Paus, Mamalia Terbesar dan Unik


HEWAN ini adalah mamalia yang menyandang predikat hewan terbesar di bumi. Ya, hewan ini adalah ikan Paus. Berat badan Paus jauh lebih berat dibandingkan dengan seekor dinosaurus yang hidup di era Mesozoik, yang beratnya hanya sekitar 60 ton. Ikan ini sekali makan per hari membutuhkan ikan krill ( ikan kecil ) sebanyak 90 ton.

Pertumbuhan populasinya sangat lambat, karena untuk melahirkan membutuhkan waktu dua hingga tiga tahun, sedangkan masa kebuntingannya berbeda beberapa bulan dari manusia.

Bila manusia dan binatang darat mengandung anak rata-rata sembilan bulan, ikan paus lebih dari satu tahun.

Berat anak yang dilahirkan antara 2,5-3 ton, dengan panjang tubuh sekitar tujuh meter. Berat lidah paus dewasa 2.700 kilogram sedangkan lidah anaknya sekitar 550 kilogram.

Kemampuan tumbuh anaknya sangat cepat, dengan daily gain antara 90-100 kilogram per hari. Dia akan disapih pada umur tujuh bulan.
Selama dalam pengasuhan, anak paus itu minum susu induknya sebanyak 500 liter sehari.

Ikan paus atau whale sebenarnya tidak termasuk kelompok pisces atau ikan, seperti halnya lumba-lumba dan singa laut, ikan paus termasuk kelompok mamalia air.

Tetapi karena ia hidup di air, maka sebagian besar orang menganggapnya sebagai ikan. Seperti mamalia yang lain paus mempunyai ciri-ciri, bernafas melalui paru-paru, berdarah panas, mempunyai kelenjar susu dan mempunyai jantung empat bilik.

Yang menarik dan unik, ternyata paus biru memiliki suara paling keras, yang juga menyandang gelar sebagai hewan terbesar di bumi.

Lebih Keras

Suara ikan paus biru lebih keras daripada suara motor Harley Davidson. Bahkan lebih keras daripada suara konser rock yang paling keras, dan juga lebih keras dari ledakan bom. Seberapa keraskah suara ikan paus biru tersebut? Suara ikan tersebut adalah 188 desibel.

Angka ini sama dengan 1 juta kali suara mesin jet. Perlu diingat, tingkat kekerasan suara bertambah secara logaritmis. Ini berarti setiap kenaikan 10 desibel berarti peningkatan intensitas suara hingga 10 kali.

Selain itu, kehebatan mamalia ini adalah mampu menyelam hingga kedalaman 800 – 1.000 meter. Bagaimana seekor ikan raksasa dapat menyelam hingga sedalam itu dan kembali ke permukaan dengan mudah?

Sebagai contoh, bayangkan sebuah kapal dengan bobot 150 ton dan panjang 30 meter. Jika kapal itu tenggelam ke dasar laut sedalam 1.000 meter, akan membutuhkan operasi besar-besaran selama bertahun-tahun untuk mengangkatnya kembali.

Itulah kebesaran Tuhan, seekor paus dapat muncul ke permukaan dalam waktu 15 ñ 20 detik. Karena tulang ikan paus terbuat dari bahan berongga yang terisi minyak, ia dapat dengan mudah mengapung di permukaan air.

Ikan paus juga sangat terampil menyelam. Tuhan telah menciptakan tubuhnya sangat tahan terhadap tekanan yang tinggi di kedalaman air laut.
Oksigen yang mengalir dalam darah dan otot-ototnya bercampur dengan zat-zat kimia memberinya tenaga saat di dalam air atau saat tidak bernafas.

Paus mempunyai sistem sirkulasi yang khas yang dapat mengalirkan darah secara langsung dari organ menuju otak. Melalui cara ini, sampai saat ikan paus muncul di permukaan air untuk bernafas, ia tetap dapat mengirim oksigen di dalam tubuhnya secara langsung ke otak, organ yang paling membutuhkan oksigen.

Badan paus biasanya berbentuk seperti torpedo dan sangat cocok untuk berenang dalam air. Sementara itu jika kebanyakan ikan ekornya tegak lurus dengan permukaan air, ekor ikan paus melintang dan sejajar dengan permukaan air. Dengan ekor seperti ini, ikan paus mampu mendorong dirinya ke depan di dalam air.

Setiap tahun, sebuah perjalanan epik dilakukan oleh spesies mamalia terbesar di laut ini. Mereka pergi mencari iklim lebih hangat yang menyediakan lingkungan sempurna untuk melahirkan keturunan mereka.

Selama musim dingin di belahan Selatan berlangsung, ikan-ikan paus menempuh perjalanan ke perairan pantai utara Australia, meninggalkan daerah perairan Antartika yang dingin dan tandus.

Atraksi

Ini mungkin bagian dari siklus kehidupan mereka, tetapi setiap tahunnya ribuan orang menunggu untuk menyaksikan pemandangan yang menakjubkan dari ikan paus dan bayi-bayinya yang baru lahir.

Pada hari yang tepat, atau mungkin dalam suasana hati yang tepat, mamalia yang luar biasa ini akan memainkan suatu pertunjukan yang cukup berharga untuk dinantikan. Seolah-olah ia sedang melakukan atraksi.

Mereka menyeburkan dan berguling menghempaskan tubuh mereka, menerobos lautan dan hal ini mengundang lebih banyak jepretan kamera daripada yang dilakukan wartawan saat mengejar para selebriti.

Bahkan, menonton pertunjukan ikan paus sudah menjadi sebuah bisnis besar di Australia.

Daerah favorit lainnya untuk menyaksikan ikan-ikan paus antara lain di pantai Selatan dan Barat Australia – Ottway Coast di Victoria, jurang Great Australian Bight dan Cape Leeuwin, Shark Bay dan Ningaloo di daerah Australia Barat.

suaramerdeka.com, 04 Desember 2009

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s