Ada Ikan “Dewa” di Kolam Cibulan


Wisata alam Cibulan, Kuningan, Jabar, makin diminati wisatawan karena menyajikan atraksi ikan “Kancara Putih” atau disebut juga ikan “dewa” dan tujuh sumur yang diyakini petilasan Prabu Siliwangi. Ratusan pengunjung terutama pada hari libur berkunjung ke wisata alam Cibulan untuk menyaksikan atraksi ikan kancara putih dan mengambil air di tujuh sumur.

Ikan kancara putih disebut juga ikan keramat. Pengunjung bisa mandi di kolam dan “bercanda” dengan ikan-ikan tersebut. Pengunjung bisa juga diabadikan dengan cara mengangkat ikan beberapa saat. “Ada sepuluh ekor yang bisa diangkat ke permukaan karena sering dipijat-pijat dan dielus-elus,” kata seorang pemandu wisata, Senin (2/8).

Menurut dia, jumlah pasti populasi ikan keramat ini tidak diketahui. “Mengenai jumlahnya pasti tidak pernah dihitung, tetapi yang diduga jumlahnya ratusan bahkan ribuan,” ujarnya.

Populasinya tetap terjaga, karena hingga saat ini, tidak ada pengunjung yang berani mengambil dan mengonsumsinya.

Cibulan yang lokasinya sekitar tujuh kilometer dari Kuningan, atau sekitar 28 kilometer ke arah Selatan Cirebon tersebut memiliki tiga kolam ikan kancara putih. Kolam-kolam dengan air bersih dari pegungunan dan dikelilingi pohon-pohon besar tersebut setiap dua minggu sekali dikuras.
suaramerdeka.com,02 Agustus 2010

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s