Sedimentasi Laut Jawa Sudah Sangat Parah


Ternyata, perairan kawasan pesisir pantai Laut Jawa, mulai Subang hingga Jatim, kondisinya memprihatinkan.

Director Marine Geological Institiute Kementerian Energi, Sumber Daya, Energi, dan Mineral (ESDM), Ir Subaktian Lubis MSc, mengungkapkan, hasil penelitian yang dilakukan jajarannya menunjukkan, bahwa tingkat sedimentasi pesisir Laut Jawa, tergolong parah. Bahkan, ungkapnya, Cirebon adalah pemberik kontribusi sedimentasi yang cukup besar.

”Ini terjadi karena lumpur terbawa sungai yang langsung ke laut. Selain itu, juga banyaknya saluran pembuangan air yang langsung menuju laut,” tandas Subaktian, di atas Kapal Geomarine III, Rabu (16/12).

Tentu saja, lanjutnya, sedimentasi itu berdampak buruk bagi ekosistem kelautan Laut Jawa. Kondisi ini, jelasnya, membuat para nelayan sulit memperoleh ikan. ”Santapan ikan adalah plangton, yang berada di dasar laut.. Jika laut normal dan tidak terkena sedimentasi, plangton-plangton itu terangkat oleh adanya tekanan bawah laut,” jelasnya.

Jika ada sedimentasi, terang pria berkaca mata ini, tekanan bawah laut tidak mengangkat plangton-plangton itu. Akibatnya, ikan-ikan tidak mendapatkan makanan. Itu membuat ikan-ikan mencari daerah lain. ”Situasi ini membuat para nelayan kesulitan menangkap ikan,” tuturnya.

Dia menyarankan, untuk melestarikan perairan, sebaiknya, pemerintah turun tangan. Misalnya, membangun sarana pembatas supaya lumpur-lumpur yang terbawa sungai atau aliran air lainnya, semisal pembuangan, tidak langsung ke laut
tribun jabar.co.id, Rabu, 16 Desember 2009.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s