Taman Air Mempercantik Akuarium


Memelihara ikan hias air tawar atau ikan air asin kembali menjadi tren di kota-kota besar seperti Jakarta. Ini terlihat dari banyaknya orang yang berbondong-bondang membeli ikan hias untuk dipelihara. Nah, untuk menampilkan keunikan dan keindahan ikan hias, seseorang memerlukan wadah. Tempat yang biasa digunakan adalah akuarium. Agar ikan-ikan hias betah tinggal di dalamnya, akuarium musti didukung dengan lanskap taman air di dalamnya.

Abdul Rasyid adalah seorang pembuat taman air. Rasyid yang mulai menjalankan bisnis ini sejak 1978 mengatakan biasa membuat dekorasi untuk akuarium air laut atau air tawar. “Kalau air laut dari karang-karang. Kalau dekorasi batu buatan itu bahannya semen, pasir, dan cetakan,” uja Rasyid. Menurut dia, keahliannya itu adalah turunan dari orangtua yang juga pandai membuat dekorasi taman air.

Yasinta Naikofi. Dia juga pengusaha ikan hias dan taman air laut. Menurut dia, kunci keberhasilan sebuah akuarium adalah taman yang indah dan ekosistem yang dibangun benar-benar terwujud. Maksudnya, ikan-ikan yang tinggal di dalamnya kerasan dan tanaman air yang ada juga bisa tumbuh serta berkembang.

Untuk ukuran akuarium, Yasinta dapat menjelaskannya. Perempuan berkulit coklat ini mengatakan untuk akuarium air laut, minimal lebarnya satu meter. Harga yang ditawarkan untuk akuarium ukuran itu sekitar Rp 8 juta. Sedangkan untuk yang ukuran lebarnya tujuh meter harganya Rp 350 juta, sudah termasuk pondasi. Para pengusaha ini juga menjual berbagai jenis ikan hias. Harga aneka ikan hias yang ditawarkan bervariasi, mulai dari Rp 5 ribu hingga jutaan rupiah per ekor.

Mengenai taman air untuk akuarium, para pemelihara ikan hias, seperti Iswan W. dan John W. mengaku sangat memerlukannya. “Ya untuk variasi. Untuk kita supaya nggak bosen,” ujar Isman yang mengatakan melihat ikan dalam akuarium dapat menenangkan hati dan melepas stres. Dan taman air tersebut bisa dibuat sesuai dengan permintaan konsumen yang bersangkutan. “Itu tergantung dia punya selera,” ujar John. Jadi tak heran, jika jasa pembuatan taman air erat sekali kaitannya dengan sentuhan seni. Dan harga yang ditawarkan bisa mencapai ratusan juta. Itu tegantung dari rancangan lanskap dan ukuran akuarium.

Menurut Isman, pilihan jenis ikan hias dapat mempengaruhi keindahan akuarium dan cara perawatannya. Isman yang cukup mengerti soal ikan hias mengatakan merawat ikan hias air asin lebih sulit dari yang di air tawar. “Kalau ikan laut nggak boleh buru-buru. Kalu kita langsung isi, ikan bisa mati,” ujar Isman.

Selain melengkapi syarat-syarat yang dibutuhkan, resiko memelihara ikan hias juga musti diperhitungkan. Sebab, biaya yang dikeluarkan untuk membuat akuarium yang lengkap dengan taman airnya cukup besar. Menurut Yasinta, resiko buruk yang biasanya terjadi disebabkan alat-alat yang digunakan. Misalnya, lampu, pompa, dan steamer (steamer digunakan untuk mengangkat racun dari tumbuhan dan ikan). “Kalau alat-alatnya nggak bagus, resikonya sangat tinggi,” ujar Yasinta.

Para pengusaha ikan hias dan taman laut ini pada umumnya mengaku bisnis ini susah-susah gampang dijalankan. Mudahnya karena bahan baku yang diperlukan relatif mudah didapat. Susahnya karena pembuatannya memerlukan kesabaran yang tinggi. Kendati demikian, para pengusaha ini mengatakan senang menjalankan bisnis ini. Sebab, selain memperoleh keuntungan materi, mereka juga mendapatkan kepuasan batin. Alasannya adalah karena bisnis ini dipandang sebagai penyaluran hobi.(LIA/Tim Usaha Anda)

liputan6.com, 18/8/2003

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s