Budidaya Ikan Air Tawar Mulai Dikembangkan


Tidak hanya di sektor pertanian saja yang bisa diandalkan untuk menopang perekonimian masyarakat di Kabupaten Kudus, kini pemerintah setempat sudah mulai mengembangkan budidaya ikan air tawar.

Hal ini dilakukan dengan bekerjasama melalui unit-unit atau kelompok pengembangan ikan air tawar di Kabupaten Kudus.

Kepala Dinas Pertanian, Perikanan dan Kehutanan, Ir Budi Santoso disela-sela penebaran bibit ikan air tawar bersama Kudus Fishing Community di embung Desa Ngemplak, Kecamatan Undaan Kudus Minggu (16/5) pagi, mengatakan, budidaya ikan air tawar memang sudah lama berlangsung dan kini terus dikembangkan.

“Disisi lain pengembangan ikan air tawar bisa mendongkrak perekonomian masy arakat, dan hal ini bisa menghasilkan keuntungan dalam bidang perekonomian,” katanya.

Selama ini pengembangan budidaya ikan air tawar ini sudah lama dikenalkan kepada masyarakat maupuan petani, yaitu dengan denga cara penangkaran karamba mealuliu pemanfaatna perairan umum.

“Salah satunya yang berada disebagian desa di wilayah Kecamatan Undaan sudah mulai membudidayakan ikan air tawar dalam karamba, yang sebenarnya mempunyai potensi yang cukup menjanjikan dengan memanfaatkan media perairan umum yang sudah tidak digunakan lagi, karena seblumnya media tersebut dipakai untuk memenuhi kebutuhan hidup, namun sekarang warga setempat sudah memanfaatkan air bersih dari PDAM,” jelasnya.

Pihaknya menjelaskan, dalam jangka panjang pengembangan budidaya ikan air tawar ini sekaligus mengajak masayarakat untuk membudidayakan makan ikan tawar sebagai upaya untuk menunjang asupan gizi pangan.

“Selain mensejahterakan masyarakat di bidang perekonomian melalui budidaya ikan tawar, disisilain juga mengajak untuk membudidayakan makan ikan tawar sebab hal ini tekait dengan meningkatkan angka kecukupan gizi,” tandasnya.
suaramerdeka.com,16 Mei 2010.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s