Cuaca Menyebabkan Lonjakan Harga Ikan


Memasuki pekan kedua di bulan Desember, warga Kota Jayapura mulai mengkhawatirkan lonjakan harga ikan laut, akibat gelombang laut yang masih melanda sebagian perairan Papua dan sekitarnya.

“Saya biasanya beli hanya Rp 30 ribu hingga Rp 45 ribu per ekor, tapi sekarang bisa sampai Rp 60 ribu hingga Rp 80 ribu per ekor,” kata Ratna, salah seorang pembeli di Pasar Sentral Hamadi, di Jayapura, Kamis (9/12/2010).

Harga ikan laut yang paling banyak dikonsumsi masyarakat Kota Jayapura, seperti cakalang, dan ekor kuning, kini mulai naik hingga 80 persen per ekornya.

Kenaikan harga yang terjadi setiap hari tersebut akan sangat memperngaruhi daya beli masyarakat menengah ke bawah seperti dirinya.

Padahal, ikan merupakan makanan utama warga Kota Jayapura yang terhitung lebih murah dibanding lauk lainnya.

“Dengan masih mahalnya harga ikan laut saya terpaksa beralih membeli ayam, telur dan tempe karena harga daging sapi juga tergolong mahal sekarang,” ujarnya.

Sementara itu, sejumlah pedagang mengaku terpaksa menaikkan harga ikan laut akibat cuaca buruk masih terjadi di perairan Papua.

“Tidak mungkin harga ikan murah, sementara ikan sulit dicari dan kami para nelayan juga kesulitan melaut,” kata Fitra Ibrahim, salah seorang nelayan di Pantai Utara Papua.

Gelombang yang disertai hujan dan angin kencang membuat nelayan jarang melaut karena khawatir akan keselamatan diri mereka.

Dengan melonjaknya harga ikan laut, warga Kota Jayapura dan sekitarnya mulai beralih untuk mengkonsumsi ikan air tawar, telur, daging ayam, dan tempe sebagai pengganti ikan laut yang kini harganya masih tergolong mahal.

kompas.com,9/12/2010

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s