Peningkatan Produksi Budidaya Ikan Air Tawar Sangat Prospektif


Sebanyak 219 kelompok budidaya ikan tawar di Kabupaten Lebak terus meningkatkan produksi untuk memenuhi permintaan pasar daerah itu yang cukup tinggi.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Lebak, Edi Wahyudi, Minggu (5/12/2010), mengatakan, saat ini permintaan ikan tawar, seperti ikan mas, nila, gurame, dan lele, untuk kebutuhan masyarakat Provinsi Banten mencapai dua juta ton per hari.

Namun, permintaan tersebut hingga kini belum terpenuhi, sehingga perlu pengembangaan budidaya ikan tawar lebih banyak.

Saat ini, jumlah pembudidaya ikan di Kabupaten Lebak tercatat 219 kelompok terdiri dari sebanyak 188 kelompok tingkat pemula, 22 tingkat lanjut, dan enam tingkat madya.

Dari 219 kelompok budidaya tersebut dapat menyerap tenaga kerja lokal sebanyak 15.429 orang.

Menurut dia, pihaknya terus melakukan pembinaan maupun pengembangan terhadap pembudidaya ikan tawar tersebut sebab usaha bidang ikan tawar sangat menjanjikan dan prosfektif untuk meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat.

“Dengan pembinaan itu sekarang pembudidaya ikan tawar sudah produksi dan bisa memenuhi pasar Kabupaten Lebak,” katanya.

Dia juga mengatakan, saat ini jumlah produksi ikan tawar sudah terpenuhi dari kolam sebanyak 2.808,79 ton, sawah 49,91 ton, keramba 18,11 ton, kolam air deras 72,09 ton, jaring apung 452,64 ton dan tambak 3.13 ton.

“Saya berharap kelompok budidaya ikan tawar terus bekerja keras untuk memenuhi kebutuhan pasar wilayah Banten,” katanya.

Sementara itu, Aip Suhendi (45), pembudidaya ikan tawar dan warga Kecamatan Cibadak mengaku setiap hari memasok ikan lele untuk pedagang pecel lele di Lebak dan Serang sebanyak 20 ton per hari.

“Kami sudah empat tahun bisnis usaha ikan lele hingga kini masih bertahan karena dapat pembinaan dari pemerintah daerah itu,” ujarnya

berita8.com,6/12/2010

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s