Tujuh Spesies, Ikan di Nusa Penida Belum Dinamai


Hingga kini, tujuh dari 12 spesies ikan yang baru ditemukan pada 2008 silam di perairan Nusa Penida, Bali belum diberi nama.

“Ada 12 spesis ikan yang kami temukan, dari jumlah itu lima diantaranya sudah bisa diberi nama, tujuh lainnya sampai saat ini belum diberi nama karena masih dalam kajian,” ujar Ketut Sarjana Putra, Direktur Program Marine Conservation International Indonesia, di Denpasar, Jumat (16/7) pagi.

Menurut Sarjana Putra, spesies ikan baru ini para ahli ikan karang dunia saat melakukan penelitian di bawah laut pada kedalaman 35 meter di sekitar Pantai Toya Pakeh, Nusa Penida, Kabupaten Klungkung.

Kelima spesies yang telah dinamai masing masing Chromis sp., Priolepis 33 sp., Priolepis 11 sp, Pseudochromis sp., dan Trimma sp.

Penamaan spesies ikan ini dengan identifikasi sangat detil mulai bentuk dan besaran tubuh, jumlah sisik, duri hingga bentuk mulutnya.

“Sesuai konvensi internasional penamaan ikan ini merupakan hak penemunya,” ujar Sarjana Putra yang ditemui disela program reporting trips konservasi ekosistem dan biodiversity Bali yang digelar Masyarakat Jurnalis Lingkungan Indonesia dan Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Denpasar.

Ikan ikan langka ini ditemukan para peneliti dan akademisi dalam program Marine Rapid Assessment 2008.

“Spesies ikan ini diantaranya ada merupakan hybrid atau percampuran ikan pasifik dan Samudra Indonesia,” papar dia.

Munculnya ikan tersebut juga merupakan percampuan telur ikan dari kedua kawasan itu yang akhirnya melahirkan spesies baru.

“Kelima spesies ikan ini sebagian besar merupakan jenis ikan karang yang berukuran kecil dengan pola warna yang unik,” sambungnya.

Dari pengamatan Sarjana, potensi perairan Nusa Penida sangat memiliki kekayaan dan karagaman bahari, mengingat kawasan perairan Nusa Penida ini merupakan pertemuan dua aurs Samudera Indonesia dan Samudera Pasifik.

indosmarin.com,16 Juli 2010

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s