Tiga Inspirasi Bentuk Kolam Ikan


Kolam ikan di rumah diyakini memberikan kesejukan di rumah. Apalagi suara gemericik air bisa mengurangi kepenatan pikiran. Untuk membuat kolam ikan, ada beberapa hal yang mesti diperhatikan agar keindahan dan fungsinya tetap terlihat.

Hal utama yang diperhatikan adalah bentuk dan lokasi kolam. Bentuk kolam sebaiknya mengikuti lahan yang tersedia. Ada dua bentuk dasar kolam ikan, bentuk teratur dan tidak teratur. Bentuk teratur adakah bentuk kolam yang mengikuti pola simetris dan geometris seperti persegi atau bundar. Sedangkan bentuk tidak teratur adalah bentuk kolam yang fleksibel mengikuti lahan atau bentuknya tidak kaku.

Lokasi kolam juga perlu diperhatikan agar keindahan kolam bisa dipandangi setiap saat dan tidak terhalang. Selain itu, lokasi harus ditentukan dengan cermat agar perawatan kolam lebih mudah. Sebaiknya, pilih lokasi kolam yang dekat dengan sumber air atau kran sehingga tidak perlu memasang pipa terlalu panjang.

Memilih Isi Kolam
Pada umumnya, kolam ikan di rumah diisi juga dengan tanaman. Untuk memilih tanaman dan ikan apa yang cocok di kolam itu, Anda harus memperhatikan terlebih dahulu dimensi dan lokasi kolam.

Tanaman yang cocok untuk kolam ikan adalah tanaman air. Pilihlah tanaman air sesuai lokasi kolam terhadap arah sinar matahari. Sebagai contoh, teratai dan lotus adalah tanaman air yang tidak menyukai matahari siang secara langsung. Karenanya, jika kolam menggahadap langsung matahari, sebaiknya jangan menggunakan kedua jenis tanaman ini. Sebagai informasi, tanaman di kolam ikan salah satunya berfungsi untuk meningkatkan kandungan oksigen di dalam air.

Sedangkan ikan yang diletakkan di dalam kolam harus menyesuaikan dengan ukuran kolam. Beberapa jenis ikan tidak bisa dipelihara di dalam kolam yang terlalu dalam. Ikan Koi contohnya. Kedalaman kolam untuk memelihara ikan koi tidak lebih dari 1m.

INFO:
Jika Anda ingin mengetahui seluk beluk tentang kolam ikan, baca Serial TAMAN yang berjudul Kolam Ikan Hias. Di dalamnya juga berisi mengenai tip dan solusi untuk mengatasi permasalahan kolam dan isinya. Serial ini bisa Anda dapatkan di toko-toko buku seperti Gramedia dan agen terdekat di kota Anda.

Kompas.com, 14 Februari 2008

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s