Minyak Ikan Cegah Kanker Payudara


MINYAK Ikan bisa membantu melindungi perempuan dari kanker payudara. Para peneliti mengklaim, perempuan yang menggunakan suplemen minyak ikan berisiko 32 persen lebih kecil mengalami tumor payudara.

Minyak ikan telah lama dinyatakan baik bagi kesehatan, termasuk menguatkan daya otak. Akan tetapi, studi dengan 35.000 partisipan perempuan ini merupakan studi pertama yang menghubungkan minyak ikan dengan kemungkinan penurunan kasus kanker payudara.

Kandungan asam lemak omega-3 dalam suplemen ini, terang peneliti dari Fred Hutchinson Cancer Research Centre di Seattle, bisa mengurangi risiko mengalami bentuk kankar payudara paling umum, yaitu kanker payudara invasif duktal (invasive ductal breast cancer).

Tipe tumor ini, yang tumbuh di sel-sel yang melapisi pembuluh payudara, merupakan pemicu 80 persen dari 45.000 kasus kanker payudara yang terdiagnosis di Inggris tiap tahunnya.

“Kemungkinan jumlah asam lemak omega-3 dalam suplemen minyak ikan lebih tinggi dibandingkan jumlah yang bisa didapatkan orang dari makanan,” tutur pemimpin studi Dr Emily White, seperti dikutip situs dailymail.co.uk, Kamis (8/7).

Akan tetapi, lanjut dia, belum bisa diambil kesimpulan sebelum studi-studi lain mengungkap hasil yang sama. Hal senada juga diungkapkan Edward Giovannucci dari Harvard School of Public Health.”Sangat jarang satu studi tunggal dijadikan dasar untuk membuat anjuran luas.”

media indonesia.com,11 juli 2010

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s