Kiat Cegah Stres dengan 7 Makanan Sehat


Mudah stress? Anda tak sendiri. Risiko itu kian meningkat dalam masyarakat di era modern. Peningkatan itu disebabkan menumpuknya tekanan yang dialami individu ketika mereka berada dalam lingkup pekerjaan, lingkungan sekitar dan keluarga.

Strees juga terkait dengan makanan. Bila ingin mencegah stress cobalah cara sederhana yakni mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi.

Pakar nutrisi, David Zinczenko, menyatakan ketika stres, tubuh secara alami meminta pasokan kalori. Pasokan kalori itu sengaja dipersiapkan tubuh untuk menghadapi tekanan yang dialami seseorang. Karena itu, Zinczenko menilai pasokan nutrisi itu haruslah sehat dan bergizi.

Pasalnya, pasokanan makanan yang jauh dari sehat dan bergizi hanya akan mengancam seseorang dari resiko obesitas. “Kuncinya adalah makanlah apa yang anda inginkan guna menghilangkan stres, membuat anda terlebih lebih ramping dan kuat melalui masa-masa sulit, “kata dia. Berikut tujuh jenis makanan yang direkomendasikan Zinczenko seperti yang dikutip dari Yahoohealt, Kamis (26/8) :

Pepaya

Mungkin sebagian dari anda mengira pepaya hanyalah buah yang bermanfaat melancarkan pencernaan belaka. Jika anda berpikiran demikian, artinya anda salah besar. Pepaya ternyata mengandung nutrisi yang mampu menghentikan stres seseorang. Nutrisi itu mampu memancing produksi hormon anti stres dalam tubuh. Sebagai informasi, setengah pepaya mengandung 75 persen vitamin C lebih banyak dari jeruk.

Berdasarkan hasil riset Universitas Alabama, AS satu pepaya berukuran besar mengandung 200 mg vitamin C. Dengan jumlah kadar vitamin seperti itu, seekor tikus tidak akan mengalami stres selama dua hari. “Kalau pepaya juga berkhasiat buat menghilangkan stres pada tikus, berarti bisa digunakan untuk menghilangkan stres pada manusia,” ujar Zinczenki.

Teh Pepermint

Teh dengan daun mint direkomendasikan Zinczenko sebagai minuman yang mampu membuat anda jauh lebih fokus dan meningkatkan semangat kerja seseorang. Sejumlah riset mengungkap konsumsi teh pepermint selama perjalanan jauh membuat pengendara lebih tahan ngantuk dan tetap fokus. Bagi seseorang yang tidak menyukai teh mungkin bisa menggantinya dengan permen pepermint atau minyak pepermint.

Pumpkin Seeds

Makanan berikutnya yang ampuh mengatasi stres adalah biji labu. Bagi masyarakat Indonesia mungkin terlalu awam dengan biji labu sehingga jarang sekali mengkonsumsi labu. Padahal labu terutama pada bijinya mengandung magnesium tinggi. Perlu diketahui, tubuh membutuhkan magnesium dalam jumlah besar.

Sayangnya, hanya 30 persen dari magnesium yang dipenuhi. Akibatnya, resiko gejala stres seperti sakit kepala, cemas, tegang, kelelahan, insomia, gelisah dan tekanan darah tinggi. “Seperempat mangkuk biji labu, mampu memenuhi setengah kebutuhan magnesium dalam sehari,” ungkap Zinczenko.

Alpukat

Alpukat bukanlah buah yang berasa manis ketika dikonsumsi. Meski demikian, alpukat memiliki kandungan lemak sehat dalam setiap dagingnya. Selain lemak sehat, alpukat jugamengandung potasium terbilang tinggi. Bahkan kandungan potasium apukat lebih tinggi ketimbang pisang.

Salmon

Bagi penyuka sajian ikan tentu paham dengan kandungan gizi yang terdapat dalam daging ikan Salmon. Salah satu kandungan gizi yang cukup esensial dari ikan salmon adalah omega-3. Berdasarkan sebuah studi, daging salmon juga mengandung protein tinggi, trifopan. Satu filet salmon memiliki sebagai triptofan sebanyak yang Anda butuhkan dalam satu hari. Kandungan tripofan inilah yang obat stres yang ampuh.

Kacang Almond

Kacang almond mengandung LDL yang baik untuk jantung. LDL ini akan memerangi 10 % kolesterol jahat apabila dikonsumsi secara teratur. Ia juga menurunkan resiko serangan jantung, kanker serta membuat Anda awet muda.

Beberapa studi yang pernah dilakukan, almond juga baik untuk diet lantaran kandungan sertnya yang cukup tinggi. Almond juga mengandung karbohidrat yang bisa mengenyangkan perut bila dikonsumsi. Almond juga kaya akan protein, yang tentunya sangat baik untuk pertumbuhan kuku, kulit, dan rambut.

Kandungan kalsium dalam Almond cukup tinggi. Karena itu, kacang almond bisa memperlancar peredaran darah dan menjaga kestabilan liver. Tak ketinggalan, Almond juga mengandung vitamin E. Perlu diketahui, vitamin E sangat memicu tubuh memproduksi hormon anti stres.

Havermut

Efek biokimia dari stres adalah kehabisan stok serotonin, hormon yang membuat Anda merasa sejuk, tenang, dan terkendali. Salah satu strategi utama untuk meningkatkan serotonin kembali ke tingkat yang sehat adalah meningkatkan asupan karbohidrat.

Sebaliknya, untuk memperlancar produksi serotonin, konsumsilah makanan kaya serat seperti gandum. Lambatnya pencernaan makanan menyebabkan produksi sorotonin stabil dan mencegah naiknya gula darah yang mengakibatkan perubahan suasana hati dan nafsu makan.

republika.co.id, 26 Agustus 2010

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s