Budi Daya Ikan Karamba Manfaatkan Air Hujan


Puluhan warga Desa Ngemplak, Kecamatan Undaan, Kabupaten Kudus memanfaatkan kolam penampungan air hujan untuk budi daya ikan dengan keramba.

“Awalnya, kolam penampungan air hujan itu hanya dimanfaatkan warga sekitar untuk mencuci dan tempat membuang sampah, kini mulai dimanfaatkan untuk budi daya ikan air tawar dengan keramba,” kata Kepala Desa Ngemplak, Safii, di Kudus, Jumat.

Budi daya ikan air tawar memanfaatkan kolam seluas 1 hektare tersebut dimulai sejak Agustus 2008. “Awalnya, hanya ada beberapa keramba saja, kini bertambah menjadi 50 unit keramba,” kata Safii yang menjadi fasilitator pengembangan ikan keramba itu.

Sebanyak enam keramba, kata dia, merupakan swadaya masyarakat yang benih ikannya diperoleh dari bantuan Pemkab Kudus. Biaya pembuatan setiap keramba dengan ukuran sekitar 6×8 meter menghabiskan dana sekitar Rp 700 ribu.

“Setiap keramba dapat diisi benih ikan hingga 2.000 bibit dengan harga bibit Rp 300/ekor,” ujarnya. Jenis ikan yang dibudi dayakan meliputi ikan nila, bawal, tombro, dan emas. “Ikan tersebut dapat dipanen pada usia sekitar lima hingga enam bulan,” ujarnya.

Pemasaran

Ia memprediksi, budi daya ikan dalam keramba tersebut akan menarik minat warga sekitar untuk merintis usaha sampingan, terutama yang memiliki mata pencaharian petani.

“Sebagian besar pengelola keramba merupakan petani. Selain mendapatkan hasil panen padi, mereka juga mendapatkan hasil dari budi daya ikan dalam keramba,” katanya.

Hasil dari usaha budi daya ikan keramba tersebut diprediksi juga lebih menguntungkan, karena tidak perlu membutuhkan modal yang banyak dan tempat tidak perlu menyewa.
suaramerdeka.com,06 Januari 2009.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s