Diskus Bercorak Leopard Menjuarai Kontes Ikan Hias


Ratusan penggemar ikan hias untuk kedua kalinya mengikuti Kontes Ikan Hias Nasional di Gajah Mada Plaza, Jakarta Barat, baru-baru ini. Dalam kontes itu, penyelenggara melombakan empat jenis ikan hias air tawar populer, yaitu koi, diskus, mas koi, dan cupang. Ternyata, kontes tersebut mendapat sambutan baik dari pengunjung pusat perbelanjaan itu. Soalnya, satu di antara jenis yang dilombakan, yaitu ikan diskus harganya dapat mencapai puluhan juta rupiah.

Menurut anggota dewan juri, Rian Tenar, khusus kelas mas koi, panitia melombakan tiga jenis ikan koi, yaitu kohaku, showa, dan taiso yang diikuti para peserta dari lima kota besar di Pulau Jawa. Selanjutnya, yang keluar sebagai juara umum dalam kategori ini adalah ikan mas koi milik Indokoi asal Jakarta. Penentuan kemenangan itu setelah dewan juri menilai ukuran panjang badan ikan dan corak warna yang indah.

Dalam kategori ikan diskus –berasal dari Sungai Amazon, Brasil– dilombakan enam kategori corak. Di antaranya yang terindah adalah diskus bercorak leopard atau macan tutul, harganya ditaksir sekitar Rp 6 juta. Akhirnya, ikan diskus milik Loosje asal Jakarta berhasil memenangi perlombaan dalam kategori itu.

Sementara untuk jenis lomba mas koki, ikan milik viktor yang berusia dua tahun keluar sebagai juara umum. Selain warnanya, ukuran badan, dan jambul di kepala menjadi daya tarik para pengunjung.

liputan6.com, 31/10/2001

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s