Awetkan Ikan dengan Racun Serangga


Perilaku pedagang ikan di Sumatera Barat masih mencemaskan. Mereka tidak sungkan-sungkan untuk mengawetkan ikan dengan bahan pengawet berbahaya, seperti formalin dan boraks. Bahkan, bahan pengawet seperti racun serangga untuk tanaman cabai juga ada yang menggunakan.

Peneliti perikanan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Bung Hatta (UBH), Yempita Efendi, Jumat (12/9), mengatakan, ia pernah menemui seorang pedagang di kawasan Air Bangis, Pasaman Barat, yang dengan santainya menyemprotkan racun serangga untuk tanaman cabai pada ikan yang baru saja selesai dijemur.

Pedagang itu bilang, penyemprotan racun itu tidak apa-apa karena ikan tidak dikonsumsi oleh dirinya sendiri. Ini jelas sebuah bentuk kesadaran kesehatan yang sangat buruk, tutur Yempita.

Rendahnya kesadaran pedagang itu yang dinilai oleh Yempita sebagai faktor yang paling berperan atas maraknya penggunaan bahan pengawet berbahaya pada ikan, termasuk formalin dan boraks.

Dengan kondisi serupa ini, Yempita berharap pemerintah segera turun tangan untuk mencegah pengulangan pemakaian bahan pengawet berbahaya.

kompas.com,12/9/2008

One thought on “Awetkan Ikan dengan Racun Serangga

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s