Betutu, Ikan Tawar Yang Go International


Kutai Kertanegara – Sungai Enggelam perlahan mulai mengecil. Di kanan-kiri pohon mulai rimbun serta air nampak deras mengalir. Di beberapa sudut, nampak rumah-rumahan kecil mengapung dengan keramba di sekelilingnya.

“Ini tempat beternak ikan. Lumayan, sudah dipasarkan hingga luar neger seperti Jepang,” kata Ramsyah yang juga mantri desa di desa Muara Enggelam, Kecamatan Muara Wis, Kutai Kartanegara kepada detikcom, Jumat, (23/4/2010).

Warga menangkar ikan air tawar seperti ikan Baung, ikan Lais dan Ikan Betutu. Ikan Betutu menjadi ikan favorit untuk dijadikan ikan asap. Sedangkan ikan Betutu, menjadi ikan favorite warga karena dijual hingga ke luar negeri dengan harga selangit.

“Ikan Betutu kalau dijual perkilonya antara Rp130-Rp 150ribu. Pangsa pasarnya Jepang,” tambahnya.

Ikan ini diambil dari Danau Semayang ketika surut dengan berat 2 ons. Lantas dikembangbiakan selama 1,5 tahun di sungai dalam keramba. Ikan tersebut butuh oksigen yang banyak sehingga butuh arus air yang deras. Memasuki masa panen, 2 keramba bisa memperoleh 2 pikul seberat kisaran 200 kg.

“Kalau yang beli dari orang Samarinda lalu di jual ke luar negeri,” bebernya.

Ikan tersebut berwana hitam seperti ikan gabus. Rasanya manis dan daging empuk serat lembut. Makanannya Ikan Betutu adalah ikan kecil-kecil. “Kalau sekali panen memang lumayan. Tapi kan pengeluaran hidup di sini juga besar,” tambah putra daerah tersebut.

Adapun Ikan Baung, favorit dijadikan ikan asap. Setelah dibelah dua, ikan
tersebut dipanggang dengan jarak 1 meter selama 2 hari 2 malam. Selain menambah cita rasa, pengolahan ikan asap juga menjadikan awet untuk beberapa pekan. Ikan yang awalnya seberat 5 kg, setelah diasap menjadi 1 kg.

detik.comk,28/4/2010

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s