Rombongan Hiu Paus di Pantai Bentar


Sejak sepekan terakhir, perairan Pantai Bentar di Probolinggo, Jawa Timur, kedatangan sekawanan hiu paus atau whale shark. Mereka berenang-renang di lautan yang berjarak kurang lebih 1 mil laut dari bibir pantai.

Kehadiran hiu paus atau yang kerap disebut warga dengan sebut hiu tutul itu merupakan fenomena menarik yang terjadi setiap tahunnya. Meski berukuran besar dengan panjang hampir lima meter, hiu-hiu itu nampak jinak dan tidak agresif seperti jenis hiu lainnya.

Menurut para nelayan serta warga sekitar, Selasa (14/12), hiu paus yang terlihat itu berjumlah lebih dari 25 ekor. Mereka hanya berenang-renang dan tidak menyerang para nelayan yang sedang mencari ikan.

Diperkirakan, hiu tersebut bermigrasi dari perairan Laut Australia karena perubahan cuaca dan mencari persediaan makanan berupa plankton. Menurut pengelolah objek wisata Pantai Bentar, kehadiran sekawanan hiu itu sudah terjadi sejak beberapa tahun terakhir ini.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, keberadaan hiu paus akan berlangsung selama beberapa pekan. Biasanya kehadiran kawanan hiu menjadi daya tarik tersendiri bagi sejumlah wisatawan.

liputan6.com,15/12/2010

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s