Jasa Tirta Larang Usaha Budi Daya Ikan di Bendungan Sutami


Perusahaan Umum Jasa Tirta I melarang pengusahaan budidaya ikan tawar dengan sistem jaring sekat di perairan Bendungan Sutami, yang berlokasi di Desa Karangkates, Kecamatan Sumberpucung, Kabupaten Malang, Jawa Timur.
Kepala Hubungan Masyarakat Perusahaan Umum Jasa Tirta I, Wahyu Dutonoto, mengatakan jaring-jaring sekat sangat mengganggu perawatan bendungan, mengganggu pengerukan sedimentasi. ’’Juga mengganggu fungsi bendungan untuk kepentingan yang lebih luas, yakni pemenuhan kebutuhan air baku mutu bagi warga Jawa Timur,’’ katanya kepada Tempo, Kamis (3/7).
Wahyu mengaku ada ratusan peternak ikan di Kecamatan Sumberpucung, Kalipare, dan Pagak, yang selama ini sudah melakukan budidaya dengan sistem jaring sekat, minta diijinkan untuk meneruskan usahanya. ’’Sampai saat ini, memang belum ada yang mengajukan izin jaring sekat. Kami sudah melarang, tapi kenyataannya ratusan jaring sekat di sana tetap beroperasi,’’ katanya. Untuk tindak lanjutnya, pihaknya sudah membicarakannya dengan Pemerintah Kabupaten Malang.
Ada sekitar 400 pengusaha budidaya ikan tawar dengan sistem jaring sekat mulai dari hulu hingga hilir perairan Sutami. Papan larangan sudah dipasang. Pihaknya sudah melakukan sosialisasi, melakukan pendekatan persuasif agar mereka sudi meninggalkan usahanya.
Wahyu menegaskan, warga tidak dilarang mencari ikan di perairan Bendungan Sutami. Tapi hanya memanfaatkan ikan yang sudah ada.

Tempointeraktif.com,03 Juli 2008

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s