Yang unik dari ikan tawar


Perairan yang tawar ternyata dihuni berbagai jenis ikan menarik dan memiliki banyak kelebihan, layaknya ikan yang hidup di laut. Bahkan, sebagian di antaranya ada yang termasuk ikan purba. Ikan araipama atau piracucu, misalnya. Hewan air asal Sungai Amazon ini adalah ikan air tawar terbesar di dunia. Araipama dewasa bisa mencapai panjang tiga meter dengan berat sampai 200 kilogram. Makanannya ikan mas atau tongkol.

Ikan yang masih satu marga dengan arwana ini memiliki semacam lidah sepanjang kurang lebih 15 sentimeter dan bertulang. Bagi warga sekitar Sungai Amazon, “lidah” itu kerap dijadikan amplas atau kikir untuk menghaluskan permukaan kayu.

Keunikan lain yang dimiliki araipama adalah kemampuannya bertahan hidup. Bila kadar oksigen dalam air menurun, araipama akan menghirup udara langsung dari atmosfer. Jika air tempatnya hidup kering, araipama akan menggulung diri membentuk bola dan membenamkan badannya dalam lubang hingga air kembali datang.

Jenis ikan purba lainnya adalah ikan paru Afrika. Ikan bertulang primitif ini memiliki sirip dada yang panjang dan tipis. Ikan paru tak banyak bergerak dan kerap ditemui dalam rawa-rawa. Menurut sejumlah ahli, ikan paru Afrika hidup sejak 300 juta tahun silam. Penampilan ikan air tawar ini mirip fosil kuno dengan empat sirip yang menyerupai kaki. Yang paling menakjubkan, Ikan paru Afrika mampu hidup di dalam lubang yang digalinya selama hampir empat tahun tanpa makanan.

Lain lagi hiu gergaji. Ikan yang sering ditemukan di banyak danau di Papua tersebut biasa hidup di dasar perairan. Meski gerakannya lamban, hiu ini menggunakan gergaji untuk mempertahankan diri. Ikan tersebut juga memiliki dua buah peraba di ujung gigi untuk mendeteksi gerakan ikan di depannya.

liputan6.com,4/10/2002

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s