kan Herring Raksasa Ikan Raksasa Ditemukan 130 Tahun Lalu


Panjangnya luar biasa. Jarang ada ikan herring yang memiliki panjang badan hingga 3,5 meter.

Ikan herring raksasa ini ditemukan di lepas pantai Swedia barat.

“Ikan herring pertama yang berukuran hampir sama ditemukan di Swedia sekitar 131 tahun yang lalu,” kata pihak museum kelautan.

Regalecus glesne yang dikenal sebagai raja herring atau oarfish raksasa ini ditemukan dalam kondisi mati di satu desa kecil nelayan, Bovallstrand, di pantai Swedia barat, sekitar 90 kilometer dari perbatasan Norwegia.

“Ada sesuatu yang besar mengambang. Mula-mula kami kira itu adalah potongan plastik besar. Tetapi setelah kami amati, ternyata ada matanya. Saya kemudian mendekat dan memeriksa sosok ikan yang sangat aneh tersebut,” kata Kurt Ove Eriksson, pria yang menemukan hewan itu, kepada harian Svenska Dagbladet.

Ikan Regalecus termasuk binatang langka. Ikan tersebut memiliki tulang yang panjangnya bisa mencapai 12 meter.

“Terakhir kali, raja herring ditemukan di Swedia pada 1879,” ujar pihak museum House of Sea di Lysekil, tempat ikan tersebut dibawa.

“Kami tidak banyak tahu mengenai spesies ini. Namun, kami percaya bahwa hewan tersebut hidup di laut dalam, setidaknya pada kedalaman 1.000 meter. Banyak orang percaya ikan itu berasal dari mitologi naga laut atau kisah mitologi hewan laut seperti Monster Loch Ness,” katanya.

“Ikan yang sudah mati dan dibekukan di museum ini memiliki luka di sepanjang badannya serta kehilangan sirip punggungnya yang khas dan indah,” kata pihak museum.

Kini ikan tersebut menjadi koleksi tambahan pihak museum, untuk jenis monster laut, yang rencananya akan dipamerkan akhir tahun ini.

kompas.com, 16 Mei 2010

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s