Ilmuwan Temukan Fosil Paus Berusia 12 Juta Tahun


Sejumlah ilmuwan sejarah melakukan sebuah penemuan fosil hewan prasejarah yang cukup spektakuler. Mereka menemukan fosil seekor paus purba sepanjang tiga meter ini di selatan Peru.

Fosil itu berupa gigi yang cukup besar. Kuat dugaan, itu merupakan gigi paus raksasa. Para ilmuwan menjuluki temuannya sebagai Leviathan, yang berarti monster laut berumur 12 juta tahun. Para ilmuwan memprediksi, panjang makhluk perairan itu sekitar 17 meter. Mereka pun memprediksi, hewan temuannya itu sempat bertarung dengan monster lainnya pada zaman tersebut.

Saat ditemukan para ilmuwan, bentuk dan ukuran Leviathan mirip paus sperma modern. Namun ilmuwan, yang mengkaji keberadaan hewan ini, mengatakan kemiripan itu hanya pada penampilannya.

Paus Sperma modern jauh lebih pasif. Spesies itu hanya mengonsumsi cumi dan ikan kecil. Berbedadengan Leviathan. Hewan raksasa itu termasuk kategori ikan pemangsa agresif. “Leviathan dapat memangsa ikan besar. Misalnya, lumba-lumba, anjing laut. Bahkan, paus lainnya pun dimangsanya. Ini salah satu monster laut,” tandas Direktur Museum Sejarah Nasional di Paris, Dr Christian de Muizon.

Dikatakan, tidak tertutup kemungkinan, sekitar 12-15 juta tahun silam, di perairan laut, terdapat dua monster yang berpanjang 15 meter lebih, yaitu Leviathan dan hiu purba. “Sangat mungkin. hiu purba dan Leviathan saling bertarung,” tuturnya.

Spekulasi lainnya, Leviathan bisa memangsa ikan lain yang panjangnya 8 meter. Bersenjatakan gigi berukuran raksasa, Leviathan mampu mengoyak mangsanya secara cepat dan efektif. Diprediksi, perubahan iklim membuat kebiasaan makan paus itu berubah. Peneliti mengatakan, temuan tengkorak dan gigi ini menunjukan bahwa keberadaan monster laut raksasa ini bukan lagi mitos.
tribun jabar.com,6 Juli 2010.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s