Sambut Imlek dan Valentine, Terima Order Buat Ikan Koi


MENYAMBUT Peringatan Tahun Baru Cina atau Imlek, Imam Bintoro dibuat sibuk dengan menerima pesanan sejumlah aksesoris dan replika berkaitan dengan peringatan itu.

Terlebih lagi, tahun ini Peringatan Imlek dipadukan dengan Hari Kasih Sayang atau Valentine Day yang juga diperingati masyarakat dunia, karena jatuh pada tanggal bersamaan 14 Februari.

Imam yang juga pemuda Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) atau Kelenteng Hok Tek Bio Salatiga tersebut, memang dikenal memiliki kreativitas sebagai pembuat aksesoris dan barang yang berkaitan dengan ritual warga Tionghoa. Tahun ini dia mendapat pesanan membuat sembilan buah ikan koi ukuran besar, yang akan dipakai kelenteng di Magelang.

”Sudah lebih dari dua minggu ini saya mempersiapkan pembuatan ikan koi raksasa tersebut, kini tinggal finishing. Besok sudah saya bawa ke Magelang,” kata Imam di rumahnya Dukuh Karanganyar Kelurahan Kalicacing Kecamatan Sidomukti Salatiga.

Ikan koi tersebut bagi warga Tionghoa menggambarkan hewan keberuntungan. Pesanan pembuatan sebanyak sembilan buah yang merupakan angka keberuntungan yang selalu dipilih siapa saja. ”Saya membuat ikan koi ini dengan bantunan istri dan saudara,” ujarnya.
Replika Ganesha Setelah mendapat pesanan dia langsung merancang bahan dari bambu, desain warna, kertas pembungkus, dan lainnya. Namun karena sudah menjadi pekerjaannya pembuat aksesoris dan replika, begitu mendapat pesanan langsung tahu bagaimana desain dan cara pembuatan serta bahan yang dibutuhkan.

Imam mengaku tingkat kesulitan dalam pembuatan itu pada tahap penyelesaian, karena harus menyamakan kemiripan dengan bentuk aslinya. Adapun harga barang buatannya itu disesuaikan kebutuhan bahan baku serta ongkos pembuatan.

”Saya tidak berani menghargai terlalu mahal. Biaya bahan baku dan tenaga kerja terpenuhi serta pemesan senang, merupakan kebanggaan bagi kami.”
Tahun lalu pesanan yang diterimanya di antaranya, miniatur rumah-rumahan beserta isinya, yang dipakai untuk ritual Cao Kung Tek atau kirim doa kepada kerabat yang telah meninggal.

Dia juga mendapat pesanan membuat replika Ganesha ukuran raksasa saat meramaikan kegiatan Open House dan Peringatan Hari Pahlawan di TK/SD Kanisius Gendongan Kecamatan Tingkir Salatiga, November lalu.
suaramerdeka.com,01 Februari 2010.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s