-3 ton. Tak mengherankan banyak nelayan yang harus memutuskan jala karena tidak kuat menyeret ikan tersebut hingga ke pelabuhan.

“Walaupun banyak ikan pari ukuran besar di pantai Pamayangsari, tetapi jarang ada nelayan yang berhasil menyeret hasil tangkapannya ke pelabuhan karena tenaganya kuat hingga dapat menjungkirkan perahu,” timpal Mastur.

Ikan jenis pari, menurut Sudirman dan Mastur, hanyanya cukup murah yakni Rp 1.500/kg. Sebab daging ikan pari biasanya kurang enak dan aromanya pun menyengat, sehingga kurang diminati konsumen. Sedangkan ingsang ikan pari hasil tangkapannya diperkirakan sekitar 8 kg.

Sebaliknya, ingsang ikan pari harganya sangat mahal dan bahkan di tengkulak bisa mencapai Rp 1,5 juta/kg, karena memiliki citarasa dan lezat. Itulah sebabnya, ingsang ikan pari banyak diburu konsumen dibandingkan dagingnya.

Karena ikan pari yang berhasil ditangkap Sudirman dan Mastur itu cukup besar, selain menjadi pusat tontonan warga, juga dagingnya banyak dibeli warga yang penasaran ingin menikmatinya.

kabarindonesia.com,04/8/2009

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s