TIPS memelihara cupang hias


Berminat memelihara cupang hias? Untuk mendapatkan jenis yang baik, ada beberapa saran untuk itu.
Peliharalah yang masih bakalan (muda). Asalkan tidak cacat, berkelamin jantan, sehat dan lincah. Perhatikan pula warna tubuhnya yang harus cemerlang, warnanya harmonis, merata, baik di tubuh dan siripnya, serta bermental baja.
Menurut pengalaman para pakar, untuk memperoleh bakalan cupang hias yang baik memang tidak sesulit mendapatkan bakalan cupang aduan. Sebab cupang hias lebih mudah dilihat kelebihan fisiknya ketimbang jenis aduan yang kudu dinilai juga gaya bertarungnya, pukulan andalannya dan perilaku lain yang kadang susah ditebak jika tak melihat sendiri. Sementara cupang aduan belum dijamin kualitasnya hanya dengan melihat sosoknya.
Usia cupang bakalan yang ideal untuk dipelihara berkisar 1,5—5 bulan. Di umur itu, harganya lebih murah ketimbang kalau membeli yang dewasa. Lagi pula menyaksikan ia berkembang dan bertumbuh besar, punya keasyikan tersendiri. Saat ini cupang untuk kontes usianya 3—5 bulan dengan kategori yunior.
Untuk membekali cupang agar memenangkan kontes di kemudian hari, perlu mengikuti latihan. Training itu dilakukan saat ikan berusia ideal yakni 1,5—2 bulan dengan sarana yang ideal bagi perkembangannya. Ibarat melatih calon atlet, sebaiknya sejak dini juga diperkenalkan ”teknik bertanding”.

Langkah-langkahnya sebagai berikut. Bila kita memperoleh dengan cara membeli, cupang dimasukkan ke dalam akuarium soliter dan diberi penyekat antar- akuarium lainnya. Air yang dipakai harus diganti tiap tiga hari sekali. Agar tetap nafsu makannya terjaga, airnya ditambahkan ammonia chloraminei dengan dosis 2 ml tiap 2,5 liter air.
Di pagi hari bukalah sekat setinggi setengah ketinggian air selama sepuluh menit. Ini bertujuan agar cupang saling berhadapan dan terbiasa mengembangkan sirip-siripnya di dalam air.
Sesudah sepuluh menit, sekat kembali ditutup seluruhnya. Barulah diberi pakan sampai kenyang, tetapi usahakan agar tak ada sisa makanan untuk menjaga kebersihan air.
Jika siang hari, sekat kembali dibuka. Biarkan sepuluh menit saling berhadapan. Setelah selesai, sekat ditutup kembali dan pakan diberikan. Sore hari, masukkan ke dalam akuarium cupang betina yang belum siap kawin. Biarkan selama 15—20 menit. Jika betina lebih galak, segera pisahkan. Bila telah selesai, pakan baru diberikan.
Pelatihan lain yang tak kalah penting adalah penjemuran. Namun frekuensinya tidak tiap hari, cukup dua kali seminggu dan lamanya sekitar 15—20 menit, sambil dihadapkan dengan cupang dari kategori lain. Sesudah itu jangan lupa untuk mengganti air dengan penyifonan (disedot), sisakan sepertiganya. Lalu isi dengan air yang sudah diinapkan.
Pelatihan yang ajeg membuat cupang hias lebih siap disertakan dalam kontes ”kecantikan cupang”. Tetapi untuk menjaga keutuhan sirip dan kesehatannya, sebelum dikonteskan, cupang dimasukkan dalam ”pelatnas”, alias dipersiapkan secara khusus. Waktu yang ideal adalah seminggu sebelum kontes. Bukan main ! (tot)

dari : http://www.sinarharapan.co.id


About these ads

97 thoughts on “TIPS memelihara cupang hias

  1. salam kenal nih…saya baru tertarik dengan ikan cupang hias. Nah ada ga tips biar bulu ekornya berkembang. Katanya sih dikasih daun ketapang, apa benar ??? trus vitamin apa yg cocok buat perkembangan ikan cupang tsb. Thanks b4..hehehe

    • bisa …..
      hanya saja kekuatanya kurang dan tidah selincah cupang aduan ….
      jika cupang hias ingin di adu sebaiknya dengan sesama cupang hias ….

