Daging Ikan Kuatkan Jantung


Ketua PKK Kabupaten Kediri Haryanti Sutrisno mengatakan, mengonsumsi ikan bukan hanya menyehatkan badan, tetapi juga menguatkan jantung.

“Ikan kaya akan protein. Selain baik untuk dikonsumsi, daging ikan juga bisa memperkuat jantung,” kata Haryanti yang berprofesi sebagai dokter saat ditemui seusai peresmian Pekan Ikan Kediri (PIK) di Sentra Aquabis Perikanan (SAP) Desa Tunglur, Kecamatan Badas, Kabupaten Kediri, Senin (18/5).

Ia juga mengatakan, daging ikan cocok untuk segala umur, baik orang dewasa maupun anak-anak. Bahkan, daging ikan juga sangat baik untuk pertumbuhan janin yang berada dalam tubuh ibu.

Ia menjelaskan, mengonsumsi daging ikan lebih banyak efek negatifnya, di antaranya dapat membuat emosi lebih stabil, menghaluskan serta mencerahkan kulit, meningkatkan kecerdasan anak, dan menjaga stamina.

Daging ikan, menurut dia, berbeda dengan daging sapi maupun kambing, yang tingkat kerawanan penyakit lebih tinggi, seperti kolesterol.

Ia menolak anggapan sebagian masyarakat yang mengatakan daging ikan banyak mengandung cacing, bahkan dapat menyebabkan cacingan. “Makan ikan dapat menyebabkan cacingan itu hanyalah mitos saja,” katanya menegaskan.

Pihaknya berharap, warga masyarakat tidak ragu lebih memilih daging ikan ketimbang lainnya. Selain harganya relatif lebih murah ketimbang daging hewan lainnya, juga lebih menyehatkan.

Gerakan makan daging ikan sudah diserukan oleh PKK Kabupaten Kediri sejak 2004. Sesuai anjuran Departemen Kelautan dan Perikanan, dengan niatan agar masyarakat mengonsumsi ikan secara teratur dalam jumlah yang disyaratkan bagi kesehatan.

kompas.com,18 Mei 2009-

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s