Ikan ’’Malas’’ Tingkatkan Gairah dan Stamina


BERBAGAI jenis ikan air laut dan tawar beberapa tahun terakhir ini menjadi primadona masyarakat. Maklum, karena ikan lebih aman dikonsumsi dibandingkan dengan daging unggas ataupun hewan berkaki empat. Kolesterol cenderung rendah, protein tinggi, dan dipercaya mengandung manfaat tertentu.

Ikan ’’malas’’ misalnya, di kalangan penggemar ikan dan masyarakat China dikenal sebagai penambah gairah dan stamina. Orang menyebutnya pula sebagai ikan betutu, bentuknya panjang, gilik, mirip kutuk. Dagingnya halus, lembut, dan sangat cocok dimasak tim atau dikukus.

’’Disebut malas karena pada kondisi hidup sangat jarang bergerak, hanya diam saja. Ini sangat terkenal di kalangan warga China karena dipercaya dapat membuat seseorang menjadi lebih fit,’’ jelas Manager Pondok Makan New Pelem Golek di Jl Palagan Tentara Pelajar 99 Yogyakarta, Herman Susanto.

Dia mengungkapkan, ikan tersebut sangat jarang beredar di pasaran karena memang susah diperoleh. Dia harus memesan ke Semarang untuk mendapatkannya. Bahkan itu pun harus berebut dan antre.

’’Biasanya hanya ada di hotel berbintang dan sangat mahal, bisa mencapai ratusan ribu rupiah tiap satu kilogram. Kami mencoba memasyarakatkan dengan harga lebih terjangkau agar semua bisa merasakan kenikmatan dan manfaatnya,’’ paparnya.

Sup Ikan dan Udang

Selain ikan ’’malas’’, di pondok yang berada di depan Hotel Hyatt tersebut ada menu khas yakni sup ikan dari cumi, udang, jamur, dan tahu Jepang. Bumbu tradisional membuat rasanya benar-benar tersimpan di lidah meski mangkok sudah bersih tak bersisa.

’’Ikan betutu saus singapura dan sup seafood plus tahu benar-benar lezat, tak cukup kalau hanya satu mangkok,’’ tutur Setyowati, salah seorang pengunjung yang sudah berkali-kali merasakan nikmatnya masakan di sana.

Dia dan teman-temannya sering melewatkan liburan di pondok yang mampu menampung 300-an orang itu. Ada ruang VIP, aula, dan gubuk-gubuk lesehan yang menghadap air terjun alami dari Kali Buntung. Gemericik air dan kicauan burung membuat suasana benar-benar asri.

Herman menambahkan, untuk mempermudah dan mempercepat pelayanan bisa kontak dulu ke 0274-867676.
Pasalnya, seringkali tempat tertentu sudah dipesan rombongan. Banyak rumah makan memberlakukan hal demikian agar tidak mengecewakan pengunjung apalagi dari luar kota.

suaramerdeka.com, 24 Mei 2008

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s