      • Bos,,
        supaya ikan cupang warnanya terang & bagus di kasih apa sich?
        kan ikan cupang sya gak mau ngedokin. supaya ngedokin di kasih pa ya bos??????………
        tolong solusinya ya Bos!!!!!!!!
        nie no sya 087770404747

  2. boz…ikan saya ujung siripnya tampak tipis..en gimana caranya agar wana sirip dan sisiknya tampak bagus..tidak pudar.thanks b4

  3. ikan saya di ujung sirip nya sobek……..
    gimana cara menyembuhkanyan……..dan cara merawat….nya agar sirip nya menjadi indah dan siap kontes

  4. salam kenal,sya fredi penggemar ikan cupang tp msh bru juga pengen ikut gbung euy sm komunitas’y,pngen blajar byk tentang ikan cupang

  5. kira ” pa jh yg di butuhkan untuk cara yg baik merawat ika cupang (betta)

    soal nya ku belum me mahami betul cara yg baik untuk merawat nya

    mung kin bisa da yg ngasih saran buat ku

    ku mohon bantuan nya

  6. hai…nma gw ardi…’

    Cupang hias gw tipe halfmoon wrna biru putih gak tau napa buntut nya jadi bengkok gitu n gak bisa rapet ke buntut-buntut yg bawah n atas?….knpa ya??…

    padahall tadinya tuh cupang bner” bagusss bget n agresiff bget…??
    tapii cupang tuh gak sakiit…

    ardi..d tangerang..

    please sms 08979486049….thanks
    pke nma jelas

  7. setelah kita berhasil memelihara dan membudidayakan ikan cupang, bagaimana dan kemana kita bisa menjual ikan cupang ini supaya bisa menjadi bisnis usaha strategis, baik, dan produktif. terima kasih

  8. saya pnyuka ikan cupang jga…..sya mau tanya ikan sya kyanya lgih skit ,iya mles makan dan jlan nya ogek ogek ,sama ngapngapan nafasnya dan brenagnya permukaan air trus ….tlong pleas kasih tau cara nyembuhinya ….mkasih…

  9. untuk membeli ikan cupang yang baik saya harus memperhatikan apanya?
    vatamin yang baik untuk kesehatan ikan cupang apa?

  10. kalo akuarium kecil cupang pembatasnya ngga di tutupi, kan mekar semua tuh ikan ikannya, apa ada dampak negatifnya??trims

  11. bos saya sering nyoba ngawinin ikan cupang, padahal saya udah ngawinin-nya sesuai prosedur tapi saya ga berhasil aja.. apa ada yang salahnya ya ???

  12. salam kenal neh, sy lg hoby melihara cupang lg su ksh makanm cacing bveku tp knapa setelah itu selalu ada busa2 dipermukaan air,berpengaruh nga ya, n apa harus ganti2 pangannya br nga bosen? thanks infonya

  13. salam kenal , bagaimana agar cupaang saya yang sobek siripnya agar kembali utuh Dan berikan tips donk agar ekor nya lebat dan warnanya menarik tolong dibalas secepatnya makasih.

  14. Kalo cupang bikin sarang busa mah udah sewajarnya bro ivan, apalagi umur ikan udah baliq, he..he..justru ikan itu ga sehat kalo ga mau bikin busa

  15. Hai cupang mania…
    Kepada penulis thank’s banget infonya.
    Kalo aku boleh berpendapat, menurut saya yg paling penting dan harus benar2 diperhatikan adalah memakai air yg sudah di endapkan.
    Hehe, maaf kalo jadi sotoy. Alnya aku perhatikan sejak dulu kendala / penyebab cupang sakit itu karena airnya ga di endapin dulu…
    By. Betta Gizzies Purwakarta

  16. ikut nimbrung nih. klo ikan cupangnya dikasih pelet saja, gimana dengan pertumbuhannya? terus berapa sih luas minimal untuk pelihara satu ekor ikan cupang? terima kasih atas jawabannya nanti

  17. Slm knl nama gw. Mr.Fad, loe smua pingin tw gnana crnya merawat,mengawinkan,hingga membesarkan anak cupang yg bru lahir, gw sdh pengalaman memlihara cupang aduan dri 4sd . Di usia tsb sya pun brhsl ngebesarin anak ikan tnpa bantuan dan petunjuk dri orng lain bahkan sampai skrng saya msh mmiliki kturunan dri prtma gw bli.. Sdh 14 keturunan loe, bayangkan dri kls 4sd hingga skrng.. Lo maw tau gx gmana cranyag? Lo tinggal hub: 083176071322

  18. hallo cupangkers saya penggemar cupang pemula bahkan sangat pemula.saya mohon info tentang cara mengganti air aquarium yg benar tanpa membuat stres cupang

  19. bagai mana membedakan cupang betina dan cupang jantan.
    dan di beri apa, supaya sirip siripnya panjang,bagus,dan indah.
    dan 1 lagi bagai mana agar warna ikan tsb indah.
    tolong penjelasannya. terima kasih…??? : )

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s