Biarkan Ikan Purba Itu Berbiak di Perairan Sulawesi Utara


Perairan Sulawesi Utara (Sulut) layak dijadikan konservasi ikan purba Coelacanth, sejalan dengan cukup seringnya ikan jenis itu ditemukan di wilayah tersebut.

“Beberapa tahun terakhir di perairan Sulut ditemukan ikan purba Coelacanth, makanya perlu diberi perhatian serius sehingga ikan tersebut tidak punah,” kata Heard Runtuwene, peneliti dari Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Sam Ratulangi, Manado, Kamis (24/9).

Coelacanth adalah ikan yang berasal dari sebuah cabang evolusi tertua yang masih hidup dari ikan berahang. Sebelumnya, ikan tersebut sempat diperkirakan sudah punah sejak akhir masa Cretaceous 65 juta tahun lalu, sampai sebuah spesimen kemudian ditemukan di Timur Afrika Selatan, di perairan Sungai Chalumna tahun 1938.

Di Indonesia, khususnya di sekitar perairan Manado dan Minahasa Utara, spesies ini oleh masyarakat lokal dinamai ikan raja laut. Coelacanth terdiri atas sekitar 120 spesies yang diketahui berdasarkan penemuan fosil.

Setelah penemuan pada tahun 2007 lalu oleh nelayan di Manado, pada 2009 kembali ditemukan di perairan Minahasa Utara melalui survei yang dilakukan Fakultas Ilmu Perikanan dan Kelautan Unsrat, LIPI, dan Fukushima Aquarime.

“Ditemukannya ikan purba di perairan Sulut menandakan wilayah kita masih diselimuti beragam ikan unik dan purba,” katanya.

Temuan di perairan Minahasa Utara pada 16 September 2009 itu berawal dari tersangkutnya ikan purba itu pada jaring seorang nelayan di Pulau Talise. Ikan yang terjaring saat itu memiliki panjang tubuh 114,5 sentimeter, dengan berat 27 kg.

Usulan perairan Sulut layak dijadikan daerah konservasi mendapat dukungan resmi dari DPRD Sulut, dengan meminta pemerintah daerah dapat memberikan perhatian serius. “Perairan Sulut menggambarkan penuh dengan kekayaan sumber daya hayati serta menyimpan sejarah penting bagi dunia kelautan,” kata Benny Rhamdani, anggota DPRD Sulut.

kompas.com, 24 September 2010

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s