Perwakilan Tasik pada Lomba Budidaya Ikan


Setelah melalui proses seleksi, akhirnya Kelompok Budidaya Ikan “Bina Mekar” dari desa Ciawang, kecamatan Leuwisari  akan mengikuti lomba budidaya ikan tingkat Provinsi Jawa Barat mewakili kabupaten Tasikmalaya hari ini, Selasa (8/12).

“Adapun jenis ikan yang menjadi andalan anggota Kelompok Bina Mekar, yakni ikan nila ‘ninja’ yang merupakan  hasil persilangan ikan nila gesit (genetically supermale Indonesian tilapia) dengan ikan nilanirwana (nila ras wanayasa),” jelas Mustofa Gandasasmita, staf Dinas Peternakan, Perikanan dan Kelautan (DPK) Kabupaten Tasikmalaya.

Ketua Kelompok Bina Mekar, Wahyu Setiawan mengatakan, bahwa keikutsertaan dalam lomba budidaya ikan tidak lepas dari prestasi kelompoknya dalam menerapkan teknologi budidaya, seperti budidaya ikan nila ‘ninja’ jantan.

“Selama ini, kelompok kami telah berhasil melakukan persilangan antara ikan nila gesit dengan nila nirwana. Hasil persilangan keduanya menghasilkan nila monosex jantan yang diberi nama oleh kami dengan sebutan ‘ninja’ atau kepanjangan dari nila jantan, yang hasil keturunannya 98 persen jantan” ungkap Wahyu Setiawan.

Ikan nila ‘ninja’ hasil persilangan  dari kedua benih unggulan tersebut memberikan keuntungan yang lebih, lanjut Wahyu, selain ukurannya  yang berbanding 1:1,5 lebih besar dari betina.

“Dalam waktu 6 bulan, ikan ninja ini dapat mempunyai bobot hingga 8 ons, dan pada ukuran tersebut merupakan ikan yang disebar untuk diperjual-belikan atau siap konsumsi.” tuturnya.

 

kabar indonesia.com,7/12/2009.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s