Mengintip Akuarium Kaiyukan Osaka


Akuarium Kaiyukan terletak Kaigan Dori, Pelabuhan Tempozan, Osaka Bay, atau berjarak lima menit dari stasiun Osakako. Sekilas, Akuarium Kaiyukan mirip dengan salah satu akuarium di Tempat Rekreasi Ancol, Jakarta Utara, yang mempertontonkan koleksi ikan dan aneka hewan laut dari berbagai tempat di dunia.

Kaiyukan memiliki koleksi lebih dari 30 ribu spesimen, yang terdiri dari 580 spesies binatang air, di antaranya ikan, mamalia, dan ubur-ubur. Juga terdapat seribu spesimen yang terdiri dari 110 tumbuhan laut.

Seluruh koleksi itu berasal dari laut Antartika hingga Pasifik, perairan tropis hingga daerah kutub. Seluruh koleksinya itu terbagi dalam 15 akuarium dan diisi dengan total 11 ribu ton air.

Di hari libur, akuarium sembilan lantai tersebut dibanjiri pengunjung, yang didominasi anak-anak dan keluarga. Karena jumlah koleksinya, Kaiyukan pun disebut-sebut sebagai akuarium terbesar dan terlengkap di dunia.

Untuk dapat melihat koleksi lengkap Kaiyukan, kita harus merogoh kocek 2 ribu Yen atau Rp 200 ribu untuk satu orang dewasa, 900 yen atau Rp 90 ribu rupiah untuk pelajar, dan 400 Yen atau Rp 40 ribu rupiah untuk anak-anak. Tak perlu khawatir jika tak bisa berbahasa Jepang, Kaiyukan menyediakan buku petunjuk dalam berbagai bahasa, meski tidak ada yang berbahasa Indonesia.

liputan6.com, 29/07/2010

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s