Probiotik Pacu Pertumbuhan Ikan Gurami


PERCAYA atau tidak, kebutuhan ikan gurami di Yogyakarta mencapai enam ton tiap hari. Sayangnya, dari jumlah itu hanya separonya saja yang bisa disuplai oleh petani gurami dari Kota Pelajar. Selebihnya masih mendatangkan dari Tulungagung dan Blitar.

Kondisi tersebut terjadi karena banyak pusat kuliner baru. Tentunya hal itu menjadi prospek bagus bagi para petani ikan gurami.
’’Saya ambil gurami dari kolam petani dengan harga Rp 20.000-Rp 21.000/kg. Itu disesuaikan dengan standar harga pemasaran di Jakarta.

Kalau di bawah harga itu kasihan petani, tujuan kita kan sejahtera bersama-sama petani. Pola plasma yang fair saya kembangkan bersama petani,’’ papar Galih Adi W, salah satu pengepul gurami terbesar di Yogyakarta.

Himawas Atasasih, pemilik HMPS di Jl Sutijap 23 Wates, Kulonprogo menambahkan, hasil panen gurami di kolam petani saat ini kualitasnya makin baik. Indikasinya antara lain pertumbuhan ikan cepat sehingga dapat segera panen, ikan seragam, dan tidak bau lumpur atau tanah.

Menurutnya, semua kelebihan gurami produksi Kulonprogo karena petani sudah mulai terbiasa memakai probiotik dicampur pakan. Misalnya, probiotik RajaGrameh, RajaLele, MasterFish, SPF atau Nature yang mudah diperoleh di toko pakan ternak. Dengan campuran probiotik dan pelet membuat metabolisme dan pencernaan ikan sempurna. Sebagian besar, 90% pakan yang masuk ke tubuh akan menjadi daging ikan.

Dia sendiri menceritakan pengalamannya, ada dua probiotik yang bisa dimanfaatkan petani gurami untuk mendongkrak hasil kolamnya. Pertama, probiotik untuk menggemburkan dasar kolam sekaligus memelihara kualitas air seperti Nature atau Super Plankton. Probiotik ini cukup diguyurkan ke air kolam pada pagi hari setiap dua minggu sekali supaya air selalu sehat, tidak blooming dan penuh dengan plankton sebagai pakan alami.

Yang kedua, probiotik untuk memacu pertumbuhan ikan sendiri sekaligus membentengi dari kemungkinan terkena penyakit atau stres. Probiotik itu harus dicampurkan ke pakan, pakan pelet ataupun daun-daunan seperti Nutrisi Simba, RajaGrameh, dan SPF.

Rangsang Nafsu Makan

Pakar gurami dari Jurusan Perikanan UGM Ir Gandung Hardaningsih menguraikan, dari berbagai riset, probiotik memang terbukti bagus untuk pemeliharaan air kolam dan pemacu pertumbuhan ikan.

Karena ada introduksi mikroba positif maka kolam menjadi lebih sehat dan ikan juga lebih kuat terhadap stres dan penyakit. Yang pasti, pertumbuhan ikan bisa sangat pesat karena probiotik juga merangsang nafsu makan.

’’Saya kira probiotik akan menjadi andalan para petani ikan di masa depan karena manfaatnya sangat besar pada pertumbuhan ikan sehingga cukup berarti dengan keuntungan yang didapat,’’ tandasnya.

Probiotik ibarat benteng pertahanan diri, sebaiknya diberikan sejak dini. Begitu bibit mau masuk kolam, tiga hari sebelumnya air kolam harus diguyur probiotik Nature atau SPF lebih dahulu agar kondisi air cepat matang dan tumbuh banyak plankton. Selanjutnya, pemberian probiotik untuk pemeliharaan air cukup dua minggu sekali atau ketika kondisi air menurun kualitasnya.

’’Jadi semacam imunisasi, jika diberikan lebih awal akan lebih bagus efeknya. Jangan menunggu kondisi kolam jelek dan ikan stres atau terserang penyakit. Pemberian secara teratur akan menghasilkan ikan lebih bagus,’’ imbuh Himawan.

Jumadi, petani gurami dari Desa Ceme, Srigading, Sanden, Bantul membenarkan pemberian probiotik sangat membantu pertumbuhan ikan. Saat melihat di kolamnya banyak gurami stres dan mengambang bahkan beberapa mati, dia secepatnya mengguyurkan sebotol probiotik Nature campur segenggam gula pasir ke kolam. Keesokan harinya air kembali hijau jernih dan semua guraminya sehat kembali.

suaramerdeka.com, 30 Desember 2008

One thought on “Probiotik Pacu Pertumbuhan Ikan Gurami

  1. Asslm.Wr.Wb.Sya masih bingung dengan probiotik yang digunakan.Apakah sudah ada bukti jika panen ikan lebih besar hasil timbangannya jika tdk memakai probiotik?kira2 berapa harga perbotolnya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s