Budi Daya Ikan Patin Terkendala Pemasaran


Meski petani tambak (petambak) di Kota Pekalongan mampu mengembangkan budi daya ikan patin ekspor dengan baik, tapi mereka terkendala pemasaran.

Karena itu sebagian besar petambak lebih memilih mengembangkan budi daya ikan lele lantaran lebih mudah dijual ke pasaran.

Hal tersebut kemarin terungkap dalam inspeksi mendadak (sidak) Komisi III DPRD Kota Pekalongan di lahan tambak ikan lele dan patin binaan Dinas Pertanian Peternakan dan Kelautan (DPPK).

Pranoto, petambak ikan patin dan lele di Kelurahan Soko menyebutkan, sebenarnya pembudidayaan ikan patin dapat mudah dilakukan seperti budi daya ikan lele. Namun dia sekarang ini terkendala masalah pemasaran.

”Kalau ikan lele sudah banyak yang mengambil, begitu panen semua bisa langsung terjual. Untuk ikan patin, kami masih kesulitan, sebab belum banyak peminatnya,” kata dia.
Ekspor Kendati demikian, ikan patin sangat diminati hotel berbintang seperti Hotel Nirwana Pekalongan yang sering membeli ikan dari hasil panen petambak karena pangsa pasar ikan sejenis lele tersebut adalah ekspor.

Selain masalah kendala pemasaran, petambak juga menginginkan agar Pemkot melalui DPPK memberikan bantuan alat pembuatan pakan agar petambak dapat efisien dan ekonomis melakukan kegiatan pembudidayaan.

Terhadap masalah tersebut Ketua Komisi III Nusron SAg menyebutkan, pihaknya akan mendesak DPPK memperhatikan keluhan petambak. Sebab kegiatan budi daya dapat dilakukan dengan bagus.

”Mungkin dengan cara memberikan dana bergulir atau pinjaman lunak dengan cara membuat kelompok petambak dan mendirikan koperasi agar dana bantuan tidak terpusat pada seseorang melainkan dapat dinikmati secara menyeluruh,” tandasnya.

Sedangkan, Kepala DPPK drh Widagdo menambahkan, pihaknya selama ini telah memberikan pembinaan kepada petambak dan selanjutnya akan menampung semua permasalahan yang muncul kemudian merealisasikan bantuan.
suaramerdeka.com,18 Juni 2009.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s