Habitat Fosil Hidup Ada di Perairan Sulawesi


Peneliti Jepang dan Indonesia berhasil menmukan sebuah spesies ikan langka di perairan Indonesia. Kantor berita NHK melaporkan, Kamis (2/12), ikan ini sebelumnya pernah ditemukan di Afrika, pada 1938 silam. Namun, sejak saat itu ikan yang disebut sebagai fosil hidup ini tidak pernah lagi diketahui keberadaannya.

Kini, lima ekor ikan yang disebut sebagai coelacanth atau ikan raja laut ini ditemukan dan difilmkan untuk kemudian diteliti. Boleh dibilang, penemuan itu adalah penemuan terbesar selama ini.

Ikan yang ditemukan di dekat Pulau Sulawesi, ini diperkirakan telah punah sejak 70 juta tahun yang lalu. Ikan ini diperkirakan panjangnya 1,3 meter dengan berat 50 kilogram. Ikan ini juga memiliki bentuk yang aneh, terlihat seperti memiliki kaki.

Beberapa anggota Museum Ilmu Kelautan Aquamarine Fukushima, Jepang, meneliti ikan ini bersama sejumlah ilmuwan Indonesia selama dua pekan. Masamitsu Iwata dari Aquamarine Fukushima mengatakan timnya akan memperluas survei ke bagian lain Asia Tenggara, terutama demi mempelajari lebih lanjut tentang ikan tersebut.

liputan6.com, 02/12/2010

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s