Budidaya Ikan Papua Terkendala Pemasaran


Pemasaran masih menjadi tantangan yang harus dihadapi dalam menjalankan usaha budidaya ikan keramba yang dikelola masyarakat Jayapura dengan memanfaatkan potensi Danau Sentani yang terletak di Kabupaten Jayapura.

Hal tersebut diakui Ketua Smirna, Kelompok Usaha Budidaya ikan keramba di Danau Sentani, Wempi Wally, di Jayapura, Selasa, menanggapi perkembangan bisnis yang digelutinya bersama masyarakat Kabupaten Jayapura lainnya.

Dikatakannya, saat ini Kelompok Smirna mengelola empat petak keramba dimana saat panen, masing-masing petak menghasilkan Rp6 juta dengan harga jual ikan per kilogram Rp25 ribu. “Usaha ikan keramba sangat menguntungkan, tapi kami masih kesulitan untuk memasarkan hasilnya ke pelanggan tetap dalam jumlah banyak,” ujar Wempi.

Menurutnya, selama ini penjualan ikan keramba tidak terjual dalam jumlah banyak, namun tetap dibeli konsumen dalam jumlah relatif sedikit sehingga habis secara bertahap. Sejauh ini sudah tiga kali Wempi memanen ikan hasil kerja kerasnya bersama dengan anggota kelompok Smirna lainnya.

Agar usaha ini berkesinambungan, sebagian hasil panen disisihkan untuk pengembangan bisnis dalam bentuk pembelian pakan ikan, bibit baru, dan angsuran ke Dinas Perikanan yang memberikan bantuan Rp30 juta pada saat membuka usaha pada 2006 silam. Saat ini terdapat 700 keramba ikan yang sedang dikembangkan masyarakat di sekitar Danau Sentani.

Pengelolaan keramba-keramba ini dilakukan secara berkelompok dengan satu kelompok terdiri dari sepuluh orang yang pada umumnya memiliki hubungan kekerabatan. Berbagai jenis ikan air tawar yang dipelihara dalam keramba di antaranya adalah mujair, hiu gergaji, gabus, ikan mas dan nila.

Danau Sentani yang terletak di Kabupaten Jayapura memiliki luas 3,63 hektar dan berada di ketinggian 75 meter di atas permukaan laut. Selain menjadi tempat hidup beragam ikan air tawar, pemandangan di sekitar danau ini cukup menarik dan layak menjadi tempat wisata.
suaramerdeka.com,18 Agustus 2009.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s